13 Tempat Wisata di Pulau Bintan, Permata di Barat Indonesia yang Begitu Menawan

Advertisement

Untuk urusan wisata, wilayah barat Indonesia masih didominasi oleh Batam sebagai penyuplai terbesar jumlah kunjungan wisatawan asing ke negeri ini. Tapi kini daerah tersebut mempunyai saingan baru berupa Pulau Bintan. Tak berbeda jauh dengan Batam atau bahkan Bali, kawasan Pulau Bintan juga dipenuhi dengan banyak tempat wisata keren dan juga resort mewah.

Pulau Bintan berada di dekat Batam dan juga negara Singapura. Wilayahnya masuk ke dalam administratif provinsi Kepulauan Riau. Bintan merupakan pulau terbesar di provinsi tersebut dimana di dalamnya terdapat ibukota provinsi yaitu di kota Tajungpinang. Di sekitar pulau ini tersebar lebih dari 3 ribu pulau kecil lainnya yang membentang dari Malaka hingga Laut Cina Selatan. Kali ini Travelingyuk ngulik aneka tempat wisata di Bintan dari akun instagram Potret Bintan, dan didapatlah 12 tempat wisata yang wajib traveler kunjungi saat liburan di pulau ini.

1. Lagoi Bay, Tempat Berkumpulnya Resor Mewah

Grand Lagoi [image Travelingyuk]
Lagoi Bay atau Teluk Lagoi adalah tempat wisata yang paling populer di Pulau Bintan. Tempat ini sudah dikembangkan dengan baik sebagai pusat kunjungan wisatawan, hal tersebut dapat dilihat dari fasilitas yang berada di sekitar lokasi. Meski namanya belum sepopuler Bali di kalangan traveler domestik namun buat traveler mancanegara khususnya Singapura dan Malaysia, Lagoi Bay sama populernya dengan Bali.

Grand Lagoi [image Travelingyuk]
Lagoi Bay dijuluki sebagai miniaturnya Singapura dengan pertimbangan beberapa hal. Pertama di pantai berpasir putih yang sangat luas ini banyak dijumpai resort dan hotel mewah seperti di kawasan Marina Bay, contohnya adalah Swiss-Belhotel Lagoi Bay. Kedua, segala transaksi di berbagai resort yang ada di sana menggunakan mata uang dollar. Hal tersebut dilakukan karena kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai ini adalah turis asing.

Nama Akomodasi : Swiss-Belhotel Lagoi Bay
Lokasi : Grand Lagoi, Jl. Gurindam Duabelas, Plot 27 & 29, Lagoi Bay, Sebong Lagoi, Bintan
Phone: (0770) 692988
Web : http://www.swiss-belhotellagoibay.com/

2. Pantai Trikora, Secuil Refleksi Belitung di Pulau Bintan

Pantai Trikora [image source]
Pantai dengan batu granit besar yang begitu indah selama ini merujuk pada pantai-pantai yang terletak di Belitung. Namun untuk menjumpai pemandangan seperti itu traveler juga bisa datang ke Pantai Trikora yang terletak di pesisir timur Pulau Bintan. Pantai dengan garis yang sangat panjang ini menampilkan lanskap yang komplit yang bikin traveler kerasan.

Pantai Trikora [image source]
Traveler yang berkunjung ke Pantai Trikora bisa melakukan berbagai kegiatan menarik mulai dari bersantai di pasir pantai sambil menikmati hembusan angin, melihat-lihat batu granit yang eksotik, nyebur ke laut untuk snorkeling, atau menyewa pondok-pondok kecil untuk berteduh dari sinar matahari yang menyengat.

Lokasi : Desa Teluk Bakau, Tlk. Bakau,, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan

3. Pulau Penyengat, Napak Tilas Kesultanan Johor

Pulau Penyengat [Image Source]
Pulau Penyengat menyimpan banyak peninggalan Kesultanan Johor lewat bangunan-bangunan kuno salah satunya yang paling terkenal adalah Masjid Raya Sultan Riau. Masjid nan megah ini sangat kontras dengan bangunan lain di sekitarnya sehingga mudah sekali bagi wisatawan mengenai masjid tersebut.

Pulau Penyengat [image source]
Masjid Raya Sultan Riau ini sangat unik sebab pembangunannya memakan waktu hingga 40 tahun dimana untuk membuat dinding masjid tidak menggunakan semen melainkan putih telur. Masjid ini berwarna kuning dan hijau yang akan terlihat jelas saat sebelum traveler berlabuh ke pulau Penyengat. Selain itu pulau ini juga dianugerahi bentang alam yang begitu indah.

