Ulu Kasok, Raja Ampat Riau yang Mencuri Banyak Perhatian

Belum berkesempatan ke Raja Ampat Papua, mungkin Teman Traveler bisa main dulu ke Koto Kampar, Riau. Orang sering bilang bahwa bukit ini adalah Raja Ampat KW di Bumi Melayu. Teman Traveler yang belum tahu tentang Ulu Kasok, yuk disimak sama-sama info wisata dari Travelingyuk berikut.

Keindahan Raja Ampat ala Riau

Keindahan Raja Ampat KW di Riau via instagram/oktalia14

Ulu Kasok adalah bukit tempat melihat pemandangan istimewa di wilayah Riau yaitu pulau-pulau yang tertata apik dan dikombinasikan air berwarna biru mempesona. Di buka pada pertengahan tahun 2017 hingga sekarang, wisatawan yang berkunjung ke Uluk Kasok semakin banyak. Wisatawan yang datang bukan hanya dari dalam negeri melainkan juga dari mancanegara. 

Menuju Ulu Kasok

Danau di Koto Kampar, Ulu Kasok via instagram/diviaa_bartii18

Bukit ini berada di Jalan Lintas Barat menuju Sumatera Barat. Kontur jalan dari Pekanbaru sampai Ulu Kasok sendiri kondisinya mendaki dan cukup indah. Apabila Teman Traveler menggunakan sepeda motor, jarak tempuh Pekanbaru-Ulu Kasok kurang lebih sekitar 2 jam.

Setelah sampai di Ulu Kasok, kalian akan di sambut oleh juru parkir. Dari parkiran menuju puncak bukit kalian mesti mendaki sejauh 500 meter jalan yang berkelok-kelok. Jika lelah atau tidak mau berjalan kaki Teman Traveler bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp 20 ribu – Rp 50 ribu pulang pergi.

Biaya Masuk dan Spot Foto

Spot sarang burung via instagram/meiliaaulfa21__

Terkenalnya tempat wisata ini disebabkan oleh semakin banyaknya spot-spot foto yang di buka oleh pengelola tempat wisata terutama untuk Teman Traveler yang sedang di mabuk swafoto. Pihak penyelenggara selalu melakukan inovasi sehingga wisatawan tidak bosan dengan spot foto yang telah ada. Mulai dari tulisan besar dengan huruf kapital, perahu, kapal terbang, gembok, sarang burung, rangkaian bunga Love, semua ada di sini

Karcis masuk ‘Raja Ampat’ Riau ini pun terbilang cukup murah hanya Rp5.000 saja. Jika Teman Traveler kepanasan karena memang siang hari di sana cukup panas, sepanjang jalan pendakian banyak warung-warung yang menyedikan jasa peminjaman payung dengan tarif Rp15 ribu pulang pergi, warung-warung tersebut juga menjual makanan ringan.

Kalau Teman Traveler kehabisan baterai untuk berswafoto, maka di spot-spot foto yang mirip Raja Ampat ini banyak penyedia jasa foto langsung cetak di tempat dengan harga sesuai ukuran foto. Biasanya satu jepretan kamera SLR dihargai Rp 2 ribu.

Puncak Ulu Kasok

persis banget dengan Raja Ampat kan via instagram/suryaprayogaa13

Jarak tempuh dari parkiran menuju puncak bukit dengan berjalan kaki sekitar 30 menit. Teman Traveler akan dibuai dengan pemandangan indah ala Raja Ampat di puncak bukit ini. Ingin membawa oleh-oleh sepulang dari sini? Jangan khawatir, tersedia pedagang cinderamata seperti baju kaos bertulisan Ulu Kasok dengan view-nya yang mempesona di area puncak.

Penasaran dengan Raja Ampat Riau? Ayo, segera agendakan liburan ke bumi Melayu dan posting foto terbaikmu saat berada di sana. 

Tags
Indonesia koto kampar raja ampat Riau ulu kasok
Share