Warung Kopi Ake di Belitung, Kedai Legendaris yang Laris Manis

Isti

Isti

On Indonesia
Warung Kopi Ake Warung Kopi Ake

Negeri Laskar Pelangi yang disandang Belitung memang penuh kejutan. Tidak hanya keelokan pantai yang memukau, traveler yang datang ke sini bakalan ketagihan setelah mencoba kuliner khasnya. Jika Teman Traveler berencana liburan ke pulau ini, cobalah mampir ke Warung Kopi Ake. Kedai legendaris yang tetap laris manis dipuja pecinta kopi. Apa sih uniknya?

Kedai Lawas Berusia Hampir Seabad

Gerai Warung Kopi Ake
Gerai Warung Kopi Ake via instagram/@faeyya_nashiha

Hobi jelajah kuliner? Warung Kopi Ake tak boleh dilewatkan. Alasannya karena kedai ini merupakan tempat ngopi paling tua di Belitung. Menurut beberapa sumber, Kopi Ake sudah ada sejak tahun 1922. Setidaknya sudah tiga generasi yang mengelola tempat ngopi berusia hampir seabad ini. Tidak hanya pengelolanya, bukti kelegendarisan warung ini terlihat dari ornamen di dindingnya. Klasik banget.

Proses Sederhana, Hasilnya Luar Biasa

Varian Kopi di Kopi Ake
Varian Kopi di Kopi Ake via instagram/@sperdana

Selain ornamen di dinding, Teman Traveler akan dibuat terkejut dengan perkakas yang digunakan. Dari gentong tempat menaruh air, alat penyulingan air, sampai ketel yang terbuat dari tembaga terlihat tua banget. Meski tak lagi baru, alat-alat sederhana ini menghasilkan rasa luar biasa. Hal ini juga dipengaruhi cara memasak yang tradisional. Apalagi kalau bukan dimasak dengan anglo yang berbahan bakar bara arang.

Varian Kopi yang Menggoda

Kopi Item Warung Kopi Ake
Kopi Item Warung Kopi Ake via instagram/@suharjo_2272

Kopi di kedai yang kini dikelola oleh Akiong ini memiliki banyak varian. Ada kopi hitam, teh susu, hingga teh tarik. Varian paling difavoritkan di sini adalah kopi hitam yang aromanya semerbak. Sementara rasanya khas banget dan bikin nagih.

Warung Kopi Ake
Warung Kopi Ake (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Nah, untuk Teman Traveler yang tak tawar dengan kopi, cobalah teh tarik. Kombinasi teh dengan krim susunya pas banget di lidah. Apalagi diseruput dalam keadaan hangat.

Kedai Istimewa Dekat Mie Belitung Atep

Mie Atep Belitung
Mie Atep Belitung via instagram/@the_happiness_projects

Letak Warung Kopi Ake ini sangatlah mudah dicari. Tepatnya di Jalan Veteran No.47, Parit, Tanjung Pandan. Yap, kawasan yang dulunya menjadi area berkumpulnya orang-orang Tionghoa usai bekerja. Lokasi warung kopi ini juga tak jauh dari tempat makan legendaris di Belitung. Salah satunya Mie Belitung Atep yang citarasanya mantep. Kabarnya, tempat ini juga difavoritkan artis ibukota.

Nah, itulah ulasan tentang Warung Kopi Ake yang termasuk salah satu kedai kopi legendaris di Belitung. Bagaimana, tertarik kan mencoba secangkir minuman hitam pekat di warung ini?