Lokasi : Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

4. Pulau Beralas Pasir, Spot Snorkeling yang Kece

Pulau Beralas Pasir [image source]
Pulau Beralas Pasir atau disebut juga dengan White Sands Island adalah sebuah pulau yang terletak di dalam wilayah Teluk Bakau, kabupaten Bintan. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya ada penjaga pulau saja yang merawatnya. Namun pulau ini menjadi tujuan utama tamu-tamu yang menginap di resort-resort yang ada di sekitaran Kawal, Teluk Bakau dan juga Trikora.

Pulau Beralas Pasir [image source]
Dari kota Tanjungpinang traveler bisa menggunakan jalur darat menuju ke Teluk Bakau dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu dilanjutkan dengan menyeberang selama 20 menit. Tips berkunjung ke pulau ini biar murah adalah dengan mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh agen trip lokal. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah ketimbang mengambil paket wisata dari salah satu resort di sekitaran Teluk Bakau.

Lokasi : teluk bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

5. Pulau Penyusuk, Tempat Bermain Air Hingga Puas

Pulau Penyusuk [image source]
Pulau Penyusuk adalah pulau tropis yang eksotis namun belum dikembangkan sebagai destinasi wisata komersil. Jadi masuk ke pulau ini masih gratis dan butuh berlayar selama 40 menit dari pantai Trikora yang ada di Pulau Bintan. Tempat ini bisa jadi alternatif melarikan diri di akhir pekan.

Pulau Penyusuk [image source]
Pulau Penyusuk adalah destinasi yang sempurna untuk menikmati keindahan taman bawah laut kawasan pulau Bintan. Karang-karang yang tumbuh di dasar laut pulau ini masih cukup terjaga bahkan beberapa diantaranya sudah bisa dinikmati di perairan dangkal. Buat yang tidak bisa berenang bisa santai sambil main pasir di pantainya yang terkenal punya pasir putih yang lembut.

Lokasi : Pulau Penyusuk, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

6. Vihara Avalokitesvara, Destinasi Wisata Religi Sekaligus Objek Fotografi

Vihara di Bintan [image source]
Selagi liburan di pulau Bintang jangan cuma asyik-asyik di resort mewahnya saja, sobalah datang ke kota Tanjungpinang. Di kota ini ada vihara terbesar di Asia Tenggara bernama Vihara Avalokitesvara. Vihara ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata religi sekaligus berburu objek fotografi.

wihara avalokitesvara graha [image source]
Vihara Avalokitesvara berada 14 kilometer dari pusat kota Tanjungpinang. Selain digunakan sebagai tempat ibadah keturunan Tionghoa, vihara ini juga menjadi pusat belajar para biksu yang datang dari berbagai tempat seperti Malaysia, Singapura dan China. Menariknya lagi di dalam bangunan megah ini terdapat patung Dewi Kuan Yin Phu Sha dalam posisi duduk seberat 40 ton dan dilapisi emas 22 karat yang tercatat oleh MURI.

Lokasi : Tj. Unggat, Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

7. Mencicipi Olahraga Mewah, Golf di Pulau Tropis yang Megah

Ria Bintan [image source]
Bintan layak dikatakan sebagai pulau yang megah dimana didalamnya banyak terdapat lapangan golf yang mewah. Rugi jika jauh-jauh liburan di pulau ini tapi tidak mencicipi rasanya salah satu jenis olahraga yang terkenal mahal yaitu golf.

Ria Bintan [image source]
Pulau Bintan adalah rumah bagi beberapa lapangan golf terbaik di dunia. Dua diantaranya adalah Laguna Bintan Golf Club dan Ria Bintan Golf Club. Menariknya bermain golf di pulau tropis ini memberikan traveler pengalaman yang tak terlupakan karena selain pemandangan padang rumput dan danau buatan dari lapangan tersebut juga dihadirkan pemandangan pantai yang eksotis.

Nama : Ria Bintan Golf
Lokasi : Jalan Perigi Raya Lot A11, Lagoi Bintan Utara, Teluk Sebong, Sebong Lagoi, Bintan
Telepon : (0770) 692801
Web : https://www.clubmed.co.id/
Instagram : https://www.instagram.com/clubmedbintan/

8. Pantai Sakera, Tempat Wisata Favorit Warga Bintan

Pantai Sakera [image source]
Pantai Sakera sangat populer sebagai tempat wisata bagi warga Pulau Bintan. Setiap akhir pekan pantai ini akan selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal namun tak jarang pula terlihat hilir mudik bule di pesisir pantai ini. Pantai ini bisa ditempuh dari Tanjungpinang via jalur darat selama kurang lebih 2,5 jam.

Pantai Sakera [image source]
Di pesisir pantai banyak dibangun pondok kecil yang bisa disewa traveler untuk tempat bersantai. Bahkan pondok-pondok tersebut bisa digunakan secara gratis jika datang di luar akhir pekan dan libur nasional. Fasilitas yang tersedia pun lumayan lengkap ada persewaan kano, lapangan futsal dan volly pantai hingga arena outbond dan pantai yang landai untuk berenang.

