Main-main Air di Umbul Sidomukti Semarang

Umbul Sidomukti adalah objek wisata Semarang yang cocok sekali dijadikan tempat liburan keluarga karena ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, tak hanya menikmati keindahan alam. Penasaran apa saja yang ada di tempat ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Berenang
Berenang di Umbul Sidomukti [image source]

Di Umbul Sidomukti terdapat kolam renang yang terletak di antara 2 buah jurang dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Inilah yang membuat taman renang Umbul Sidomukti menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Sambil menikmati segarnya air yang jernih, kamu bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian.

Berenang di Umbul Sidomukti [image source]

Air di kolam renang Umbul Sidomukti ini berasal dari mata air atau tuk yang bernama Ngetihan dan Watu Payung. Ada 4 kolam bertingkat dengan kedalam berbeda yang semua airnya berasal langsung dari sumber alami. Jadi saat berenang di tempat ini, kamu tak akan mengalami mata pedih karena kandungan kaporit yang biasa ada di dalam kolam renang pada umumnya.

2. Menikmati matahari terbit
Sunrise di Umbul Sidomukti [image source]

Menikmati matahari terbit juga bisa dilakukan di Umbul Sidomukti. Akan lebih baik lagi kalau Anda bermalam di penginapan yang banyak terdapat di lokasi Umbul Sidomukti ini sehingga akan lebih nyaman saat menunggu matahari terbit.

Sunrise di Umbul Sidomukti [image source]

Sambil menikmati pemandangan indah, Anda juga wajib mencoba beberapa kuliner tradisional khas Semarang yang biasa dijajakan penduduk lokal. Jangan lupa pula menikmati lezatnya kopi dan teh Ungaran yang bisa menghangatkan tubuh di tengah dinginnya udara pagi.

3. Merasakan serunya flying fox
Umbul Sidomukti [image source]

Tak cuma berenang dan menikmati pemandangan, Anda juga bisa memacu adrenalin di wisata alam Umbul Sidomukti. Dengan lintasan sepanjang 110 meter dan ketinggian 70 meter dari lembah yang ada di bawah area flying fox, Anda bisa merasakan serunya meluncur di ketinggian sambil menikmati pemandangan Gunung Ungaran.

Umbul Sidomukti [image source]

Selain flying fox, ada juga wahana outbond Marina Bridge yang cukup menantang. Jembatan sempit yang terbuat dari kayu dan menggantung di ketinggian ini mengharuskan Anda untuk mengatur keseimbangan hingga berhasil tiba di sisi lainnya. Wahana cocok ini cocok sekali untuk melatih keberanian buah hati.

4. Berkemah
Berkemah [image source]

Kalau Anda suka berkemah namun merasa mendaki gunung terlalu melahkan, maka pilihlah Umbul Sidomukti sebagai lokasi berkemah. Camping ground ini berlokasi sekitar 1,5 kilometer dari Umbul Sidomukti dan bisa ditempuh dengan trekking. Jalurnya tidak terlalu sulit kok, dan bisa ditempuh oleh anak-anak maupun orang yang tidak terbiasa mendaki.

Berkemah [via Instagram]
Berkemah [via Instagram]

Namun kalau Anda ingin bermalam dengan lebih nyaman, bisa menginap di beberapa vila yang ada di lokasi Umbul Sidomukti seperti Pondok Wisata, Vila Pondok Kopi, dan Home Stay Pinus. Tidak perlu takut kelaparan saat mengunjungi objek wisata alam ini sebab sudah banyak restoran dan juga kafe yang buka 24 jam.

5. Piknik dan menjelajah alam dengan ATV
ATV di Umbul Sidomukti [image source]

Di lokasi Umbul Sidomukti Anda juga bisa menjelajahi alam sekitar dan menikmati pemandangan sambil menaiki ATV yang disewakan untuk para pengunjung. Jalur yang cukup aman akan membuat Anda bisa menaiki ATV dengan nyaman. Aktivitas ini aman juga kok, untuk anak-anak yang sudah bisa mengendarai ATV sendiri.

Piknik dan menjelajah alam dengan ATV [via Instagram]
Piknik dan menjelajah alam dengan ATV [via Instagram]

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk berkunjung ke Gua Tirta Mulya yang terletak tak jauh dari Umbul Sidomukti. Di tempat ini Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan gua yang megah. Jangan lupa berfoto dengan latar belakang Gua Tirta Mulya untuk kenang-kenangan.

6. Menuju ke Lokasi
Umbul Sidomukti [image source]

Untuk menuju Umbul Sidomukti dengan kendaraan pribadi, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Semarang. Jalurnya adalah melalui pintu tol Gayamsari atau Krapyak (untuk yang berangkat dari arah Jakarta), kemudian terus sampai Pom Bensin Lemah Abang. Tak jauh dari situ, ambil belokan kanan menuju arah Bandungan hingga ke pertigaan Jimbaran. Sesampainya di lokasi ini Anda akan melihat banyak papan petunjuk menuju Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti [image source]

Lokasi wisata alam ini termasuk alternative liburan yang murah meriah. Biaya masuk ke lokasi ini hanya Rp 10 ribu per orang. Untuk menikmati wahana lainnya, Anda dikenakan biaya antara Rp 6 ribu hingga Rp 12 ribu tergantung jenisnya. Sementara itu untuk menyewa ATV, akan dikenakan biaya Rp 20 ribu untuk 3 kali putaran. Di tempat ini Anda juga bisa menyewa kuda dengan harga Rp 100 ribu selama 1 jam.

Nama Lokasi : Umbul Sidomukti

Lokasi : Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Telepon : 0828-9203-1261

Untuk merasakan kenyamanan liburan di tempat ini, pastikan Anda berkunjung saat hari cerah. Ketika musim hujan, pemandangan dari lereng Gunung Ungaran akan tertutup kabut yang cukup tebal.

Tags
objek wisata semarang umbul sidomukti semarang wisata alam di semarang
Share