Mengikuti Khidmatnya Perayaan Waisak di Magelang

Ketika Waisak tiba beberapa tempat di Indonesia akan ramai dikunjungi orang. Baik yang sengaja merayakannya atau para wisatawan. Tak terkecuali Magelang karena memiliki Candi Borobudur, situs Budha terbesar di negeri ini. Dari tahun ke tahun, kemeriahannya juga berhasil menarik perhatian para pecinta fotografi. Bagaimana tidak, keindahan pelataran Borobudur dengan langit berhias lampion adalah pemandangan menarik. Kamu juga jangan mau kalah, yuk lihat bagaimana khidmatya perayaan Waisak sekalian menikmati objek wisata Magelang.

1. Candi Mendut Memulai Khidmatnya Waisak

Candi Mendut [image source]
Dengan tema “Tingkatkan Kesadaran Menjadi Kebijaksanaan” perayaan Waisak tahun ini diharapkan akan berjalan lancar dan membuat semua orang bisa mengambil manfaatnya. Untuk mengikuti rangakain acara sakral tersebut, kamu bisa mulai dari Candi Mendut besok tanggal 10 Mei 2017. Di tempat itulah biasanya kamu bisa mendapatkan tiket masuk area Borobudur. Kamu dapat melihat aktivitas bara bhiksu yang berdoa dan bersiap melakukan arak-arakan Api Alam dan Air Berkah. Datanglah sepagi mungkin agar kebagian tiket seharga Rp100.000,00 yang sudah termasuk lampion untuk diterbangkan saat malam hari.

Candi Mendut [image source]
Nama tempat : Candi Mendut
Lokasi : Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

2. Kuliner dan Penginapan di Sekitar Borobudur

Plataran Borobudur [image source]
Sambil menunggu upacara puncak di pelataran Borobudur kamu bisa melakukan wisata kuliner di dekatnya. Pilihan pertama ada Stupa Restaurant yang menjadi satu dengan Plataran Borobudur Resort. Sebenarnya kamu bisa sekalian menginap di sini, tapi menjelang puncaknya Waisak kebanyakan hotel di Magelang telah penuh. Jika tidak kebagian, bisa menginap di rumah penduduk sekitar Borobudur. Untuk hidangan yang khas, cobalah Warung Kembanglimus dengan menu sepesial mangut beong.

Warung di Kenbanglimus [image source]
Nama tempat : Plataran Borobudur Resort & Spa
Lokasi : Dusun Tanjungan, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Telepon: (0293) 788888
Nama Tempat : Warung Kembanglimus
Lokasi : Jalan Sudirman Km. 2, Kembanglimus, Borobudur, Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Telepon : 0822-2665-9344

3. Syahdunya Pelataran Borobudur

Waisak di Borobudur [image source]
Arak-arakan dari Candi Mendut menuju Borobudur diperkirakan akan mulai sejak jam 3 sore, kamu bisa langsung menuju pelataran Borobudur sebelum pukul 17.00. Jangan lupa bertanya pada panitia sewaktu membeli tiket di mana tepatnya akan digelar pelepasan lampion agar saat tiba kamu tidak kebingunang mencari lokasi dan mendapat tempat yang strategis untuk foto-foto. Begitu menginjak pukul 20.00 keheningan dan suasana sakral akan menyelimuti candi buatan Wangsa Syailendra tersebut. Penuh kesyahduan dengan suara-suara lirih orang-orang yang berdoa. Berbagai aliran akan berkumpul dan bergantian meyebutkan doa mereka.

Candi Borobudur [image source]
Nama tempat : Candi Borobudur
Lokasi :  Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

4. Menghiasi Langit Dengan Lampion

Lampion di Borobudur [image source]
Setelah doa, acara yang kamu tunggu-tungu akan tiba. Nyalakan secercah cahaya bersama dengan mereka-mereka yang berbahagia dalam bentuk lampion. Memang menerbangkan lampion sudah menjadi kegiatan rutin yang pasti ada saat Waisak. Karena ini adalah kegitan agama, maka kamu harus berpakaian sopan untuk menghormati umat yang merayakannya. Jangan lupa memabawa payung, karena acara dilakukan di luar ruangan dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi hujan.

Lampion di Borobudur [image source]
Nama tempat : Candi Borobudur
Lokasi :  Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

5. Menikmati Wisata Magelang yang Mengagumkan

Punthuk Setumbu [image source]
Rangakaian Waisak masih akan berlanjut pada esok harinya pada tanggal 11 Mei 2017. Namun jika kamu sudah puas menikmati situs Budha Magelang, bisa lanjut mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya. Ada Punthuk Setumbu, tempat melihat Candi Borobudur dari kejauhan dan dekat dengan Gereja Ayam yang instagram-able itu. Bisa juga langsung ke Rumah Kamera, destinasi yang berjarak 2,5 km dari Borobudur. Di sini ada banyak spot selfie yang menarik.

Rumah Kamera [image source]
Nama tempat : Punthuk Setumbu
Lokasi : Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Telepon : 0812-8281-901
Nama Tempat : Rumah Kamera
Lokasi : Majaksingi 8, Borobudur, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Telepon : 0821-7403-3068

Untuk yang kesekian kalinya, Waisak di Borobudur akan kembali digelar. Semoga semua kegiatannya lancar hingga selesai. Kali ini jangan sampai melewatkan gelaran ini, jadilah saksi bagaimana cantiknya Langit Magelang setiap Waisak datang. Informasi lebih lengkap bisa kamu dapatkan di situs resmi Walubi.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Magelang Waisak
Share