Lokasi : Desa Sebung Pereh, kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

9. Pantai Senggiling, Pasir Putih Pantainya Begitu Menggoda

Pantai Sengiling [image source]
Dibanding dengan Pantai Sakera, Lagoi Bay dan Pantai Trikora, nama Pantai Senggiling memang masih kurang dikenal wisatawan. Padahal pantai ini berada bersebelahan dengan kawasan Lagoi namun karena akses jalannya yang sedikit sulit membuat pantai ini kurang dikenal publik.

Pantai Sengiling [image source]
Pantai Senggiling memiliki bibir pantai yang sangat panjang. Pasir pantainya yang putih terasa lembut di telapak kaki. Pantai ini berada di utara kabupaten Bintan lebih tepatnya berada bersebelahan dengan kawasan wisata Lagoi Bay. Untuk menuju ke sana traveler bisa mengakses lewat kota Tanjung Uban dengan perjalanan darat selama 1 jam atau lewat Tanjungpinang yang bisa ditempuh selama 1,5 jam.

Lokasi : Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Bintan

10. Hutan Mangrove, Tempat Ngadem favorit Wisatawan

hutan mangrove [image source]
Di sekitar Pulau Bintan banyak ditumbuhi hutan bakau yang sangat luas dan menjelma menjadi salah satu hutan mangrove yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Kawasan hutan mangrove yang paling sering dimasukkan dalam paket wisata adalah hutan bakau yang berada di kawasan Pantai Trikora.

Bintan Mangrove [image source]
Traveler bisa berkeliling hutan bakau menggunakan perahu yang banyak disewakan oleh resort-resort atau agen tur lokal. Sepanjang rute susur hutan ini traveler akan disuguhi penampakan aneka satwa penghuni hutan bakau seperti monyet, burung dan ular.

Lokasi : Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan

11. Danau Biru, Bekas Tambang Pasir yang jadi Obyek Wisata

danau Biru [image source]
Danau Biru yang ada di Pulau Bintan ini bukanlah tempat wisata melainkan area penambangan pasir yang hingga kini masih beroperasi. Cekungan-cekungan yang dihasilkan dari proses penambangan tersebut banyak yang terisi air hingga menjadi danau. Saat cuaca cerah warna air danau tersebut berubah menjadi biru yang membuat traveler penasaran dan datang ke lokasi.

Danau Biru Bintan [image source]
Danau Biru ini terletak di Galang Batang. Warna airnya yang berwarna biru mirip dengan Danau Biru Kaolin di pulau Bangka, menjadikannya pendatang baru sebagai tempat rekreasi. Tiap akhir pekan banyak anak muda yang datang ke lokasi untuk menyaksikan indahnya danau buatan ini.

Lokasi : Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

12. Air Terjun Gunung Bintan, Bukti Pulau Bintan Tak Hanya Menjual Pantai Saja

Air Terjun Gunung Bintan [image source]
Pulau Bintan memang terkenal dengan aset wisata yang berada di pesisir pantai. Banyak resort mewah dibangun di sepanjang pantai-pantai yang potensial. Namun di dalam pulau ini juga menyimpan kekayaan alam lain berupa air terjun. Namanya adalah Air Terjun Gunung Bintan.

Air Terjun Gunung Bintan [image source]
Air Terjun Gunung Bintan terletak di Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Propinsi Kepulauan Riau. Jaraknya sekitar 53 kilometer dari kota Tanjungpinang. Tiket masuk ke air terjun ini adalah Rp. 10 ribu per orang. Sebelumnya dari tempat parkir, traveler masih harus jalan kaki sejauh 300 meter untuk menuju ke depan air terjun ini.

Lokasi : Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan

13. Pulau Mapur

Pulau mapur [image source]
Pulau Mapur menyuguhkan pemandangan bagai lukisan alam yang begitu indah. Sejauh mata memandang, terdapat sisi cantik yang selalu bisa memanjakan mata. Jika kamu ingin datang ke sini, tempuhlah perjalanan selama beberapa jam. Bisa menggunakan transportasi umum dengan biaya sekitar Rp. 20.000. penyeberangan ke Pulau Mapur ini dilakukan pada waktu tertentu biasanyapada Hari Selasa dan Sabtu. Selama perjalanan, kamu bisa melihat pulau-pulau kecil seperti ulau Kelong, Pulau Air Kelubi, Pulau Dendang, Pulau Buton, Pulau Pangkil Besar, dan juga Pulau Pangkil Kecil dan lain sebagainya.

Pulau mapur [image source]
Lokasi : Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau

Kalian pasti langsung kepincut terbang ke Kepulauan Riau dan berlayar menuju Pulau Bintan setelah membaca ulasan ini. Ayo menabung dan segera rencanakan liburan ke Pulau Bintan.

Advertisement
Tags
Bintan Danau Indonesia Kepulauan Riau pantai pulau
Share