Warung Kopi Asiang di Pontianak, Berjualan Tanpa Baju Sejak 1958

Pagi hari memang waktu yang tepat untuk menikmati sajian secangkir kopi yang hangat. Namun, berbeda dengan kebiasaaan minum kopi pagi dari rumah, warga Pontianak berbondong-bondong mengkonsumsi kopi di kedai/warung. Salah satu kedai kopi langganan dan populer adalah Warung Kopi Asiang. Ini merupakan salah satu tempat kuliner legendaris yang sangat terkenal seantero Pontianak. Yuk, lihat lebih dekat.

Termasuk Kuliner Legendaris Sejak 1958

Kopi Asiang yang begitu melegenda, Kopi Asiang yang banyak diburu, Via Instagram/stepyguii_
Kopi Asiang yang begitu melegenda, Via Instagram/stepyguii_

Warung Kopi Asiang termasuk salah satu penjual kopi legendaris di Pontianak. Untuk penamaan warung, nama Asiang ini berasal dari pemilik warkop tersebut. Hal utama yang membuat kopi di Pontianak ini bisa laris manis tentu saja citarasa yang ditawarkan. Karena memang bisa dibilang, kopi di warung ini terbuat dari bahan terpilih dan diolah secara langsung oleh pemiliknya. Resepnya pun tidak sama dengan racikan kopi lain.

Roti dan kopi yang cocok, Via Instagram/teddy_haryanto
Roti dan kopi yang cocok, Via Instagram/teddy_haryanto

Bahan-bahan untuk pembuatan kopi di Warkop Asiang ini merupakan hasil tanah Borneo, Kalimantan Barat. Biji kopi yang digunakan merupakan hasil masyarakat setempat, baik secara individu ataupun yang tergabung dalam koperasi. Ada beberapa kopi yang berasal dari Kubu Raya, Punggur, Padang Tikar, dan lain-lain.

Pemilik Berjualan dengan Bertelanjang Dada

Sosok Koh Asiang, Via Instagram/wiwiekhanafiyuwono
Sosok Koh Asiang, Via Instagram/wiwiekhanafiyuwono

Selain citarasanya yang istimewa, ada hal unik lainnya yang membuat para pengunjung berdatangan. Yakni cara berjualan sang pemilik yang begitu anti-mainstream. Selama hampir 60 tahun berjualan, Koh Asiang yang tidak lain dan tidak bukan merupakan sang pemilik berjualan tanpa mengenakan apapun kecuali celana pendek. Meskipun bisa dibilang meracik kopi dengan bercucuran keringat, hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme para penggemar mencicipi kopi di Warkop Asiang.

Keunikan lainnya yakni penyajian kopi ini memanfaatkan cangkir keramik mungil yang tebal. Karena tebal itulah, kopi akan dalam kondisi yang hangat untuk beberapa waktu. Cangkir jenis ini akan bisa menahan panas lebih lama dibandingkan dengan gelas biasanya. Untuk pilihan menu kopi yang ditawarkan, ada dua macam yakni kopi susu dan kopi hitam. Ada juga menu non-kopi yang ditawarkan, teh tarik, aneka camilan, bahkan sampai bubur.

Lokasi Warung Kopi Asiang yang Mudah Ditemukan

Gang di depan Kopi Asiang yang selalu ramai, Via Instagram/maharani_nilla_makeup
Gang di depan Kopi Asiang yang selalu ramai, Via Instagram/maharani_nilla_makeup

Lalu, buat Teman Traveler yang ingin mencicipi kenikmatan dari racikan kopi Koh Asiang, bisa datang ke Jl. Merapi, Pontianak. Lokasinya berada di pinggir jalan, sekitar 300 meter saja kamu sudah bisa melihat sang penjual yang sangat nyentrik. Kepala plontos, bertato, tanpa memakai baju sembari meracik kopi untuk para pelanggan yang datang. Warung kopi ini buka mulai jam 03:00 sampai dengan pukul 17:0. Buat Teman Traveler yang ingin mencicipi keunikan kopi olahan di warkop Pontianak ini, jangan sampai kemalaman datangnya.

Meskipun Warkop Asiang ini sudah begitu legendaris dan populer, harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Teman Traveler hanya perlu merogoh uang sekitar Rp 5000 -7000 saja per cangkirnya. Nah, apakah kamu pernah mencicipi kopi yang begitu unik ini?

Tags
Indonesia kopi Kuliner Pontianak Pontianak warung kopi asiang
Share