Tiga Kedai Kopi Legendaris di Bangka dan Belitung, Wajib Mampir!

Advertisement

Mana nih suaranya pecinta kopi nusantara? Tahu kan kalau Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar? Ada banyak daerah di tanah air yang dikenal karena biji kopinya yang super enak. Sebut saja, Makassar dan Bali. Begitu pun saat singgah di Bangka dan Belitung, jangan lupa untuk mampir ke kedai kopi legendaris yang ada di sana. Ini dia daftarnya.

1. Waroeng Kopi Ake

Waroeng Kopi Ake
Waroeng Kopi Ake via Instagram/@makanmakan_dulu

Kopi legendaris pertama yang perlu dicoba dalah Waroeng Kopi Ake yang berlokasi di Jalan Veteran No.47, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Kedai ini sudah dimiliki turun temurun hingga beberapa generasi. Tak hanya itu, semua peralatan membuat kopinya pun sudah berusia sekitar satu abad. Ada ketel, gentong, penyuling air yang semuanya terbuat dari tembaga. Menu yang disediakan di sini sederhana namun memiliki rasa yang luar biasa. Di antaranya adalah kopi hitam kopi susu, hingga teh tarik dengan harga tak sampai Rp10 ribuan per gelasnya.

Kopi di Waroeng Kopi Ake
Kopi di Waroeng Kopi Ake via Instagram/@tjansriki

2. Warung Tung Tau

Warung Tung Tau
Warung Tung Tau via Instagram/@fannyth88

Ada lagi kedai kopi legendaris yang wajib dicoba sendiri, yaitu Warung Tung Tau. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1938. Tak hanya kopi, warung yang berlokasi di Jalan Muhidin No.87, Sungailiat, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung ini juga terkenal dengan roti panggangnya. Bahkan, banyak yang menyebut Warung Tung Tau adalah kedai roti panggang tertua yang ada di Bangka. Serunya, Warung Tung Tau siap melayani pelanggannya selama 24 jam. Enaknya lagi, kini cabang Tung Tau sudah memiliki empat cabang yang ada di Bangka. Jangan lupa untuk mencicipi kopi tarik, salah satu sajian andalan di Warung Tung Tau. Cocok nih untuk menu kopi pagimu.

Kopi di Tung Tau
Kopi di Tung Tau via Instagram/@jcpotopoto

3. Kong Djie Coffee

Kong Djie Coffee
Kong Djie Coffee via Instagram/@christablevl

Warung Kong Djie juga merupakan kedai kopi legendaris yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Jalan Siburik Barat dan Jalan Kemuning, Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung. Kedai ini sudah berdiri gagah dan tak pernah pindah tempat sejak tahun 1943. Sekali masuk, kamu akan dibawa nostalgia ke masa lampau. Peralatan yang digunakan pun masih tradisional. Sama seperti Waroeng Kopi Ake, di sini penyeduhannya pun masih menggunakan arang. Kamu bisa menikmati kopimu dengan teman gorengan atau donat yang disediakan di mejanya.

Kopi di Kong Djie Coffee
Kopi di Kong Djie Coffee via Instagram/@gannygunawan1748

Wah, bagi yang mengaku doyan kopi, pastikan mencatat tiga kedai kopi legendaris di atas sebagai destinasi wajib dikunjungi saat bertandang ke Bangka Belitung. Bagaimana, ada yang sudah pernah kamu coba?

Advertisement
Tags
Bangka Belitung Indonesia Kedai Kopi Legendaris kuliner
Share