10 Mata Air di Klaten yang Tawarkan Kejernihan dan Pemandangan Indah

febri rama

febri rama

On Indonesia

Klaten memiliki banyak wisata yang bisa membuatmu kagum. Ada candi yang begitu antik, kemudian deretan air terjun sebagai penyejuk mata. Dan yang tidak boleh kamu lewatkan tentu saja adalah beberapa umbul di Klaten berikut ini. Yaitu mata air yang biasanya digunakan untuk berenang dan berburu foto bawah air.

1. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler
Umbul di Klaten Kapilaler via Instagram/@sholmad

Kolam mata air ini dijadikan tempat wisata Klaten yang populer. Hampir setiap hari ada saja yang datang untuk merasakan kesegaran air dengan berenang di Umbul Kapilaler. Saking jernihnya, dari atas permukaan air, kamu bisa melihat bebatuan dan bagian dasar umbul. Udara di sini begitu sejuk dan teduh karena ada pohon besar. Lokasi destinasi ini berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Polanharjo.

2. Umbul Ponggok

Umbul Pongok
Umbul Pongok via Instagram/@snoppysnoopy

Untuk masuk ke sini, pengunjung diharuskan untuk membayar tiket masuk. Selain itu juga ada penyewaan alat seperti kamera bawah air dengan harga sekitar Rp60.000. Umbul Ponggok sendiri merupakan wisata yang sedang hits di Klaten sebagai spot foto keren. Ada benda-benda unik yang snegaja ditempatkan di dasar kolam. Airnya yang jernih akan membuat posemu jadi lebih jelas dan eksotis. Untuk menikmati pesona Umbul Ponggok, langsung saja datang ke Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

3. Umbul Manten

Umbul Manten Klaten
Umbul Manten Klaten via Instagram/@novanirza

Lokasi Umbul Manten ada di Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo.  Jika kamu berangkat dari Umbul Ponggok, jaraknya tidak begitu jauh karena masih dalam satu kawasan.  Di sini kamu juga bisa berenang dan menikmati segarnya alam. Memang kolamnya tidak seluas umbul ponggok, namun airnya yang jernih dan keberadaan pohon-pohon membuatnya nampak lebih menyatu dengan alam.

4. Umbul Brondong

Umbul Brondong
Umbul Brondong via Instagram/@sendjakelana

Umbul Brondong ini menawarkan pemandangan sawah dan pepohonan. Begitu unik dan tak kalah mengagumkan. Letaknya ada di Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum. Untuk mencapai mata airnya, kamu harus lewat di jalan setapak. Umbul Brondong tidak begitu dalam, cocok untuk kamu yang tidak begitu bisa berenang.

5. Umbul Geneng

Umbul Geneng
Umbul Geneng via Instagram/@main.klaten

Yang berikutnya adalah Umbul Geneng, objek wisata Klaten yang dialiri sumber mata air alami. Di saat Nyepi, umat Hindu di Klaten biasanya melakukan upacara melasti di sini. Di hari biasa, pengunjung bisa datang uantuk berenang. Airnya begitu jernih dan udaranya juga sejuk, pas banget untuk menyegarkan pikiran. Umbul Geneng bisa kamu temukan di Desa Geneng, Kecamatan Kebonarum.

6. Umbul Brintik

Umbul Brintik
Umbul Brintik via Instagram/@adigilangr_

Masih di Kecamatan Kebonaru, tepatnya di Desa Brintik juga ada mata air yang biasa digunakan oleh warga untuk berenang. Untuk menikmati suguhan alam ini, tak butuh biaya alias gratis. Airnya yang jernih, membuatmu dapat melihat ikan-ikan kecil yang hidup di Umbul Brintik. Bebatuan dan dasar kolam juga nampak jelas. Saat diterpa sinar matahari, airnya berkilauan seperti permata.

7. Umbul Gendaren

Umbul Gedaren
Umbul Gedaren via Solopos.com

Umbul Gendaren ini tak lepas dari cerita legenda yang tersebar di kalangan masyarakat sekitar. Konon, penunggu mata air ini bernama Dewi Gendari. Barangsiapa yang mandi di sini, dipercaya akan terlihat awet muda dan lebih cantik. Selain itu, Umbul Gendaren juga termasuk peninggalan bersejarah di mana ada tanda bahwa Raja Pakubuwono X pernah bersemedi di sini. Lokasi Umbull Gendaren ini berada di Kecamatan Jatinom.

8. Umbul  Pluneng Tirtomulyani

Umbul Tirtomulyani
Umbul Tirtomulyani Via Instagram/@umbul_pluneng

Pluneng adalah singkatan untuk nyemplung seneng atau berenang di dalam air dan berbahagia. Nama tersebut cukup menggambarkan suasana yang ada di Umbul Pluneng. Akan ada rasa senang saat kamu berendam menikmati pemandangan alam. Apalagi jika kamu melakukannya dengan kawan. Ada patung-patung yang membuatnya jadi semakin indah.

9. Umbul Pelem

Umbul Pelem
Umbul Pelem via Instagram/@dimas.hy

Umbul Pelem adalah kolam pemandian yang tidak begitu luas. Namun airnya juga jernih dan terdapat pohon besar sebagai peneduh. Letak Umbul Pelem berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung. Selain berenang, kamu bisa menikmati Taman Selada dengan aliran air yang jernih. Saat ini desa setempat berencana akan terus mengembangkan potensi wisata di Wunut.

10.  Umbul Nilo

Umbul Nilo
Umbul Nilo via Instagram/@babay_nugroho

Umbul di Klaten yang terakhir pada ulasan kali ini adalah Umbul Nilo. Mata airnya selain untuk berenang, juga dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas warga. Terdapat pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar kolam. Membuat suasanannya jadi semakin sejuk. Lokasi Umbul Nilo ini berada di Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung

Itulah beberapa umbul di Klaten yang menjadi objek wisata menarik. Siapkan waktu khusus untuk menjelajahi semua destinasi di atas. Lalu nikmati kesegaran yang datang langsung dari alam.