Warung Jawa Timuran di Jogja, Hadirkan Cita Rasa Kuliner Juara

Sedang berada di Jogja dan rindu atau penasaran ingin mencicipi cita rasa ala Jawa Timur? Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Warung Jawa Timuran. Berada dekat stadion, warung sederhana ini sajikan aneka masakan memikat dengan rasa otentik lho.

Warung Jawa Timuran dekat Stadion Kridosono

Masuk kawasan parkir stadion (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung sederhana ini berada kawasan di pusat kota, tepatnya di area parkiran Stadion Kridosono. Tinggal cari spanduk bertuliskan ‘Rujak Cingur Kridosono’, kalian bakal menemukan tempat makan yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman.

Meski diberi nama demikian, warung milik Mbak Ida ini juga menawarkan aneka masakan lain. Teman Traveler bisa mampir setiap hari, kecuali Senin, mulai pukul 08.00 hingga 15.00.

Pengobat Rindu Masakan Jawa Timur

Rujak cingur dan tahu tek jadi menu terlaris (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Keberadaan Warung Jawa Timuran seolah jadi pelepas rindu akan masakan kampung halaman, terutama bagi para perantau di Jogja. Pilihan menunya beragam, mulai dari tahu campur, Sego Pecel Madiun, Soto Lamongan, Sate Ayam Madura, Rujak Cingur, Sego Tumpang, Lontong Balap, dan masih banyak lagi.

Per porsinya dibanderol dengan harga cukup murah, paling mahal sekitar Rp15.000. Takkan membuat kantong bolong. Apalagi jika dibandingkan dengan ongkos pulang ke Jawa Timur hehe.

Banyak pilihan kuliner (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin sekedar ngemil, bisa cicipi tahu petis asli Jawa Timur seharga Rp8.000 per porsi. Sementara untuk pelepas dahaga, warung ini menyediakan minuman Es Legen asli Tuban. Bagaimana, siap mencicipi lezatnya cita rasa khas Jatim?

Cita Rasa Khas yang Nendang

Warung sederhana, cita rasa juara (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski terbilang underrated, namun cita rasa masakan warung ini bisa dibilang juara. Salah satu kunci kenikmatannya adalah petis yang digunakan di beberapa sajian andalan. Salah satunya Tahu Tek, menu andalan di Warung Jawa Timuran.

Tahu tek dengan porsi besar (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dari segi penampilan, hidangan Tahu Tek di warung ini cukup menggiurkan. Komposisinya lengkap, tahu putih goreng berbalut telur, tauge, timun, kupat, dan kerupuk. Semua bahan disiram bumbu petis agar rasanya semakin sempurna.

Seporsi Tahu Tek di sini memiliki porsi super banyak dan diberi bumbu petis melimpah. Teman Traveler dijamin bakal dimanjakan cita rasanya yang begitu nendang. Asyiknya lagi, kalian bisa menebus seporsi masakan ini dengan harga Rp15.000 saja.

Lontong Kupang, Jangan Sampai Lolos

Lontong Kupang (c) Annissa Saputra/Travelingyuk

Meski semua menunya menggugah selera, ada satu menu yang paling menarik perhatian dan sangat jarang ditemukan di Jogjakarta. Namanya Lontong Kupang. Sesuai namanya, masakan ini terdiri dari potongan lontong dan kupang alias kering berukuran kecil – biasa ditemukan di endapan lumpur kawasan pesisir.

Uniknya, kupang yang digunakan Mbak Ida didatangkan langsung dari Sidoarjo, tempat asal Kupang Lontong. Rasanya dijamin menggoda dan otentik.

Kupang asli Sidoarjo (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain lontong, menu ini juga terdiri dari lento (bakwan ketela) dan kerupuk. Semua bahan berikutnya disiram kuah petis. Rasanya unik, namun bikin nagih.

Meski rasa kupang sedikit tajam, terasa lezat jika sudah dipadukan dengan kuah petis. Rasanya menyengarkan, ditambah lagi Teman Traveler bisa request level kepedasannya. Selain itu, kandungan zat besi dan asam aminonya juga bagus untuk tubuh. Harganya murah, hanya Rp15.000 seporsi.

Bagi Teman Traveler yang rindu berat dengan masakan Jawa Timur, bisa langsung bernostalgia di Warung Jawa Timuran Mbak Ida. Jangan sampai dilewatkan ketika kalian sedang jalan-jalan di sekitaran Jogjakarta.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share