Tips Keliling Labuan Bajo Sambil Berlayar, Bikin Travelingmu Makin Maksimal

Melisa

Melisa

On Indonesia

Ada banyak surga  di Indonesia yang kecantikannya perlu disaksikan dengan mata sendiri. Salah satunya adalah Labuan Bajo, permata di Nusa Tenggara Timur yang namanya belakangan sering diperbincangkan oleh banyak pecinta alam Tak cuma ada komodo dan deretan pulau eksotis, yuk ikuti tips keliling Labuan Bajo dengan berlayar ala traveler asal Bali, Asri Vitaloka yang langsung jatuh cinta dengan lautan dan panorama Flores ini. Sudah siap?

Pesona Labuan Bajo

Pelabuhan Bajo
Pelabuhan Bajo [image by Asri Vitaloka)
Sudah bukan rahasia, pesona Indonesia bagian timur, seperti di Labuan Bajo ini sudah mulai banyak tersebar di sosial media. Yang mengaku orang Indonesia, wajib hukumnya berkunjung ke sini, begitu kata Asri. Selain bertemu langsung dengan keturunan terakhir Dinosaurus, yaitu komodo dan deretan pulau dengan keindahan memukau seperti Kelor, Kanawa, Gili Laba, Padar. Orang-orang di daerah ini juga terkenal ramah dan terbuka pada wisatawan yang datang. Yakin tak mau coba datang ke sini?

Gili Padar
Gili Padar [image by Asri Vitaloka]

Lebih Seru dengan Berlayar

Saat sailing trip
Saat sailing trip [image by Asri Vitaloka]
Meski sudah pernah menginjakkan kaki di Labuan Bajo, justru membuat Asri tak perlu berpikir dua kali, bahkan girang untuk kembali lagi. Agar travelingmu lebih maksimal, gadis asal Bali bersenyum manis ini menyarankan untuk melakukan sailing trip, yaitu keliling pulau dengan berlayar. Kamu akan berada di atas kapal selama 3 hari 2 malam. Tak akan ada signal untuk update status di sosial media, namun ini justru menjadikanmu lebih fokus menikmati alam sekitar dan berbincang dengan teman seperjalanan. Tak perlu khawatir, kamu tidak akan kelaparan saat berlayar karena sudah ada koki yang bertanggung jawab untuk urusan mengisi perut.

Pulau Padar, Labuan Bajo
Pulau Padar, Labuan Bajo [image by Asri Vitaloka]

Siapkan OOTD dan Spot Pilihan

Pulau Kanawa Atas
Pulau Kanawa Atas [image by Asri Vitaloka]
Ngaku, deh. Salah satu alasanmu berkunjung ke Labuan Bajo adalah banyaknya foto-foto keren dari para traveler yang sudah berkunjung lebih dulu. Nah, pastikan kamu membawa persiapan untuk acara berposemu. Asri menyarankan untuk menyiapkan baju dengan warna cerah, seperti merah dan kuning karena yang akan menjadi latar belakang fotomu tak lain adalah hamparan rumput hijau atau kering, juga lautan lepas. Pastikan juga kamu sudah menyiapkan daftar destinasi yang ingin dikunjungi. Selain Pulau Padar yang sangat terkenal, kamu juga sangat disarankan untuk melihat sendiri magisnya pemandangan di Kanawa setelah puas snorkeling. Jangan lupa juga mencoba berenang bareng manta di Manta Point. Tracking saat gelap di Gili Laba akan semakin membuat liburanmu berkesan.

Pulau Kanawa, Labuan Bajo
Pulau Kanawa, Labuan Bajo [Image by Asri Vitaloka]

Catatan Penting Saat Traveling ke Labuan Bajo dan Sekitar

Pulau Rinca
Pulau Rinca [image by Asri Vitaloka]
Sudah banyak tour and travel yang menyediakan paket liburan ke Labuan Bajo, lengkap dengan itinerary dan berbagai alat snorkeling yang dibutuhkan. Kalau mau berangkat sendir pun bisa lebih murah dari Surabaya – Kupang – Labuan Bajo. Pastikan kamu membawa perlengkapan berenang, juga OOTD yang dibutuhkan untuk berpose. Asri menambahkan, kamu bisa melihat komodo lebih dekat dari Pulau Rinca. Pastikan kamu sedang tak memakai wewangian apapun karena bisa menarik perhatian mereka. Patuhi ranger atau pengawas yang mengawalmu, ya.

Tracking di Gili Laba
Tracking di Gili Laba [image by Asri Vitaloka]
Melihat foto-foto yang keren di Labuan Bajo milik Asri ini membuat hasrat liburan semakin menggebu, ya. Rencanakan dan rancang anggaranmu dari sekarang. Sebagai traveler sejati, kita pun harus mengeksplor keindahan Indonesia timur. Setuju, kan?