Umbul Sigedang, Rekomendasi Wisata Alam Menyegarkan di Klaten

Advertisement

Klaten salah satu kota di Jawa Tengah yang menawarkan berbagai wisata alam. Daerah dengan luas 655,6 km² ini dijuluki sebagai kota seribu umbul. Hal tersebut tidak lain karena Klaten memiliki umbul atau sumber air yang melimpah. Salah satunya Umbul Sigedang dengan daya tarik air jernih yang dibalut suasana asri pedesaan. Penasaran seperti apa? Berikut penuturan dai Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah.

Cara Menuju Umbul Sigedang

Umbul Sigedang (c) MS Fitriansyah
Panorama Umbul di Klaten(c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Umbul Sigedang terletak di Dukuh Umbulsari Desa Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Untuk menuju lokasi wisata ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 25 menit dari pusat kota dengan jarak 10 kilometer. Sepanjang perjalanan, Teman Traveler akan disajikan rute dengan hamparan sawah yang luas dan pemandangan gunung Merapi. Pastinya cantik dan manjakan mata, ya kan?

Suasana Asri nan Menyegarkan

Umbul Sigedang (c) MS Fitriansyah
Sumber Mata Air Sigedang (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Seperti Umbul Pongok, Sigedang juga memiliki pengunjung yang cukup banyak. Apalagi ketika hari libur panjang datang. Saat memasuki tempat wisata ini, Teman Traveler dapat menikmati keindahan alam yang memanjakan mata. Bisa bersantai di bawah pohon atau berenang ria. Umbul ini memiliki air yang jernih dan juga menyegarkan. Suasananya makin menyenangkan dengan pepohonan yang rindang. Belum lagi bebatuan yang tertata rapi di pinggiran. Tentu bakalan bersemangat untuk berendam di sumber mata air ini.

Fasilitas di Umbul Sigedang

Kamar mandi salah satu fasilitas di Umbul Sigedang (c) MS Fitriansyah
Kamar mandi salah satu fasilitas di Umbul Sigedang (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Bukan saja suasananya yang mengasyikkan, tetapi fasilitas di lokasi juga lengkap. Ada toilet bersih yang bisa dijadikan ruangan ganti baju. Di sudut lain terdapat warung yang menyediakan aneka menu yang menggugah selera. Selain itu, umbul di Klaten ini memiliki tempat persewaan untuk bermain air, seperti baju renang dan pelampung.

Teman Traveler berminat untuk liburan ke sini? Datanglah di pagi hari karena sudah buka sejak jam 7 hingga pukul 5 sore. Alasannya tidak lain karena masih sepi pengunjung. Makin seru lagi jika liburannya bersama dengan orang tersayang, bisa keluarga atau teman dekat. Jika pun ingin lebih hemat, bisa membawa bekal dan menikmati hidangan di pinggiran umbul. Pastinya bakal menjadi pengalaman liburan yang seru

Potensi alam dan keunggulan Klaten memang perlu dijelajahi. Salah satunya adalah Umbul Sigedang ini. Bagaimana, sudah siap untuk liburan ke umbul cantik di Klaten ini kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Klaten Travelingyuk wisata klaten
Share