Lezat! Kulineran Kaki 5 di Bandung, Yuk!

Advertisement

Bandung terkenal sebagai salah satu kota yang menyuguhkan wisata kuliner terbaik. Tak hanya memiliki banyak mall, restoran, dan kafe yang selalu berinovasi dalam kreasi makanan, Bandung juga menjadi gudangnya street food alias kuliner kaki lima. Sepanjang jalan, Anda bisa dengan mudahnya menemukan aneka makana lezat yang dijajakan pedagang kaki lima dengan harga murah meriah.

Tak cuma makanan-makanan asli Bandung, para pedagang kaki lima ini juga menjual makanan dari daerah-daerah lain yang memiliki rasa senikmat di kota aslinya. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan liburan ke Kota Kembang ini, tak ada salahnya mengenali kuliner kali lima apa saja yang bisa ditemukan:

1. Kupat Tahu Gempol
Kupat Tahu Gempol [via]

Berlokasi di Pasar Gempol, Jln Gempol Kulon No. 53, Bandung yang tak jauh dari Jalan Dago dan Jalan Banda, kuliner satu ini sudah ada sejak tahun 1975. Bahkan saking melegendanya, Kupat tahu Gempol sudah memiliki 3 cabang lain di Kota Bandung yang terletak di Setiabudhi, Dago, dan Lapangan Gasibu. Kupat tahu ini menjadi salah satu menu sarapan favorit warga Bandung terlebih lagi karena hanya buka di pagi hari dari jam 05.30 sampai jam 10.00 pagi.

Alamat:
Jalan Gempol Kulon No. 53, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115, Indonesia
No. Telepon: +62 22 4260809

Jam Operasional: 06.00-12.00

2. Sop Kaki M. Syam
Sop Kaki Kambing[via]

Untuk penggemar makanan berlemak, wajib mampir ke Sop Kaki M. Syam yang terletak di Jalan Banceuy. Warung yang buka dari jam 17.30- 23.00 ini menyediakan menu sop dengan aneka isian seperti daging, jeroan, otak, lidah, tulang rawan, dan tentu saja kaki kambing. Kuah dari sop ini bikin ketagihan karena mengandung berbagai rempah yang cocok disantap di tengah hawa dingin kota Bandung. Untuk yang tidak doyan kambing tak usah khawatir, di tempat ini Anda juga bisa menyantap sop kaki sapi yang tak kalah enaknya.

Alamat: Jalan Banceuy No.76, Sumur Bandung, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 18.00-23.00

3. Bubur Otong
Bubur Otong [via]

Sejak tahun 1947, berdiri sebuah warung kecil di dekat Pasar Andir Bandung yang menjual bubur ayam super lezat. Setelah itu, kepemilikan berpindah pada generasi keduanya, yaitu Pak Otong, masih dengan menu yang sama, warung bubur yang buka dari jam 18.00 sampai jam 01.00 pagi ini tak pernah sepi pengunjung. Buburnya yang lembut dan gurih dengan potongan ayam melimpah menjadi alasan utama mengapa tempat ini selalu ramai didatangi.

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No. 451, Bojongloa Kaler, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40231, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 18.00-01.00

4. Nasi Goreng Bistik Sapi AA
Nasi Goreng Bistik [via]

Penggemar Chinese food pasti menyesal kalau tak mampir ke warung Nasi Goreng Bistik Sapi AA yang terletak di Jalan Astana Anyar 264, Bandun. Buka sejak pukul 6 sore, warung ini akan dipadati pengunjung hingga tengah malam. Menunya memang tergolong unik, yakni nasi goreng yang ditambahkan bistik sapi kemudian disiram dengan saus asam manis. Selain nasi goreng bistik sapi, Anda juga bisa mencoba berbagai menu lainnya seperti Nasi Cah Jamur, Nasi Puyunghai, Nasi Capcay, Nasi Kuluyuk, Nasi Goreng Bistik, Mie Goreng, Mie Kuah, Kwetiaw Goreng, dan Bihun Goreng.

Alamat: Jl. Astana Anyar No.218, Nyengseret, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40242, Indonesia

No. Telepon: +62 822-1694-0333

Jam Operasional: 19.00-24.00

5. Bebek Borromeus
Bebek Goreng [via]

Disebut bebek Borromeus karena warung ini terletak di seberang pintu selatan Rumah Sakit Borromeus, Jalan Hasanuddin 8, Bandung. Dengan menu utama bebek goreng yang empuk dengan bumbu gurih meresap hingga ke bagian dalam daging, tak heran jika warung ini selalu ramai setiap hari mulai pukul 5 sore dan kadang pukul 7 malam sudah tutup karena habis. Sambal dengan rasa menggoda melengkapi sajian bebek goreng di tempat ini yang dijamin membuat Anda makin ketagihan.

