Phoenam Si Perintis Warung Kopi di Makassar, Mata Melek Liburan Anti Nyasar

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram makassarkulinercom Via Instagram makassarkulinercom

Buat para pecintanya, menyesapi secangkir kopi hangat yang enak akan menjadi kepuasan tersendiri. Sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki ragam kopi yang banyak dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi. Berbicara masalah kopi, di Makassar ada sebuah kedai legendaris yang jadi pelopor banyak warkop lainnya, namanya adalah Phoenam.

Sudah Ada Sejak Tahun 1946

Phoenam, Via Instagram ykrisnahadi
Phoenam, Via Instagram ykrisnahadi

Di tengah gerusan berbagai modernisasi, Warung Kopi Phoenam ini masih tetap eksis sejak tahun 1946 yang lalu. Warkop legendaris ini didirikan oleh Liong Thay Hiong yang didampingi oleh dua kerabatnya serta pamannya, yakni Profesor Dr Tae Pen Liong. Dan sang paman inilah yang memberikan nama warkop tersebut sebagai Phoe Nam. Sampai saat ini para penerusnya masih meracik kopi secara konsisten dengan resep turun temurun.

Arti Kata Phoenam Sendiri

Phoenam dari luar, Via Instagram dtomarch
Phoenam dari luar, Via Instagram dtomarch

Sejak tahun 2006 yang lalu, nama Phoenam sudah dipatenkan. Sehingga, di mana pun kamu menemukan warkop yang menggunakan nama serupa, pasti ada kaitannya dengan yang namanya Phoenam. Kata Phoenam ini berasal dari bahasa Mandarin yang memiliki arti sebagai terminal ataupun tempat transit di selatan.

Pusat Kopi Phoenam

Menu di Phoenam, Via Instagram makassarkulinercom
Menu di Phoenam, Via Instagram makassarkulinercom

Kopi Phoenam ini sudah memiliki banyak sekali cabang di Indonesia. Ada di Bandung, Surabaya, Jogja, Solo, Malang, Samarinda, Papua, dan lain-lain. Namun pusatnya berada di Jl. Jampe No. 5e, Makassar berlokasi di kawasan Pecinan. Warung ini beroperasai mulai pukul 05:30 pagi sampai dengan 7 malam.

Aneka roti dan kopi, Via Instagram makassarkulinercom
Aneka roti dan kopi, Via Instagram makassarkulinercom

Lokasinya bisa dibilang sangat terasa nuansa jaman dahulu. Terdapat banyak hiasan dinding berupa foto dan juga lukisan. Selanjutnya untuk meja dan juga kursinya juga tak berbeda jauh dari awal berdirinya. Banyak juga ornamen-ornamen Chinese yang menempel di dinding.

Menu Andalan yang Disuguhkan

Roti bakar, Via Instagram makassarkulinercom
Roti bakar, Via Instagram makassarkulinercom

Sementara itu untuk menu yang jadi favorit dan sudah melegenda yakni kopi susu yang disajikan secara berbuih atau bahasa kerennya adalah frothy yang merupakan ciri khas dari kopi tarik. Selain kopi tersebut, ada pula roti sarikaya yang begitu nikmat. Pilihan menu lainnya adalah roti bakar, roti goreng, mie rebus, dan juga mie goreng.

Tempat Ngopi yang sangat melegenda ya. Jika dihitung-hitung sampai sekarang ini sudah tahun 2018, Warung Kopi Phoenam ini sudah berdiri selama kurang lebih 72 tahun. Angka yang bisa dibilang sangat lebih dari cukup untuk menyajikan sajian kopi yang berkualitas bukan? Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mampir jika sedang berada di Makassar ya.