Pecel Ndeso, Kuliner Enak dengan Sambal Wijen Khas Solo

Advertisement
Advertisement

Solo terkenal dengan kuliner tradisional seperti nasi liwet, timlo, cabuk rambak hingga intip goreng. Dari banyaknya makanan tersebut, ada satu lagi yang tak kalah menggiurkan. Namanya Pecel Ndeso yang cita rasanya berbeda dengan lainnya. Penasaran bagaimana rasa kuliner satu ini? Simak ulasannya berikut.

Sambal Spesial dari Wijen

Sambal Pecel Ndeso Berwarna Hitam
Sambal Pecel Ndeso Berwarna Hitam [image source]
Pecel biasanya terdiri sayuran rebus yang diguyur sambal kacang. Namun, berbeda dengan Pecel Ndeso Solo. Dari tampilannya saja, warna sambal terlihat lebih hitam. Ternyata, sambal di menu ini memang berbeda. Penjual makanan khas ini bukan menggunakan kacang melainkan wijen hitam. Tak perlu khawatir, rasanya tetap nendang lho!

Sambal Pecel Ndeso
Sambal Pecel Ndeso [image source]

Unik dengan Nasi Merah

Nasi Pecel Pincukan
Nasi Pecel Pincukan [image source]
Selain sambal, keunikan pecel ndeso adalah penyajiannya. Bukan di piring, pecel khas Solo ini disajikan di atas pincukan daun pisang. Aroma daun ini membuat makanan tersebut makin menggiurkan. Menariknya lagi, nasinya terbuat dari beras merah. Kamu yang diet, tak perlu takut berat badan bertambah.

Pecel dengan nasi merah
Pecel dengan nasi merah [image source]

Tambahan Jantung Pisang yang Menggiurkan

Ilustrasi Jantung pisang di Pecel Ndeso
Ilustrasi Jantung pisang di Pecel Ndeso [image source]
Seperti pecel lainnya, kuliner dengan sambal wijen ini juga dilengkapi sayuran segar. Ada ada daun kenikir, kembang (bunga) turi, daun pepaya, kecambah, hingga jantung pisang. Uniknya lagi, ada tambahan bongko yang terbuat dari campuran kacang tolo atau kacang merah dan parutan kelapa serta bumbu. Rasanya, tentu saja luar biasa enak. Apalagi jika memesan sambalnya sedikit pedas. Satu porsi, bakalan nambah lagi.

Sayuran pecel ndeso
Sayuran pecel ndeso [image source]

Murah Meriah di Seluruh Penjuru Kota Solo

Pecel Ndeso di Solo
Pecel Ndeso di Solo [image source]
Pecel Ndeso awalnya dijual keliling. Namun, kini kamu bisa menemukan di setiap sudut kota Solo. Beberapa tempat yang terkenal dengan pecel ndesonya ada di sekitar Stasion Manahan, Pasar Gede serta pusat kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo). Nah, untuk seporsi menu lezat ini juga terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, seporsinya hanya Rp8.000.

Pecel ndeso Pasar Gedhe
Pecel ndeso Pasar Gedhe [image source]
Soal rasa tentu saja berbeda dari lainnya. Nah, makin penasaran dengan keunikan kuliner lezat satu ini kan? Jadi, kapan liburan ke Solo?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Surakarta
Share