Venue untuk Asian Games 2018 di Jakarta Timur Alami Kebakaran

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Twitter/@BPBDJakarta Via Twitter/@BPBDJakarta

Kamis (2/8/2018) sore, kebakaran terjadi di gudang milik Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta yang berada di belakang venue balap sepeda Jakarta International Velodrome. Untung saja hal tersebut tidak menghalangi persiapan Asian Games 2018. Gatot Sulaeman selaku Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menegaskan jika venue Velodrome aman dan tidak ikut terbakar.

Api Berhasil Dipadamkan dengan Cepat

Jakarta International Velodrome, Via Instagram mohamadhandikhalifah
Jakarta International Velodrome, Via Instagram mohamadhandikhalifah

Dilaporkan memang terjadi kebakaran gudang Disorda pertama kali diterima oleh Gatot pada Kamis sekitar pukul 18:12 WIB. Menindaklanjuti laporan tersebut, total 11 mobil Dinas Pemadam Kebakaran dengan 55 personel pemadam langsung dikerahkan ke lokasi.

“Api berhasil dilokalisir dengan cepat, sehingga tidak merembet, dan venue dalam kondisi aman,” papar Gatot seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Dengan penanganan yang cepat, api berhasil dipadamkan sehingga tidak merambat ke bangunan lainnya termasuk juga venue balap sepeda Velodrome yang lokasinya berdekatan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18:29 WIB. Hanya dalam kurun waktu 15 menit saja si jago merah sudah berhasil ditakhlukkan oleh pemadam kebakaran. Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, aman terkendali dalam waktu yang cukup singkat.

Isi dari Gudang yang Terbakar

Terjadi kebakaran, Via Twitter/@BPBDJakarta
Terjadi kebakaran, Via Twitter/@BPBDJakarta

Bagian yang terbakar merupakan gudang milik dari Dinas Olahraga DKI Jakarta. Petugas Piket Damkar Jakarta Timur yakni Budiarto menyebutkan jika isinya merupakan barang-barang mabel seperti halnya meja dan juga kursi. Area yang terbakar sekitar 10×30 meter dengan perkiraan kerugian mencapai Rp200 juta. Untuk penyebabnya sendiri masih diduga berasal dari percikan api las. Namun untuk penyebab pastinya, sampai saat ini masih diinvestigasi oleh pihak kepolisian.

Seperti yang kita ketahui bersama, untuk beberapa waktu ke depan ini, tanggal 18 Agustus sampai dengan 2 September mendatang, Indonesia menjadi tuan rumah untuk perhelatan Asian Games yang ke 18. Ini merupakan acara multi-event regional Asia dan melibatkan banyak orang.

Acaranya bakal dilaksanakan di dua kota besar di Indonesia, Jakarta dan juga Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di beberapa provinsi Jawa Barat serta Banten. Total cabang olahraga yang bakal dipertandingkan sebanyak 40, dengan rincian 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimipiade.