Intip Pesona Waduk Sermo, Keindahannya Bikin Nagih

Advertisement

Yogyakarta adalah surganya wisata alam dan budaya di Pulau Jawa, bahkan penjuru negeri nusantara menginginkan menikmati Jogja tiap sudut. Salah satunya daerah Kulon Progo, daerah sisi Barat Jogja ini menghadirkan suguhan wisata alamnya yang sangat cantik nan menawan, yakni Waduk Sermo. Wisata alam di Kulonproga ini terkenal akan warna airnya yang begitu indah. Daya tarik dari objek wisata yang satu ini pesona danau yang indah dikelilingi suasana pegunungan yang begitu asri.

Pesona Waduk Sermo Jogjakarta. Foto via travelspromo.com

Wisata pegunungan ini berada ditengah tengan perbukitan Menoreh yang lokasinya masuk di Dusun Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Waduk ini didirikan sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, dan sekitar 1 jam perjalanan. Tak hanya pesona waduk saja, namun wisata dari perbukitan dengan pemandangan Waduk Sermo sangat epik, serasa mirip dengan Ranukumbolo gunung Semeru.

Dari atas perbukitan Waduk Sermo memiliki pesona air jernih dengan warna kehijauan. Sekelilingnya dipenuhi dengan banyaknya pepohonan yang begitu rimbun. Para wisatawan juga dapat menjumpai hamparan rerumputan hijau di sekitar danau yang bisa menambah keasrian wisata ini. Karena letaknya yang berada di daerah pegunungan, maka udara sejuk akan menemani anda menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Tak perlu khawatir merasa gerah. Liburan anda akan sangat menyenangkan!

Menikmati pagi nya matahari di Waduk Sermo. Foto via detik.com

Kondisi udara yang sejuk dan tempat sekitar yang asri banyak muda mudi yang sengaja datang untuk berkemah disekitar waduk ini. Pengelola pun sudah menyiapkan tempat bagi pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan kemah bersama orang-orang terdekat.

Dengan kondisinya yang sangat asri dan sejuk, tak jarang banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berkemah. Pesona pagi harinya sangat menenangkan. Dengan balutan kabut putih, pengunjung akan merasakan sensasi yang sedikit mistis namun begitu mempesona. Kesejukan dan kesegaran pun dapat dirasakan sembari menunggu sinar hangat matahari muncul dari balik Pegunungan Menoreh.

Perbukitan menoreh yang berada disisi Waduk Foto via instagram @ronimirgr_

Saat pagi hari, para wisatawan bisa menjelajahi waduk dengan menggunakan perahu motor hingga perahu gethek. Nah cocok sekali untuk kamu yang menginginkan liburan disertai adrenalin. Dari atas gethek ini anda tetap bisa menikmati sekeliling namun tetap harus berwaspada sebaik mungkin. Dan jangan kecewa bila pakaian anda sedikit-sedikit terkena basah.

Wisata ini jadi memiliki beragam spot foto yang ciamik. Beberapa spot yang bisa anda pilih untuk mengabadikan foto diantaranya Akar Liar, Taman Bamboo Air, Bukit Pethu, Taman Munggur, Taman Pring Kuning, Gumuk Sri Tinon, Pulau Terapung serta Jangkang Hill. Fasilitas lain yang disuguhkan cukup lengkap, seperti mushola, toilet, warung warung dan gazebo yang berada disisi taman.

Bendungan Waduk Sermo yang sangat alami dengan view pegunungan yang indah. Foto via sewamobiljogja.com

Harga tiket masuk yang harus dibayar oleh pengunjung terbilang sangat murah. Dengan membayar Rp. 5.000 – Rp. 15.000/orang, pengunjung dengan bebas bisa menikmati kenyamanan bersantai di objek wisata khas Kulonprogo ini. Jam operasional wisata ini setiap hari (selain hari jum’at) antara 07.00 – 17.00. Bagi anda yang membawa kendaraan hanya perlu membawa parkir yang juga terbilang sangat murah yakni Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Advertisement
Tags
Wisata Alam Wisata Indonesia wisata jogja wisata nusantara
Share