Wajib Waspada, Turis Indonesia Alami Pelecehan Seksual di Kamboja

Melisa

Melisa

On Info Terbaru
Ilustrasi solo traveler Ilustrasi solo traveler

Siapa sih yang tidak suka traveling? Kegiatan yang satu ini memang sangat menyenangkan. Bisa menjelajah berbagai tempat baru dengan keindahannya masing-masing yang belum tentu bisa ditemukan di daerah lain akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Apalagi kini sudah banyak maskapai yang menyediakan tiket murah dengan tujuan negara-negara tetangga yang memiliki panorama eksotis. Wah, keliling dunia bukan lagi sekadar mimpi.

Tak sedikit juga yang punya hobi berpetualang sendirian. Memang, solo traveling sangat seru. Bisa bebas menentukan tujuan dan waktu pulang kapan saja. Rupanya beberapa negara tak ramah dikunjungi solo traveler lho, khususnya wanita. Bukan hanya India, rencana liburan sendirian ke Kamboja sendirian juga perlu dipertimbangkan lagi.

Angkor di Siem Reap, Kamboja
Angkor di Siem Reap, Kamboja [image source]
Dilansir dari Dailytimes, seorang turis Indonesia melaporkan bahwa dirinya telah diperkosa saat berkunjung ke negara yang berbatasan dengan Thailand dan Vietnam tersebut. Ia mengaku tiba di Siem Reap, Kamboja pukul 6 pagi dengan menaiki bis dari Vietnam pada tanggal 31 Mei 2017 kemarin.

Esin Nyong John menghampiri wanita Indonesia tersebut dan mengaku sebagai warga Kamboja yang bersedia mengantar ke resort juga menunjukkan tempat-tempat wisata yang ada di sekitar. Namun, alih-alih membawa ke tempat yang dijanjian, John yang ternyata seorang Nigerian ini malah mengajak wanita 22 tahun tersebut ke kamar yang disewanya. Sambil mengancam dengan pisau, John memerkosa perempuan itu sebanyak 3 kali.

Esin Nyonh John, pelaku pemerkosaan
Esin Nyonh John, pelaku pemerkosaan [image source]
Wisatawan asal Indonesia yang tak diketahui namanya melaporkan kejadian yang menimpanya tersebut. Bergerak sangat cepat, polisi Kamboja bisa menangkap Esin Nyong di sebuah pom bensin. John pun langsung mengakui perbuatannya.

Dari tragedi ini kita bisa belajar bahwa tak semua daerah aman untuk jadi destinasi traveling. Jika tetap ingin bertualang sendirian, pastikan untuk menginap di hotel bagus dan tidak mudah percaya dengan orang asing. Pihak hotel pasti menyediakan mobil serta guide yang bersedia mengantarmu berkeliling.

Ilustrasi solo traveler
Ilustrasi solo traveler [image source]
Meski liburan sendiri tampak sangat seru, namun traveling bareng sahabat juga tak kalah menyenangkan, kok. Selama perjalanan kamu akan punya banyak waktu untuk berbagi cerita dan pengalaman, selain itu bisa lebih hemat karena semua biaya ditanggung bersama. Setuju, kan?