Jangan Sampai Terjebak Penipuan Seperti ini Saat Liburan!

Wisata luar negeri memang masih menjadi pilihan oke untuk menjernihkan pikiran. Namun, rencana traveling yang menyenangkan ini akan menjadi bencana saat musibah datang menyerang. Turis biasanya menjadi sasaran utama para pencuri dan pencopet. Berikut Ini adalah beberapa cara yang digunakan mereka untuk mengelabui korbannya. Lihat dan berhati-hatilah.

Bisa jadi pencuri pura-pura mengotori pakaianmu dengan sesuatu seperti makanan. Dan saat kamu sibuk membersihkannya dengan tisu atau handuk yang mereka tawarkan, tangan nakalnya akan beraksi.

Menjatuhkan kotoran di baju anda
Menjatuhkan kotoran di baju anda [image source]

Hati-hati saat ada yang menjatuhkan barang di sekitarmu, jangan sampai lupa dengan bawaan sendiri ketika berbaik hati menolong orang lain. Kita tak pernah tahu saat bahaya sedang mengincar.

Pura-pura menjatuhkan kunci
Pura-pura menjatuhkan kunci [image source]

Waspada saat ada yang memberimu tiket gratis atau mungkin dompet jatuh dan itu bukan milikmu. Waktu fokus berdebat atau menghindar, bisa jadi pencuri kecil malah mengambil barangmu.

Pura-pura memberi barang berharga
Pura-pura memberi barang berharga [image source]

Hindari berada di kerumunan orang asing. Salah satu turis pernah tiba-tiba jatuh karena ada yang menggenggam pergelangan kakinya. Ketika mencoba melepaskan diri, anak buah pencopet berhasil membuatnya kehilangan banyak barang.

Meraih Pergelangan Kaki
Meraih Pergelangan Kaki [image source]

Musim liburan jelas akan membuat hotel dihujani tamu. Saat meminta kunci, lebih baik bersabar dan tidak berebut dengan yang lain. Beberapa turis mengaku kehilangan dompet saat berdesakan di resepsionis.

Hotel yang ramai
Hotel yang ramai [image source]

Banyak tempat wisata yang menyediakan mesin permainan. Orang-orang nakal tahu bahwa alat tersebut bisa mengalihkan perhatian para pengunjung. Tas dan barang berharga lain biasanya diletakkan begitu saja. Digoda dengan koin yang jatuh, mereka sudah lupa dengan dompetnya.

Terlena dengan mesin permainan
Terlena dengan mesin permainan [image source]

Sebelum berkunjung ke luar negeri, sebaiknya bawa mata uang negara yang akan didatangi. Menukar uang di tempat tujuan bisa-bisa malah dijadikan mangsa para penipu yang memberikan jumlah tidak penuh.

Penukaran Uang
Penukaran Uang [image source]

Penjual yang memaksa membeli barang dagangannya ternyata dirasa turis sebagai salah satu penipuan kelas ringan, lho. Apalagi yang tanpa menawarkan, misalnya memotret lalu langsung meminta dibayar.

Memaksa membeli dagangan
Memaksa membeli dagangan [image source]

Jangan gampang percaya jika ada yang menanyakan jalan. Bilang saja kalau kamu juga bukan warga lokal dan ingat selalu untuk meletakkan tas di depan.

Menanyakan jalan
Menanyakan jalan [image source]

Tak semua pengemis benar-benar miskin. Beberapa hanyalah penipu yang sedang menyamar dan mengincar wisatawan asing.

Pura-pura miskin
Pura-pura miskin [image source]
Nah, sudah tahu kan beberapa kelicikan para pemangsa warga asing yang sedang liburan ini? Jadi bisa lebih hati-hati saat traveling, apalagi kalau sendirian. Tetap waspada, ya.

Tags
tips traveling trik para penipu
Share