Unik, Toilet Terbuka di Islandia, Berani Mandi di Sana?

Jika umumnya toilet dibangun dengan tembok pembatas lain hanya dengan toilet di pedalaman Islandia ini. Toilet di sini tidak punya tembok, pun juga tidak berada di dalam ruangan, inilah toilet di alam terbuka dengan pemandangan pegunungan bersalju yang indah luar biasa.

Ini adalah toilet di Krafla, suatu daerah terpencil yang ada di bagian utara negara Islandia. Seperti dilansir Travelingyuk dari CNN Travel, Krafla adalah suatu kaldera dari gunung api Krafla yang hingga kini masih aktif. Sejak tahun 1700-an gunung ini tercatat telah mengalami erupsi sebanyak 29 kali.

Kawasan Gunung Api Krafla, via instagram
Kawasan Gunung Api Krafla, via instagram

Pemerintah Islandia kemudian memutuskan untuk membangun pembangkit listrik di kawasan ini dengan memanfaatkan energi panas bumi sejak tahun 1977. Meski secara resmi kawasan ini digunakan sebagai pembangkit listrik namun ada saja traveler yang berkunjung ke sana. Di Krafla traveler umumnya suka dengan kegiatan trekking melihat gunung-gunung yang tertutup salju putih.

Ada pemandangan unik yang bisa traveler dapatkan dengan berkunjung ke kawasan Krafla. Tidak jauh dari kawasan pembangkit listrik terdapat toilet outdoor tanpa tembok dan juga pintu. Toilet ini terdiri dari satu shower dan satu kloset duduk. Toilet terbuka ini berada di daerah terpencil di sebuah tanah lapang yang begitu luas.

Kawasan Pembangkit Listrik Krafla, via instagram
Kawasan Pembangkit Listrik Krafla, via instagram

Tidak jelas alasan mengapa toilet ini dibangun dalam keadaan terbuka. Mungkin saja dengan pertimbangan daerah itu sangat terpencil sehingga tidak butuh ruang tertutup untuk membangun toilet. Dalam situs CNN Travel dan sumber lain juga tidak dijelaskan siapa orang yang membangun toilet tersebut.

Toilet terbuka yang diduga telah ada sebelum tahun 2010 ini diperkirakan dibangun oleh para pekerja di pembangkit listrik Krafla. Menariknya, toilet ini mengundang banyak rasa penasaran dari traveler di seluruh dunia sehingga mereka rela jauh-jauh datang ke Krafla untuk melihat sendiri penampakan toilet ini. Bahkan tak jarang dari traveler yang mencoba mandi di shower atau buang hajat di klosetnya.

Toilet terbuka di Krafla, via instagram
Toilet terbuka di Krafla, via instagram

Yang lebih menarik lagi adalah fakta bahwa toilet ini tidak pernah kekurangan air meski berada di daerah terpencil di pegunungan. Airnya dipasok langsung dari alam yang bersumber dari mata air panas kaldera Krafla. Kalau kalian tertarik merasakan sensasi mandi di alam terbuka ini, datang saja ke Krafla yang letaknya di pedalaman Islandia yang berjarak 5 jam perjalanan dari ibukota Reykjavík.

Tags
Islandia Krafla Toilet terbuka
Share