Waroeng Jadoel Temanggung, Cicip Makanan Sejak Zaman Kompeni

Temanggung merupakan kota di Jawa Tengah dengan beragam pesonanya. Perihal wisata, wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Kendal ini juga menarik buat dikunjungi lho. Ada wisata alam, artificial, juga kuliner. Berbicara masalah makanan, ada salah satu tempat namanya adalah Waroeng Jadoel Temanggung yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Sudah Ada Sejak tahun 1890-an

Waroeng Jadoel Temanggung, via Instagram/batikpasarsenggol
Waroeng Jadoel Temanggung, via Instagram/batikpasarsenggol

Waroeng Jadoel Temanggung ini telah ada sejak tahun 1890-an, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Sekarang ini sudah dipegang oleh generasi ketiga, bernama Yulianto Murtono. Ada lebih dari 100 tahun, tempat makan ini konsisten menyuguhkan menu-menu dengan rasa yang sama.

Bagaimana tidak, sang empunya mengklaim jika resep yang digunakan tidak pernah berubah sejak pertama kali jualan. Karena hal itulah, tak heran jika tempat makan legendaris di Temanggung ini memiliki moto Citarasa melegenda sejak zaman Belanda.

Menu Unggulan Togkol Lombok Ijo

Menu yang begitu beragam, via Instagram/masbrokulineran
Menu yang begitu beragam, via Instagram/masbrokulineran

Menu yang ditawarkan di sini banyak ragam dan jenisnya. Ada makanan berat seperti nasi dan sayuran, sampai dengan kudapan. Contoh makanan beratnya antara lain pindang pedas, opor ayam, brongkos dan lain-lain. Sementara untuk kudapan atau camilannya, mulai dari mendoan, timus, ketan jali, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu yang difavoritkan para pengunjung, yakni nasi tongkol lombok ijo. Tenang saja ya, meskipun membawa nama lombok namun rasanya tidak terlalu pedas lho. Cita rasa rumahan yang akan membuatmu rindu dengan kampung halaman.

Pernah Disinggahi Artis

Pernah disambangi artis, via Instagram/instatemanggung
Pernah disambangi artis, via Instagram/instatemanggung

Lokasinya memang sederhana, berada di Jl. Jenderal Soedirman No. 102, Temanggung, tepatnya ada di depan Telkom Temanggung. Warung beroperasional selama 24 jam penuh, jadi bisa datang kapan saja, ya. Oh iya, tempat ini sudah begitu kondang lho. Bahkan ada beberapa artis yang datang ke sini. Salah satunya adalah Tamara Bleszynski. Pelanggannya juga datang dari berbagai kalangan, dan kebanyakan mengendarai mobil.

Harga Murah Meriah Bikin Sumringah

Melegenda, via Instagram/masbrokulineran
Melegenda, via Instagram/masbrokulineran

Tidak hanya rasanya yang menggiurkan, harga yang ditawarkan bikin kantong aman. Ragam minumannya dipatok mulai dari Rp1.000-Rp3.000. Sementara untuk makanannya mulai dari Rp1.000 sampai dengan Rp10.000. Harga yang amat sangat terjangkau untuk sekelas tempat makan yang sudah berdiri sejak zaman Kompeni.

Jika kamu memiliki kesempatan buat jelajah Temanggung, Waroeng Jadoel ini bisa jadi tempat untuk mengisi amunisi ya. Terutama buat kamu yang suka makanan rumahan, yuk mampir. Bagaimana, Teman Traveler sudah pernah coba?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Temanggung Waroeng Jadoel waroeng jadoel temanggung
Share