4 Alasan Traveling Spontan, Sepertinya Seru Untuk Dicoba!

Advertisement

Banyak sekali rencana dalam traveling yang pada ujungnya gagal. Ada juga yang sudah dijadwalkan mulai dari menyusun strategi, pengumpulan dana, hingga perisapan yang banyak pada ujungnya ada saja masalah yang membuat perjalanan liburan gagal total. Namun ada juga dari beberapa traveler yang melakukan traveling secara spontan tanpa harus memikirkan penjadwalan dan persiapan yang matang.

Traveling secara spontan mampu membentuk karakter lebih baik lagi
Traveling secara spontan mampu membentuk karakter lebih baik lagi. Foto via sinergi46.com

Spontanitas memang pada esensinya dapat menghilangkan banyak tekanan dari sebuah perencanaan yang membuat perjalanan semakin sulit. Traveling secara spontan juga memberikan cara unik yang fleksibel sehingga perjalanan untuk menjelajahi tujuan yang belum diketahui akan lebih semangat. Spontanitas juga menguatkan diri atas beraninya keluar dari zona nyaman dan lebih berani mengambil resiko. Kecepatan pengambilan resiko yang spontan biasanya mampu berfikir lebih cepat pada pengolahan resiko diwaktu yang sangat terbatas.

Traveling spontan akan memberikan berbagai manfaat untuk manajemen diri pribadi agar lebih hadir dan percaya diri. Nah, berikut ulasan tentang alasan kamu melakukan traveling secara spontan dikemudian hari.

1. Traveling Secara Spontan Akan Lebih Cepat Terlaksana

Dari spontannya traveling tanpa basa-basi dan tanpa perencanaan yang ribet, kamu akan dapat menjalaninya secara pasti dan lebih hadir tentunya. Bila kamu masih merencanakan jauh-jauh hari maka daya semangat akan turun, seolah-olah memang jadwalnya untuk berlibur. Semangat membara akan lebih terlihat bila kamu melakukan ini semua dengan cara spontanitas.

Traveling Secara Spontan Akan Lebih Cepat Terlaksana
Traveling Secara Spontan Akan Lebih Cepat Terlaksana. Foto via sinergi46.com

Traveling spontan ini juga lebih sederhana karena tanpa perencanaan sama sekali, membuat suasana perjalanan hingga menikmati destinasi lebih terasa tenang dan begitu nyaman. Biasanya banyak dilakukan oleh kaum traveler yang memiliki pemikiran “bodo amat atau pikir belakangan”.

2. Keterbukaan Akan Lebih Besar dan Tak Terbatas Ketika Perjalanan

Traveling secara spontan akan meningkatkan traveler dalam berfikir kedepan lebih luas dan tak terbatas. Berbagai kemungkinan yang akan terjadi dapat segera dipikirkan secepat mungkin sehingga cakupan alternatif mungkin lebih luas dibanding traveler yang sudah mengikuti arus rencana perjalanan. Para traveler secara spontan akan dapat bertemu banyak orang asing yang sangat bermanfaat untuk tambahan informasi mengenai budaya dan destinasi tujuan. Dan mungkin bisa membantumu dalam pencarian alternatif yang sempat buntu.

3. Menemukan Jati Diri dan Kepribadian Baru

traveling secara sepontan akan menghadirkan teman baru yang bakal tak terencana
traveling secara sepontan akan menghadirkan teman baru yang bakal tak terencana. Foto via traveltempo.com

Nah, bagi kaun traveler yang suka melakukan traveling secara spontan akan tercipta kepribadian yang lebih baik. Titik pandang secara spontan dilingkungan baru akan menambah titik pandang seseorang lebih baik dari sebelumnya. Keluar dari zona nyaman sehingga mampu beradaptasi secara cepat pada lingkungan baru. Meski sedikit lebih berat, namun perbaikan mental akan lebih besar dan menjadi kuat ketika menghadapi permasalahan yang datang secara tiba-tiba.

4. Mampu Membentuk Mental Yang Baik

Traveling secara spontan mampu membentuk karakter dan mental jauh lebih baik
Traveling secara spontan mampu membentuk karakter dan mental jauh lebih baik. Foto via docheck.com

Banyak sumber yang megatakan bahwa perjalanan didasari dari spontanitas akan membuat pribadi lebih sehat, bahagia, produktif, dan pastinya lebih kuat dalam menghadapi berbagai cobaan dan permasalahan yang datang secara cepat. Kekuatan ini memiliki daya tersendiri akan hadirnya rasa petualangan dan memicu kreativitasan dalam berkelana.

Advertisement
Tags
Tips dan Inspriasi tips traveling traveling
Share