4 Warung Gratis di Indonesia, Indahnya Berbagi Lancarkan Rezeki

Di Indonesia, ada banyak sekali warung unik yang menjadi ciri khas masing-masing. Salah satunya seperti beberapa warung gratis yang tersebar di beberapa daerah. Kalau Teman Traveler ingin tahu di mana saja warung yang dimaksud, bisa simak ulasan di bawah ini. 

1. Jaten Bebas Lapar, Karanganyar  

warung gratis
Jaten Bebas Lapar via facebook/Kristian Nico

Menyediakan makanan gratis setiap hari Jumat mungkin sudah sering kita lihat di warung-warung makan. Namun jika makan gratis setiap hari, mungkin baru ada di beberapa tempat, salah satunya di Karanganyar.

Warga Perumahan Josroyo Indah, Kecamatan Jaten, Karanganyar, berinisiatif patungan untuk membuka warung makan gratis itu. Warung bertajuk ‘Jaten Bebas Lapar’ itu dibuka sejak 14 Februari 2019. Para penggagas warung ini mendirikan tempat makan untuk membantu warga yang kondisi ekonominya kurang baik. 

Warung di Jalan Bromo RT 01 RW 20, Jaten, Karanganyar, itu memakai garasi salah satu warga perumahan. Masyarakat bisa makan sepuasnya sambil lesehan di warung itu. Layaknya warung masakan Jawa, pengunjung bisa mengambil nasi secukupnya. Ada lima sampai enam pilihan sayur dan beberapa macam lauk yang disiapkan.  

2. Rumah Makan Ciangsana, Kabupaten Bogor  

warung gratis
Rumah Makan Gratis via instagram/reindimaulana

Selanjutnya, ada Rumah Makan Ciangsana yang terletak di Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Tempat makan yang sudah ada sejak tahun 2016 tersebut didirikan oleh Aditya Prayoga.

Lelaki satu ini menyampaikan bahwa keberadaan rumah makan gratis ini berbekal dari prinsip hidupnya. Adalah mendirikan tempat makan yang orientasinya bukan keuntungan, melainkan menolong orang lain yang membutuhkan makanan. Atas dasar prinsip itulah, rumah makan tersebut bisa bertahan hingga saat ini dan namanya sudah populer di mana-mana.  

3. Ayam Joged, Padang 

Ayam Joged via instagram/ayamjoged_padang

Di Jl. Ujung Belakang Olo 3, Padang ada Ayam Joged yang menggratiskan menu makanannya untuk para pelanggan. Namun, ini hanya berlaku bagi pelanggan yang berpuasa sunah Senin dan Kamis. Selain itu, pemilik dari Ayam Joged yaitu Yurismen Effendi juga menggratiskan makanan bagi pelanggan yang hafal Surat Al-Kahfi.  

4. Warung Berkah, Probolinggo 

Warung Berkah via Liputan6.com/Dian Kurniawan

Sebuah warung di Jalan KH Hasan Genggong, Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Probolinggo, bisa jadi pilihan sarapan kalian. Sebab, warung yang buka hanya setiap hari Jumat itu melayani pengunjung dengan cuma-cuma. Semua makanan tidak dipungut biaya alias gratis. Warung Berkah namanya.  

Meskipun gratis, menu makanan yang disajikan tidak sembarangan. Menu di warung gratis tersebut juga terkenal enak. Adapun menu di warung berkah cukup bervariasi, seperti nasi kuning, nasi rames, dan lain sebagainya. 

Jadi, itulah beberapa warung gratis yang ada di sejumlah daerah. Ada yang hanya buka setiap Jumat dan juga beroperasi setiap hari. Semuanya memiliki tujuan mulia untuk mendirikan warung ini, yakni membantu sesama. Nah, apakah di daerah tempat tinggal Teman Traveler ada warung serupa? 

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Karanganyar kuliner Medan Probolinggo Sumatra Utara warung gratis
Share