Warung Kopi Purnama, Kopitiam Tertua di Bandung Bisa Nostalgia Indonesia Sebelum Merdeka

Advertisement

Dewasa ini, salah satu tempat hangout yang banyak jadi jujukan banyak orang adalah tempat yang menyuguhkan kopi sebagai salah satu menunya. Tak hanya digunakan sebagai ‘teman’ ngobrol, kopi juga dimanfaatkan untuk membuat mata tetap terjaga. Di Bandung ada salah satu tempat hangout yang iconic dan historical, namanya adalah Warung Kopi Purnama.

Tempat yang Legendaris Sejak Tahun 1930-an

Warung Kopi Purnama, via Instagram/reneelestyaa
Warung Kopi Purnama, via Instagram/reneelestyaa

Tempat nongkrong di Bandung ini didirikan pada tahun 1930 dengan nama Chang Chong Se atau yang memiliki artian silahkan mencoba. Pada tahun 1960-an, seiring dengan kebijakan pemerintah harus menggunakan bahasa Indonesia, maka tempat ini berubah menjadi Warung Kopi Purnama.

Pendiri warung legendaris ini bernama Jong A Tong yang berasal dari Medan dan merantu ke Bandung. Pada awal abad ke-20, Warung Kopi Purnama ini telah dikelola oleh generasi penerus ke-4. Sudah turun temurun dikelola oleh keluarga. Sudah berpuluh-pulh tahun lamanya, tempat nongkrong tetap jadi favorit banyak orang.

Menu Unggulan di Warung Kopi Purnama

Menu unggulan, via Instagram/andrewkosasih
Menu unggulan, via Instagram/andrewkosasih

Tempat ini terkenal menyuguhkan kopi susu dan roti selai srikaya yang homemade. Untuk rotinya memiliki tekstur yang sangat lembut dengan ukuran yang cukup besar, bisa dimakan sampai dua orang. Karena hal itulah, kamu yang berkunjung ke sini wajib banget coba roti srikaya.

Lokasi Sempit Namun Selalu Jadi Primadona

Kopi Purnama, via Instagram/jnsusilo
Kopi Purnama, via Instagram/jnsusilo

Bisa dibilang tempat satu ini memiliki lokasi yang tidak terlalu besar. Di dalamnya terdapat kursi jati dan meja marmer yang konon katanya tak pernah diganti dari awal warung kopi ini berdiri. Di dinding dindingnya, tergantung berbagai foto Bandung dari masa ke masa. Lokasinya klasik dan seakan mengembalikan memori Bandung di masa yang lampau.

Lokasi yang sangat klasik, via Instagram/ibisareta
Lokasi yang sangat klasik, via Instagram/ibisareta

Alamatnya berada di Jl. Akateri No. 22, Braga, Sumur Bandung, Jawa Barat. Jam bukanya, mulai dari pukul 06:00 hingga 22:00 WIB. Selain kopi dan roti srikaya, tempat ini juga menyuguhkan menu-menu yang lainnya. Contohnya saja Nasi Gulai Sapi, Lontong Cap Go Meh, Nasi Lengko, Nasi Begana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga-harga Menu yang Ditawarkan di Kopi Purnama

Roti selai srikaya, via Instagram/caferesto.bandung
Roti selai srikaya, via Instagram/caferesto.bandung

Buat Teman Traveler yang ingin menikmati roti, harganya bervariasi mulai dari Rp13.000 sampai dengan Rp27.000. Kemudian jika ingin menikmati menu berat seperti nasi goreng, nasi timbel, soto atau dan lain sebagainya, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp17.000 sampai dengan Rp42.000. Ingin menikmati camilan? Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp14.000 hingga Rp40.000.

Menu berat, via Instagram/lets.go.eat
Menu berat, via Instagram/lets.go.eat

Tempat yang begitu rekomended untuk dikunjungi saat traveling ke Bandung. Terutama kamu pecinta kopi dan rasa pahitnya, yuk cicipi.

Advertisement
Tags
Bandung Jawa Barat kuliner bandung Warung Kopi Purnama
Share