Selain Aceh, Ternyata Ada 4 Tsunami di Indonesia, Mana Saja?

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Gempa dengan magnitudo sebesar 7,0 SR yang mengguncang Lombok, Bali, dan Sumbawa, adalah salah satu resiko negara yang berada di kawasan Cincin Api Pasifik. Gempa Lombok yang terjadi hari Minggu (05/08/2018), mengakibatkan 98 orang tewas dan ribuan bangunan rusak berat. Gempa tersebut sempat mendapat peringatan tsunami, namun tak lama setelahnya dicabut. Selain Aceh, ini beberapa kejadian tsunami di Indonesia.

Tsunami Sumatra

Pulau Panjang di Sumatera via instagram/visit.sumatera

Pada tanggal 25 November 1833, pernah terjadi gempa bumi yang diperkirakan berkekuatan sekitar 8.8-9.2 SR. Gempa bumi tersebut memunculkan tsunami besar yang menghantam pesisir Sumatera. Sayangnya, tidak ada catatan berapa jumlah orang yang meninggal karena hempasan tsunami tersebut beserta berapa kerugian materiilnya.

Flores

Pulau Padar, salah satu primadona wisata di Flores via instagram/mariaselena_

Jauh sebelum Nangroe Aceh Darussalam dilanda gempa dan tsunami tahun 2004 silam, Pulau Flores mengalami mimpi buruk serupa pada tahun 1992. Guncangan sebesar 7,8 skala richter dan ombak setinggi 36 meter meluluhlantakan pulau ini. Maumere adalah kota yang mengalami kerusakan paling parah, lebih dari 1000 bangunan hancur lebur.

Tsunami Pangandaran

Wisatawan sedang berfoto di Pangandaran via instagram/pangandaran_ok

Pada tanggal 17 Juli 2006, gempa terjadi di pesisir pantai perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Akibatnya gelombang tsunami yang mencapai 6 meter dan menyapu beberapa daerah di sekitar pantai Pangandaran, Ciamis, kebumen dan beberapa daerah lainnya. Diperkirakan ada lebih dari 550 orang meninggal dunia dan 200 lebih lainnya hilang. Bencana ini juga mengakibatkan kerusakan fasilitas umum atau juga rumah-rumah warga.

Tsunami Mentawai

Ombak di sekitar Mentawai yang dikenal bagus untuk surfing via instagram/albumsurf

Tsunami di Indonesia juga terjadi di Mentawai. Tahun 2010, Kepulauan Mentawai diguncang gempa dengan kekuatan 7,7 SR. Pusat gempa yang berada di sebelah barat Bengkulu tersebut, mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 3-10 meter menghantam Kepulauan Mentawai. Bencana tersebut menyapu setidaknya dua puluh desa di Kepulauan Mentawai. Sekitar 448 orang tewas dan sekitar 100 orang hilang. Kejadian tersebut sering disebut dengan tsunami senyap. Karena guncangan gempat tersebut tidak terlalu terasa. Namun langsung membawa gelombang besat yang menyapu Mentawai.

Berada di lingkar Cincin Api Pasifik, membuat Indonesia memiliki sederet gunung berapi yang masih aktif. Lokasinya juga membuat Indonesia menjadi negara yang rawan terjadi gempa. Meskipun begitu, keindahan Nusantara tetap menarik untuk di jelajahi. Asal Teman Traveler harus melakukan riset kecil terkait situasi di destinasi sebelum berangkat ya.