Deretan Pantai di Wonogiri, Punya Cerita Mistis Namun Keindahannya Bikin Terpikat

Advertisement

Terletak di Jawa Tengah, Wonogiri dikenal sebagai kota yang memiliki banyak bukit, berbatu dan berkapur. Keindahan alamnya pun tak kalah indah jika dibandingkan dengan kota yang lain. Namun, tak hanya bukit yang menjadi keunggulan wisata alamnya. Tak sedikit pantai di Wonogiri dengan panorama ciamik yang sayang kalau dilewatkan. Simak yuk!

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan
Pantai Sembukan via Instagram/febrianaakr

Berlokasi di Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Pantai Sembukan dijuluki sebagai tempat yang mistis karena menjadi gerbang ke-13 Nyi Roro Kidul (Ratu Laut Selatan) untuk bertemu dengan raja-raja Kasunan Surakarta. Maka dari itu, di sinin juga rutin digelar ritual tertentu, salah satunya Ritual Larung Ageng pada tanggal 1 Suro setiap tahunnya. Walaupun memiliki kesan yang mistis, wisatawan jangan perlu takut untuk datang.

Pantai di Wonogiri satu ini memiliki panorama yang sangat cantik. Selain dapat merasakan airnya yang bersih, pemandangan di sekitar juga sangat asri karena dikelilingi pepohonan dan batu karang yang berukuran cukup tinggi. Pengunjung yang datang ditarik biaya sebesar Rp5.000 per orangnya.

Pantai Pringjono

Pantai Pringjono
Pantai Pringjono via Instagram/evvaant

Pantai di Wonogiri berikutnya merupakan tempat yang jarang orang tahu karena letaknya tersembunyi. Berlokasi di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, lokasinya tidak jauh dari Pantai Nampu. Karena belum terdapat banyak wisatawan, pantai ini sangat cocok bagi Teman Traveler yang ingin bersantai sambil menikmati suasana yang tenang. Diapit oleh dua tebing, maka tak heran banyak bebatuan karang yang terletak di dasar pantai. Pemandangan tampak eksotis karena airnya berwarna kebiruan, serta dikelilingi pasir yang sangat bersih. Untuk masuk ke wilayah pantai, pengunjung masih belum dikenakan biaya.

Pantai Puyangan

Pantai Puyangan
Pantai Puyangan via Instagram/suryomulyo6

Berada di sebelah barat kawasan Pantai Pringjono, Pantai Puyangan memiliki letak yang juga tersembunyi. Bebatuan karang banyak ditemukan di sini. Tempatnya pun juga sangat bersih, sehingga nyaman untuk bermain pasir.

Cerita Pantai Wonogiri
Cerita Pantai Wonogiri (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Masih belum terlalu banyak pengunjung, maka jangan heran ketika datang ke sini Teman Traveler tidak menemukan warung-warung kecil atau pedagang yang menjajakan makanan. Diharapkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Serunya, Teman Traveler tidak perlu membayar apapun untuk masuk ke Pantai Puyangan.

Pantai Waru

Pantai Waru
Pantai Waru via Instagram/raden_raditiya

Juga memiliki lokasi yang sama dengan Pantai Nampu yaitu Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, pantai ini menampilkan panorama yang sedikit berbeda. Jika dalam keadaan surut, Teman Traveler akan menjumpai hamparan pasir berwarna putih kekuningan. Namun, hal itu berbeda saat air sedang pasang. Bukan pasir yang terlihat, melainkan sekumpulan batu berukuran kecil yang bersinar ketika terkena cahaya. Menyediakan fasilitas seperti tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir. Pengunjung yang datang ke pantai di Wonogiri satu ini akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000 hingga Rp3.000 per orangnya.

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo di Wonogiri
Pantai Banyutowo di Wonogiri via Instagram/lico_aryna 

Terakhir ada Pantai Banyutowo yang terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito. Memiliki perbedaan dengan pantai lain, air yang ada di sini bukanlah asin, melainkan tawar. Hal tersebut dikarenakan air berasal dari bawah tanah yang bermuara di pantai. Selain air tawarnya, pemandangannya pun juga sangat indah. Panorama batu karang yang tinggi dan air berwarna biru tua menjadi daya tarik tersendiri.

Teman Traveler bisa menghabiskan akhir pekan dengan berkunjung ke pantai di Wonogiri. Jangan lupa untuk ajak kerabat dan keluarga untuk mampir ke sini ya! Bagaimana, pantai mana dulu yang ingin Teman Traveler kunjungi?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah pantai di wonogiri Wisata Wonogiri
Share