Gampang Dan Tidak Ribet, Begini Cara Urus Visa Rusia

Belakangan ini Rusia menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia. Walaupun wacana bebas visa telah ada sejak lama, hal tersebut masih belum dapat direalisasikan hingga saat ini. Namun jangan
khawatir, proses pengajuan visa Rusia untuk Warga Negara Indonesia terbilang cukup mudah. Yuk simak cara mengajukan visa Rusia, gampang dan tidak ribet.

1. Persyaratan Visa Rusia

Moscow, Rusia (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Untuk mengajukan visa Rusia, Teman Traveler hanya perlu menyiapkan lima dokumen, yaitu:

  1. Formulir aplikasi visa
  2. Paspor asli dan fotokopi (minimal berlaku 6 bulan)
  3. Dua buah pas foto berwarna ukuran 3 x 4 dengan latar belakang putih
  4. Confirmation letter atau visa support letter
  5. Tiket pulang-pergi ke Rusia

Dibandingkan dengan negara-negara lain, persyaratan ini cukup mudah. Tidak diperlukan rekening koran, surat keterangan bekerja dari perusahaan atau surat keterangan pelajar. Asuransi perjalanan pun bersifat optional, boleh disertakan jika ada.

2. Apa itu Visa Support Letter?

Visa Support Letter (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Setelah teman traveler mempunyai tiket pulang dan pergi Rusia, langkah selanjutnya adalah membuat Confirmation Letter atau Visa Support Letter, yaitu surat keterangan dari hotel terdaftar atau agen travel di Rusia yang “mengundang” Teman Traveler ke negara tersebut. Salah satu agen travel Rusia yang menyediakan jasa pembuatan Visa Support Letter adalah Bronevik.

Formulir Isian Visa Support Letter via Bronevik.com

Cara mendapatkannya mudah. Cukup dengan mengisi data diri, tanggal keberangkatan dan pulang, serta rencana perjalanan (itinerary) selama di Rusia di website bronevik.com. Dengan membayar biaya sebesar 39 USD atau sekitar 550.000 rupiah, Visa Support Letter akan langsung dikirimkan ke e-mail dalam waktu 24 jam. Di dalamnya terdapat nomor konfirmasi dan nomor referensi yang harus dicantumkan ketika Teman Traveler mengisi Formulir Aplikasi Visa Rusia.

3. Mengisi Formulir Aplikasi Visa

Halaman Depan Isian Formulir Aplikasi Visa via visa.kdmi.ru

Setelah mendapatkan Visa Support Letter, Teman Traveler dapat langsung mengisi Formulir Aplikasi Visa di website visa.kdmid.ru. Terdapat enam bagian yang harus diisi. Bagian pertama yaitu pilihan visa yang diinginkan, selanjutnya adalah isilah data diri, data paspor dan Visa Support Letter, tujuan berkunjung, informasi lain (alamat tempat tinggal, pekerjaan dan asuransi perjalanan) dan yang terakhir ialah lokasi penyerahan berkas visa. Setelah data diisi lengkap, formulir aplikasi visa dapat diunduh
dan dicetak.

4. Proses Pengajuan Visa

Kedutaan Besar Rusia Bagian Konsuler (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Dokumen persyaratan visa diajukan ke Kedutaan Besar Federasi Rusia Bagian konsuler yang berlokasi di Jl. HR Rasuna Said Kav. X-7 No. 1-2, Kuningan, Jakarta Selatan. Kantor Kedutaan ini buka hari Senin-Jumat dari pukul 09:00 hingga 13:00. Biaya pengajuan visa turis single-entry sebesar 80 USD atau sekitar 1.120.000 rupiah. Pengajuan visa dapat diwakilkan dan orang yang bersangkutan tidak perlu datang untuk wawancara, biometri, atau pun mengambil visa yang telah selesai. Visa dapat diambil setelah 4-20 hari kerja.

5. Pengambilan Visa

Visa Rusia (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Setelah semua dokumen diserahkan, Teman Traveler akan diberikan kuitansi yang berisi tanggal dan waktu pengambilan visa. Kuitansi ini harus dibawa ketika Teman Traveler mengambil visa. Waktu pengambilan visa dimulai dari pukul 10:00 hingga 12:00.

6. Tips Mengajukan Visa Rusia

Penyerahan dokumen dibatasi hanya 10-20 antrian per hari. Sehingga untuk mendapatkan nomor antrian hari itu, Teman Traveler harus datang sebelum gerbang dibuka yaitu pukul 09:00 pagi dan mengantri di luar gedung. Datanglah lebih pagi dari biasanya agar Teman Traveler mendapatkan antrian pertama.

Pembayaran dilakukan dengan mata uang USD keluaran terbaru yang tidak kumel dan lecek, sehingga pastikan Teman Traveler membawa lembaran uang dollar yang memenuhi persyaratan tersebut. Kantor kedutaan menyediakan tempat penukaran mata uang, namun rate yang ditawarkan sangat mahal.

Bagaimana Teman Traveler? Sangat mudah bukan mengajukan visa Rusia? Ayo segera ajukan visa dan berangkat ke Rusia. 

Tags
mancanegara Rusia Visa
Share