Penasaran Suasana Bali Tempo Dulu? Kunjungi Saja Tukad Bindu

Advertisement

Bali memang memiliki keindahan di setiap sudutnya. Meski berstatus pusat pemerintahan, Denpasar ternyata menyimpan keunikan wisata tersendiri lho. Salah satunya adalah keberadaan tukad (sungai) yang melintasi berbagai daerah di ibu kota Pulau Dewata. Jangan lewatkan Tukad Bindu yang akan membawamu ke masa lalu.

Bermain air di Tukad Bindu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Perjalanan Menuju Tukad

Jembatan di atas tukad (c) Helga Christina/Travelingyuk

Menemukan lokasi Tukad Bindu, sama sekali tidak susah. Teman Traveler tinggal mengikuti petunjuk dari aplikasi peta dan sesekali bertanya arah pada masyarakat sekitar. Nantinya, kalian sampai di sebuah lahan parkir yang lumayan luas. Untuk sampai ke tujuan, Teman Traveler masih harus menuruni beberapa anak tangga dan menyusuri area pinggir sungai.

Berbenah dan Menjelma Wisata

Tangga turun menuju tukad (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sesuai namanya, panorama tukad atau sungai menjadi daya tarik utama destinasi yang berada di Gang Sikarini, Kesiman, Denpasar ini. Bukan tanpa proses panjang, mengingat dulunya Tukad Bindu dikenal kotor. Banyak sampah berserakan di permukaannya.

Namun, berkat inisiatif masyarakat dan kesadaran akan pentingnya wisata di Bali, Tukad Bindu mulai dibenahi. Perlahan tapi pasti, warga berupaya keras menyulap sungai yang mulanya kotoro, menjadi bersih dan bagus seperti sekarang.

Suasana Bali Kuno 

Gazebo dengan suasana Bali kuno (c) Helga Christina/Travelingyuk

Setiap harinya, sungai ini selalu ramai. Anak anak, maupun orang dewasa terlihat asyik berenang di sungai. Jika ingin ikut merasakan asyiknya bermain air, Teman Traveler bisa menyewa baju pelampung dan ban di pinggir sungai.

Area di sekitar pinggiran sungai ditanami rerumputan hijau. Kawasan ni sering dimanfaatkan warga untuk piknik maupun sekedar beristirahat. Teman Traveler juga bisa menemukan deretan warung dan gazebo bambu dengan nuansa ala Bali kuno.

Peken Nusantara

Pekan Nusantara (c) Helga Christina/Travelingyuk

Salah satu keunikan Tukad Bindu adalah kegiatan pasar digital atau Peken Nusantara tiap Sabtu dan Minggu. Acara rutin ini dimulai pada pukul 08.00 hingga selesai. Teman Traveler bisa melihat banyak aktivitas dan spot menarik. Kalian bisa mencoba asyiknya mainan tradisional bali dan merasakan kuliner lawas ala Pulau Dewata. 

Kegiatan seru di Peken Nusantara (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tidak hanya itu, Peken Nusantara juga disi penampilan musik dan lomba-lomba menarik. Teman Traveler juga bisa menemukan banyak spot foto menarik, salah satunya Taman Anggrek.

Taman Anggrek (c) Helga Christina/Travelingyuk

Salah satu yang pantang dilewatkan ketika berkunjung ke Peken Nusantara ini adalah kulinernya. Tersedia banyak kios yang menjajakan kuliner Bali tradisional. Uniknya untuk membeli makanan di sini Teman Traveler tak boleh menggunakan uang tunai, namun harus ditukarkan dulu dengan kepeng (uang tradisional Bali).

Bagaimana Teman Traveler, sangat menarik bukan? Jika berkunjung ke Bali, Tukad Bindu wajib dikunjungi. Rasakan semua keseruannya tanpa biaya masuk. Selamat berlibur.

Advertisement
Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share