4 Tempat Nongkrong Jadul di Bandung, Asyik untuk Makan dan Ngumpul

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Siapa yang bilang tempat jadul alias jaman dulu udah nggak seru untuk dikunjungi? Tempat-tempat jadul, tentunya banyak menyimpan kenangan dan juga sejarah, termasuk yang berada di Bandung ini. Jika Teman Traveler berkunjung ke Ibu kota Jawa Barat, bisa nih menemukan beberapa tempat jadul yang masih bertahan hingga saat ini. Asyik dibuat nongkrong sekaligus makan, lho. Berikut rangkuman beberapa tempat nongkrong jadul di Bandung.

Sumber Hidangan

Sumber Hidangan Bandung Via Instagram/@devignwn

Tempat nongkrong jadul di Bandung pertama yang wajib dikunjungi adalah Sumber Hidangan. Dulunya merupakan perusahaan roti, kue, dan rumah makan. Tempat ini masih mempertahankan gaya bangunan khas jaman Belandanya. Bangunan dengan atap tinggi, mesin kasir jadul, dan perabotan jadul lainnya masih dipertahankan. Sumber Hidangan ini terletak di Jl. Braga, Bandung dan telah berdiri sejak tahun 1929.

Tizi Restaurant

 

Tizi Restaurant
Tizi Restaurant via Instagram/@tizi_restaurant

Tizi Restaurant ini merupakan tempat makan yang terletak di Jl. Kidang Pananjung No. 3, Dago, Bandung. Tempat ini sudah lama dikenal dan masih eksis hingga kini. Tizi sampai sekarang masih mempertahankan cita rasa dan juga bangunannya. Menu yang dihidangkan ialah masakan Belanda, Barat, dan Asia. Tempat nongkrong jadul di Bandung yang satu ini memang merupakan tempat yang cocok untuk kumpul bersama keluarga. Ditambah lagi, ruangannya sejuk dan sebagian besar berada di ruangan terbuka.

Roti Gempol

Roti Gempol di Bandung Via Instagram/@ary.nugroho
Roti Gempol di Bandung Via Instagram/@ary.nugroho

Jika berkunjung ke daerah Gempol, tak ada salahnya Teman Traveler mampir ke tempat legendaris ini, yaitu Roti Gempol. Terletak di Jl. Gempol Wetan No. 14, Bandung, tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan juga masih eksis hingga kini. Walaupun ruangannya sempit, tapi para pelanggan tetap setia dengan menu andalannya yakni roti bakar dengan berbagai varian. Semua rotinya pun buatan sendiri alias homemade. Bangunan tempat ini juga masih dipertahankan sehingga suasana jaman dulu masih terasa. Roti Gempol bisa kamu jadikan pilihan sebagai tempat untuk sarapan pagi.

Kopi Purnama

Nah, buat yang pengen makanan ringan sambil ngopi juga ada, namanya Kopi Purnama. Tempat ini legendaris banget, berdiri sejak 1930 tapi tentu aja masih ramai dikunjungi. Tempatnya juga instagenic karena mereka masih mempertahankan bangunan khas Belandanya. Berlokasi di Jl. Alkateri no. 22 Braga, Bandung, Kopi Purnama memiliki menu andalan yaitu kopi susu dan roti selai srikaya yang dibuat sendiri (homemade). Kopi Purnama ini punya beberapa keunggulan yakni adanya non smoking area dan menu yang ditawarkan pun juga halal.

Bosan ngopi di kafe kekinian, Teman Traveler bisa mencoba menghabiskan waktu di beberapa tempat nongkrong jadul di Bandung ini. Bagaimana, ada yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi?