Warung Kebon Kalasan, Bersantap Sambil Santai di Kebun Jati

Advertisement

Salah satu tempat makan yang bisa ditambahkan dalam list kuliner Teman Traveler adalah Warung Kebon Kalasan. Berada di Sleman, warung ini seolah menyatu dengan alam karena berada di area kebun jati. Meski jauh dari pusat kota Jogja, lokasi kuliner ini bisa sekaligus jadi tempat nongkrong seru dan nyaman.

Lantas bagaimana sensasi bersantap sembari menikmati suasana asri di kebun jati? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bersantap di Kebun Jati

Bersantap di Kebun Jati (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Resto berkonsep alam di timur Jogja ini memanfaatkan area sekitar kebun pohon jati sebagai tempat makan nyaman. Dikelilingi kawasan persawahan, Warung Kebon menyuguhkan pemandangan apik untuk menemani Teman Traveler bersantap. Waktu paling pas untuk berkunjung adalah pagi hari, karena udara masih sejuk.  

Suasana kebun yang menyenangkan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Namun demikian, meski berkunjung siang hari Teman Traveler takkan merasakan panas berlebih. Rimbunnya pepohonan jati dan semilir angin di sela-sela daunnya menciptakan keteduhan yang cukup memanjakan. Akan lebih seru lagi jika datang saat cuaca cerah, karena kalian akan disapa Gunung Merapi di sisi utara.

Tawarkan Kuliner Lezat

Beberapa menu di Warung Kebon Kalasan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Pilihan menu yang ditawarkan di Warung Kebon tak jauh beda dengan resto lain. Ada soto ayam kampung, nasi pecel karak, ayam geprek, dan ayam rica pedas. Selain menu-menu tersebut, ada aneka lauk lain yang bisa dijadikan pelengkap dalam bersantap, seperti sate, gorengan, tempe garit, dan telur asin.  

Soto yang menyegarkan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski semua menu tersebut sering kita jumpai, soto di Warung Kebon memiliki cita rasa khas. Disajikan dengan bathok (tempurung kelapa), kuah soto di sini memiliki rasa rempah kuat. Harganya pun sangat terjangkau, yakni Rp7.000 per porsi. Kuahnya hangat menyegarkan, cocok jadi andalan saat sarapan.  

Menu paket tambir (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menu soto menyegarkan, ada juga menu paketan yang mengenyangkan. Teman Traveler bisa memesan Paket Tambir, yang ditawarkan dengan berbagai varian lauk. Mulai dari kepala ayam hingga bandeng presto.

Sesuai namanya, paket ini disajikan menggunakan tambir dan berisi menu komplet. Terdiri dari nasi putih, sambal super pedas, lauk pilihan, buah potong, serta lalapan. Dengan harga mulai Rp10.000 hingga Rp20.000, Teman Traveler sudah bisa mengganjal peut tanpa takut kantong jebol. 

Aneka Kudapan Ndeso

Tawarkan kudapan tradisional (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menawarkan kuliner makanan berat, Warung Kebon juga memberikan pilihan cemilan ‘ndeso’ yang bikin ngiler. Aneka makanan ini sering kita jumpai di pasar tradisional, seperti jenang sumsum, biji salak, kluwo, lupis, dan lemet.

Meski sederhana, rasanya yang nikmat bisa jadi teman ngemil untuk menghabiskan waktu di bawah naungan rimbunnya pohon jati. Selain kudapan-kudapan manis di atas, ada juga singkong goreng dan kacang rebus yang bakal membuat Teman Traveler semakin betah di sini.  

Jenang Campur (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Soal harga, tenang saja. Semua kudapan dibanderol murah meriah, mulai Rp2.500 hingga Rp6.000 per porsinya. Salah satu kudapan yang menarik adalah jenang campur. Jenang ini terdiri dari jenang sumsum, jenang gula jawa, mutiara, ketan hitam, dan jenang grendul.

Rasa gurih tiap jenangnya, terasa makin lezat karena kuahnya yang manis. Cukup merogoh kocek Rp6.000, Teman Traveler sudah bisa menikmati kombinasi lezat dari jenang ini. Tertarik untuk mencicipinya?

Hammock-an dan Baca Buku

Area membaca (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski berada di tengah-tengah kebun jati, pengunjung masih bisa bersantai sejenak sembari melepas penat di sini. Pengelola menyediakan beberapa fasilitas menarik yang dicoba. Di sebelah utara terdapat area membaca dengan rak-rak kayu berisi bermacam buku. Koleksi di sini didominasi bacaan anak, seperti cerita dongeng dan majalah anak.  

Bersantai di hammock (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Di sisi timur, ada playground untuk anak-anak. Teman Traveler yang membawa anak kecil bisa mengajak mereka bermain ayunan, egrang, atau titian ban.

Terdapat pula tempat santai seru berupa hammock di tengah-tengah area Warung Kebon. Sambil menunggu pesanan datang, Teman Traveler bisa leyeh-leyeh sejenak sambil menikmati semilir angin di antara pepohonan. Menunggu jadi lebih menyenangkan kan?

Berlokasi di Kalasan

Warung Kebon Kalasan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung Kebon Kalasan berlokasi di Jalan Cangkringan Km.15, Tegal Sari, Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Jika Teman Traveler berangkat dari Bandara Adisutjipto, cukup lurus saja ke timur melalui Jalan Raya Jogja-Solo. Berikutnya ambil Jalan Cangkringan hingga bertemu dengan Selokan Mataram.

Lokasinya cukup mudah ditemukan karena hanya berjarak sekitar 700 meter dari Selokan. Warung Kebon Kalasan bisa ditemukan di sisi timur jalan. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 07.30 hingga 16.30. Namun jika cuaca tidak mendukung, warung akan tutup lebih awal.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mengajak teman atau keluarga ke sini? Jika kalian sedang berada di Jogja, sempatkan untuk mampir di Warung Kebon Kalasan. Selain kuliner menggugah selera, di sini kalian juga bisa melepas penat sejenak dengan menikmati suasana alam. Selamat mencoba!  

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kontributor Travelingyuk wisata jogja
Share