Surabaya, ‘Surga’ Bagi Traveler yang Suka Jalan Kaki

Advertisement

Selama ini, wisatawan hanya mengenal Yogyakarta sebagai kota yang nyaman untuk traveler pejalan kaki. Ternyata ada satu lagi tempat yang cukup menarik untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Adalah Surabaya yang menjadi ibukota Jawa Timur. Meskipun udara di Kota Pahlawan cukup panas, namun kamu bakal terbawa suasana saat menelusuri setiap trotoar jalan di bawah ini!

Jalan Raya Darmo

Trotoar Raya Darmo
Trotoar Raya Darmo [image source]
Objek wisata di Surabaya sangatlah banyak. Mulai dari Kenjeran Park, Hutan Mangrove hingga Surabaya Karnival Night Market makin dilirik wisatawan. Pun demikian, kurang lengkap jika belum mampir ke Jalan Raya Darmo. Yap, trotoar satu ini makin cantik setelah beberapa kali mendapatkan sentuhan perbaikan dari pemerintah. Selain bisa berjalan santai di sore hari, wisatawan yang datang ke Surabaya pun dapat berfoto di trotoar satu ini. Apalagi kawasan ini cukup dekat dengan beberapa tempat seperti Taman Bungkul serta Graha Wismilak.

Graha Wismilak Surabaya
Graha Wismilak Surabaya [image source]

Jembatan Merah

Keindahan Jembatan Merah Surabaya
Keindahan Jembatan Merah Surabaya [image source]
Siapa sih yang tak pernah dengan Jembatan Merah? Yap, destinasi yang terletak di Jl. Kembang Jepun ini juga memiliki sejarah yang tetap terawat hingga saat ini. Selain menjadi destinasi wisata, ternyata Jembatan Merah juga terkenal sebagai trotoar paling nyaman untuk traveler pedestrian di Surabaya. Selain suasananya yang khas banget, di kawasan ini juga banyak tempat menarik untuk berburu foto yang kece. Nah, waktu yang paling baik berkunjung ke sini adalah sore hari karena tidak terlalu panas dan pemandangannya cantik untuk foto.

Jembatan Merah Surabaya
Jembatan Merah Surabaya [image source]

Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan
Jalan Tunjungan [image source]
Bukan hanya arek Suraboyo, orang di Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan Jalan Tunjungan. Yap, jalan satu ini merupakan kawasan komersial di Kota Surabaya yang menghubungkan Surabaya Selatan ke Surabaya Barat. Di sepanjang jalan banyak ditemukan toko elektronik serta pusat perbelanjaan yang pastinya disukai oleh wisatawan. Menariknya lagi, Jalan Tunjungan kini makin ramai. Banyak anak muda yang sengaja mampir ke sini untuk menikmati udara sore hari Surabaya. Tak sedikit pula yang mengabadikan foto dengan berlatar bangunan tua di dekat Hotel Majapahit Surabaya.

Jalan Tunjungan Surabaya
Jalan Tunjungan Surabaya [image source]

Jalan Rajawali

Jalan Rajawali
Jalan Rajawali [image source]
Jika di Jalan Tunjungan ada Hotel Majapahit Surabaya yang memiliki nilai sejarah tinggi, Jalan Rajawali juga menawarkan pemandangan unik bagi wisatawan pejalan kaki. Yap, di kawasan yang sangat nyaman untuk pejalan kaki ini terdapat sebuah bangunan bunker yang kuno. Bunker ini sendiri dulunya digunakan sebagai markas untuk siaran radio dan pertahanan dari serangan udara. Selain mampir ke tempat bersejarah tersebut, jangan sampai lupa untuk abadikan foto di trotoar Jalan Rajawali ya! Satu tempat paling kece ada di depan De Javasche Bank.

Jalan Rajawali Surabaya
Jalan Rajawali Surabaya [image source]

Jalan Kasuari

Kalisosok
Kalisosok [image source]
Berbeda dengan keempat tempat di atas, dulunya Jalan Kasuari atau Kawasan Kalisosokterkenal menyeramkan. Bagaimana tidak, di jalan ini bukan objek wisata melainkan penjara yang sudah berdiri sejak tahun 1808. Pun pernah menjadi saksi bisu kekejaman jenderal-jenderal dari Belanda, kini trotoar di jalan Kasuari berubah menjadi cantik. Hiasan mural arek-arek Suroboyo terlihat menawan. Nah, kamu yang terbiasa traveling jalan kaki, wajib mampir ke sini nih. Dijamin tak berhenti foto!

Jalan Kasuari
Jalan Kasuari [image source]
Selain kuliner Surabaya yang enak-enak, ibukota dari Jawa Timur ini memang menarik. Yakin nih tidak ingin jalan-jalan di trotoar kota Pahlawan yang kini bersih dan indah? Yuk, buruan ke sini!

Advertisement
Tags
Jawa Timur objek wisata Surabaya
Share