5 Destinasi Wisata Indonesia yang Ada di Billboard Asian Games 2018

Penyelenggaran salah satu pesta olah raga terbesar di Asia semakin dekat. Momen ini menjadi salah satu acara yang tidak boleh disia-siakan oleh Indonesia. Ini merupakan kesempatan terbaik untuk mempromosikan aspek pariwisata Indonesia di kancah internasional. Selain rute pawai obor Asian Games 2018 yang melewati beberapa destinasi andalan Indonesia, ikon wisata nusantara juga muncul dalam billboard Asian Games.

1. Candi Borobudur, Magelang

Borobudur via instagram/asiangames2018

Sebagai ikon wisata Indonesia yang unik dan ajaib, candi yang berdiri dalam masa Dinasti Sailendra ini juga termasuk dalam situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Thomas Stamfrod Raffles adalah salah satu pejabat Hindia-Belanda yang mempopulerkan Borobudur melalui bukunya, The History of Java.

2. Pura Ulun Danu, Bali

Pura Ulun Danu Beratan via instagram/asiangames2018

Pura Ulun Danu yang berada di Kecamatan Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali merupakan salah satu destinasi wisata budaya dengan pemandangan yang luar biasa. Kompleks pura yang berada di tepi danau ini memiliki lima candi. Keindahan pura tersebut makin cantik saat disandingkan dengan pakaian yang terinspirasi dari budaya Asia Timur. Kostum ini diidesain oleh desainer Indonesia, Albert Yanuar.

3. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja via instagram/asiangames2018

Tana Toraja merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan budaya yang masih kuat serta terjaga. Seperti upacara kematian Rambe Solo yang selalu disertai dengan pengorbanan kerbau atau tradisi Ma’nene. Sebuah tradisi membersihkan mayat dan mengganti pakaiannya. Desa Adat Kete Kesu juga menjadi daya tarik tersendiri di Tana Toraja. Dalam desain billboard tersebut, aksesoris tradisional berupa hiasan kepala juga ditampilkan.

4. Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Gunung Rinjani via instagram/asiangames2018

Gunung Rinjani merupakan satu dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia. Pesonanya tak hanya karena ketinggian puncaknya, namun juga danau bernama Segara Anak yang ada di area Gunung Rinjani. Tempat ini juga merupakan salah satu destinasi wisata andalan Indonesia yang tercatat dalam Global Geopark miliki UNESCO. Dalam desain billboard Asian Games 2018 tersebut, keindahan Rinjani dipadukan dengan seorang pria yang mengenakan kostum dengan karakter Timur Tengah.

5. Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, NTT

Pulau Padar via instagram/asiangames2018

Dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Padar merupakan pulau terbesar ketiga. Kontur permukaannya terdiri dari perbukitan yang diselimuti oleh savana indah. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo, pulau ini sering menjadi destinasi utama. Dalam billboard yang dibuat dalam rangka menyorot Asian Games 2018 tersebut, sarung tenun serta beberapa ornamen tradisional Nusa Tenggara Timur turut ditampilkan.

Menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar di Asia, menjadikan Asian Games 2018 momen yang tepat untuk menjual pariwisata Indonesia dalam skala internasional. Selain munculnya pariwisata Indonesia pada billboard Asian Games 2018, keindahan nusantara juga bisa dilihat dalam pawai Torch Relay. Kamu ikut yang mana?

Tags
asian games 2018 Bali Indonesia Jawa Tengah Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Sulawesi Selatan Wisata
Share