Aneka Ayam Bersaos Pedas ala Warung ASP Jogja, Rasanya Nendang di Lidah

Kuliner dengan olahan ayam kini makin menjamur. Tidak hanya dipenyet, ada juga yang dibakar, bahkan digeprek. Beberapa olahan juga yang dipadukan dengan saos pelengkap seperti keju, barbeque, blackpepper, atau asam manis. Nah, jika Teman Traveler liburan ke Jogja, ada banyak rekomendasi warung makan dengan menu ini. Salah satunya Warung ASP Jogja. Keunikan apa yang ditawarkan? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Warung ASP, Pelopor Ayam Saos Pedas Jogja

Warung ASP di Jalan Mosez selalu ramai via Annissa Saputri
Warung ASP di Jalan Mosez selalu ramai (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung ASP atau Ayam Saos Pedas merupakan tempat makan yang menawarkan ayam goreng tepung dengan saos pedas. Berlokasi di Jalan Mosez Gatotkaca C8 C9 dan Jalan Kaliurang Km.12, ASP memperkenalkan diri sebagai pelopor ayam bersaos pedas di Jogja. Saos yang digunakan berbeda dengan resto lainnya. Tidak berbentuk pasta, tapi mirip kuah sehingga lebih meresap ke dalam ayam. Kesuksesan inovasinya membuat warung ini bisa membuka beberapa cabang, termasuk di kota Bandung.

Menu Andalan ASP

Ayam saos dan Mie Special via Annissa Saputri
Ayam saos dan Mie Special (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung ASP menawarkan banyak pilihan menu yang bisa dipilih. Untuk ayamnya, ada menu classic dan premium. Keduanya merupakan hidangan andalan yang ditawarkan dengan selada, lada hitam, saos merah, sambalado, lombok ijo, dan rendang. Sementara harganya mulai Rp11.500-Rp14.000. Sajian ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat yang bisa kita tambah secara gratis. Namun jika Teman Traveler ingin lebih hemat, bisa pilih paket ayam plus nasi dengan harga lebih murah.

Menu mie dengan porsi besar via Annissa Saputri
Menu mie dengan porsi besar (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain itu, warung makan ini juga menawarkan menu Mie ASP. Tersedia empat varian dengan berbagai macam saos, spesial, lombok ijo, sambalado, dan rendang. Harganya tak jauh beda, yaitu Rp15.500. Sementara porsinya besar dengan isian mie goreng dan tambahan jamur, telur, ayam  tepung, dan sayuran lain sudah mampu membuat perut kita kenyang. Soal rasa, baik menu ayam dan mienya memang juara.

Rasa yang Nendang di Lidah

Ayam Saos Lada Hitam via Annissa Saputri
Ayam Saos Lada Hitam (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Setelah memesan menu sesuai pilihan, kita juga ditawarkan berbagai level pedas dari level 1 hingga 4. Selanjutnya, menunggu pesanan datang sambil menyiapkan nasi dan es teh yang bisa kita diambil sendiri. Untuk ayam lada hitam disajikan dengan saos kuah berwarna kehitaman. Rasa manis, gurih, asin, dan pedas beradu menjadi satu dan nendang banget di lidah.

Ayam Saos Merah via Annissa Saputri
Ayam Saos Merah (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Sementara ayam saos merah disajikan dengan saos kuah dengan warna merah. Jika mau pedas, bisa tambah level. Pedas dan gurih mendominasi menu yang satu ini. Meski nendang banget di lidah, jangan lupa siapkan minum agar tidak kepedasan. Tak perlu khawatir, ada es teh yang bisa di-refill secara gratis.

Ayam Lombok Ijo via Annissa Saputri
Ayam Lombok Ijo (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain lada hitam dan saos merah, menu ayam lombok ijo bisa dimasukkan dalam list. Penampakan dari menu ini tentu saja didominasi dengan warna hijau, baik hijau dari kuahnya maupun ayamnya yang sudah bercampur dengan lombok ijo. Untuk rasanya, menu ini cenderung asin dan pedas. Bagi penikmat kuliner pedas, menu ini juga wajib coba.

Paket Sayan(g)p Untuk Beramai-Ramai

Paket Sayan(g)p via Annissa Saputri
Paket Sayang (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung ASP Jogja juga menawarkan menu paket yang bisa disantap bersama-sama. Paket Sayang atau Sayap ini merupakan menu lengkap yang berisi sayap ayam, sosis, jagung, dan kentang dengan harga berkisar Rp35.000 hingga Rp88.000 tergantung porsi paketnya. Jika ingin lebih berhemat, paket hemat yang terdiri dari 2 atau 4 porsi dengan harga yang lebih murah tentunya. Mengenai rasa, nendang banget loh.

Warung ASP Jogja yang bikin ketagihan via Annissa Saputri
Rasa saos pedasnya bikin ketagihan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tertarik untuk mencobanya? Yuk mampir ke Warung ASP Jogja yang buka dari jam 10.30 hingga 21.30. Agar makin seru dan juga hemat, sebaiknya datang ke sini ramai-ramai. Bisa ajak pasangan, teman atau juga saudara. Selain ramah kantong, dijamin rasa saos pedasnya ASP bikin ketagihan.

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Travelingyuk Yogyakarta
Share