Alamat: Jalan Dipatiukur No.1, Lebakgede, Coblong, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia

No. Telepon: +62 817-2344-342

Jam Operasional: 17.00-24.00

6. Gudeg Bu Ratna
Nasi Gudeg [via]

Gudeg memang tidak berasal dari Bandung, tapi di kota ini ada warung gudeg yang sangat terkenal dan berdiri sejak tahun 1992. Warung Gudeg Bu Ratna hanya berbentuk tenda sederhana yang terletak di antara Jalan Pasir Kaliki dan Jalan Semar. Menu yang disajikan hampir sama dengan gudeg kebanyakan, yaitu sayur nangka muda, sambal krecek, baceman tahu, telur pindang, dan ayam kampung masak opor. Berkat rasa gudegnya yang luar biasa, sang pemilik telah berhasil membuka cabang di 14 lokasi berbeda di Bandung.

Alamat: Jl. Rais No. 26A, Pasirkaliki, Cicendo, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181, Indonesia

No. Telepon: +62 22 4200225

Jam Operasional: pagi hingga malam hari

7. Ayam Bakar Madu Warung Cinta
Ayam Bakar Madu [via]

Gurihnya daging ayam yang berpadu dengan manisnya madu kemudian disantap dengan nasi uduk yang gurih memang selalu membuat ketagihan. Menu satu ini bisa Anda dapatkan jika bersantap di warung tenda sederhana yang terletak di Jalan Rajiman Kota Bandung. Selain menu ayam bakar madu yang jadi favorit, Anda juga bisa menikmati kelezatan ati ampel, sate usus, pecel lele, dan kol goreng yang renyah. Tapi lebih jeli saat datang ke sini ya, karena ada beberapa warung tenda lain di sekitar Jalan Rajiman yang juga menjual nasi uduk dan ayam bakar.

Alamat: Jl. Dr. Rajiman No.97, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 24.00-12.00 dan 17.00-24.00

8. Batagor Hanjuang
Batagor [via]

Nah, kalau yang satu ini memang merupakan kuliner asli Bandung yang sudah tersohor ke berbagai pelosok Indonesia. Ya, kelezatan bakso tahu goreng alias batagor ini memang selalu disukai semua kalangan, terutama saat berpadu harmonis dengan bumbu kacangnya yang mantap. Ada batagor yang layak Anda coba bernama batagor Hanjuang. Letaknya persis di depan Rumah Makan Anugrah, di Jalan Astina. Meski hanya berjualan di gerobak, batagor ini memiliki rasa ikan tenggiri yang kuat dan tak kalah dengan batagor ala restoran.

Alamat: Jl. Astina, Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40173, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: siang hingga malam hari

9. Soto Sulung Cilaki
Soto Sulung [via]

Di Bandung juga ada kedai soto yang dikenal dengan nama Soto Sulung Cilaki. Mirip dengan soto khas Madura, soto Cilaki menggunakan bahan utama daging sapi dan jeroan dengan kuah berwarna kuning yang cukup kental. Dengan tambahan telur rebus dan sambal, soto ini pasti memuaskan lidah para pecinta kuliner!

Alamat: Jl. Cilaki No.61, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 17.00-23.00

10. Sate Anggrek
Sate Anggrek [via]

Kuliner kaki lima yang juga tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bandung. Warung sate yang terletak di Jalan Anggrek ini mudah ditemukan karena dari kejauhan Anda sudah bisa melihat asap pembakaran yang mengepul. Menunya terdiri dari sate ayam, sate sapi, sate kambing, dan juga sate telur. Meski harganya sangat terjangkau, namun satenya berukuran cukup besar sehingga memuaskan saat disantap.

Alamat: Jl. Anggrek No.35, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114, Indonesia

No. Telepon: +62 822-1933-7300

Jam Operasional: 16.00-23.00

11. Bakmi Gang Luna
Mie Ayam Bandung [via]

Bakmi Gang Luna adalah salah satu kuliner Bandung yang cukup melegenda. Dengan kedai yang tidak terlalu besar, pengelola mampu menyajikan hidangan yang sempurna hingga membuat siapa saja ketagihan. Satu mangkuk mi ukuran besar berisi sayur, potongan ayam melimpah dan juga kuah yang sangat khas. mencoba sekali kulier Bandung ini akan membuat kamu ketagihan.

Alamat: Gang Luna, Jamika, Bojongloa Kaler, Jamika, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40231, Indonesia

No. Telepon: +62 22 6002398

Jam Operasional: 06.00-22.00

Jangan lewatkan kuliner-kuliner tersebut saat berkunjung ke Bandung, ya!

Advertisement
Tags
eksplor bandung kuliner bandung makanan khas bandung
Share