Objek Wisata Alam di Magelang yang Bikin Betah Nggak Mau Pulang

Kota Magelang adalah kota yang terletak di Jawa Tengah, terkenal dengan alamnya yang sejuk karena memiliki lima gunung yang menjulang dengan indah, yaitu: gunung Merbabu, gunung Sumbing, gunung Andong, gunung Sindoro dan gunung Merapi. Kelimanya gunung yang terkenal indah dan banyak dikunjungi para pendaki. Bahkan gunung Merapi memiliki fenome alam yang selalu mengeluarkan lahar api, meleleh kemerahan, yang terlihat sangat amazing. Pemandangan yang menarik para wisatawan baik lokal maupun asing.

Selain kelima gunung, Magelang juga memiliki dua sungai yang indah, sungai Progo dan sungai Elo. Selain indah karena debit airnya, kedua sungai ini sangat terkenal dikalangan penyuka kegiatan rafting atau arum jeram.

Hotel Puri Asri Magelang
Hotel Puri Asri [image source]

Kondisi alam inilah yang membuat objek wisata Magelang jadi terkenal, terutama adalah wisata alamnya. Maka imbas dari kondisi ini, banyak tumbuh penginapan dari yang biasa hingga bertarap hotel mewah. Salah satu hotel yang cukup dilirik wisatawan karena dekat wilayah wisata alam di Magelang adalah Hotel Puri Asri Magelang.

hotel puri asri
hotel puri asri

Hotel yang berada di jalan Cempaka Magelang adalah merupakan hotel berbintang lima yang memiliki lokasi sangat indah, dikelilingi sungai Progo. Bahkan jika debit air sungai Progo tengah tinggi, suara airnya terdengar hingga hotel. Sehingga kita seperti benar-benar menginap di tengah alam bebas. Untuk mengetahui harga per malamnya kita bisa cek di beberapa situs booking hotel salah satunya Traveloka

Beberapa Objek Wisata alam di Magelang yang bisa kita kunjungi dan nikmati adalah sebagai berikut:

Taman Nasional di Gunung Merapi
Gunung Merapi [image source]

Sebenarnya setiap gunung memiliki taman nasional yang dicanangkan pemerintah untuk menjaga kelestarian gunung dan habitatnya. Taman Nasional di Gunung Merapi ini sangat layak untuk dijadikan salah satu agenda wisata anda saat berada di kota Magelang. Karena dari sini anda akan melihat panorama gunung Merapi dan air terjun Kaliurang yang luarbiasa mempesona. Udara di sekitar tempat wisata khas pegunungan dan hutan, teduh-dingin.

taman nasional gunung merapi
taman nasional gunung merapi [via]

Jika anda ingin menuju air terjun Kaliurang terdapat jalan setapak, di sepanjang jalan dipenuhi kera, kera ini tidak berbahaya tapi sedikit jail karena itu hati-hati dengan barang-barang anda, seperti topi.

Wisata Volcano Trekking
Kepuharjo [image source]

Kawasan desa Kepuharjo serta Kinahrejo pasca letusan Merapi tahun 2010 dijadikan object wisata, salah satunya tempat bekas peristiwa letusan gunung Merapi yang berubah menjadi museum. Museum yang menampakkan sisa-sisa peninggalan bencana alam tersebut, seperti: Kerangka kepala sapi, perabotan rumahtangga yang sudah meleleh, batu-batu besar, dll. Jika berkunjung ke sana kita akan merasakan bagaimana dasyatnya letusan Merapi 2010.

Trekking ke Merapi
Trekking ke Merapi [via]

Selain itu kita juga akan disuguhkan keindahan Merapi yang kembali subur, akan terbayar dengan sempurna perjalanan mendaki lereng Merapi karena pemandangan, udara dan keramahan penduduknya.

Lereng Gunung Merbabu
Merbabu [image source]

Di lereng Gunung Merbabu terdapat wisata alam Gardu Pandang Ketep Pass yang merupakan tempat yang memiliki ketinggian sekitar 1200 dpl, dan tempat untuk memandang gunung yang sangat fenomena di Magelang, yaitu gunung Merapi, Merbabu dan dua gunung kembar: gunung Sindoro-gunung Sumbing, serta gunung-gunung kecil lainnya.

lereng gunung merbabu
lereng gunung merbabu [via]

Di Gardu Pandang Ketep Pass juga disediakan gazebo, kita bisa santai menikmati pemandangan sambil menikmati minuman atau camilan. Secara keseluruhan wisata ini sangat indah, eksotisme, dan romantis. Di seputar Gardu Pandang Ketep Pass juga terdapat wisata lain, diantaranya: Museum vulkanik, Volcano Theater yang menayangkan tentang keganasan gunung Merapi.

Sungai Progo

Sungai yang mengelilingi Hotel Puri Asri Magelang, yaitu sungai Progo sangat terkenal debit dan jalurnya yang bagus untuk kegiatan arum jeram atau rafting. Anda bisa merasakan wisata undernalin di air yang seru dan menyaksikan keindahan alam Manoreh yang luar biasa di sepanjang sungai Progo.

arung jeram
arung jeram [via]

Sepanjang sungai juga terdapat air terjun, kita bisa berhenti untuk menikmati air terjunnya yang dingin dan segar. Landskap alam di sungai Progo ini memang membuat pengarungan yang menguras andernalin jadi terasa semakin amazing.

kolam renang hotel puri asri
kolam renang hotel puri asri

Jadi jika kebetulan sedang menginap di Hotel Puri Asri Magelang jangan lewatkan keempat object wisata alam tersebut, atau jika anda tengah mencari tempat untuk berlibur di alam yang tepat, bisa menuju Magelang.

Tags
advertorial Explore Magelang Magelang wisata magelang
Share