Mitos Tentang Hantu Kuyang, ada Penangkalnya Lho

Indonesia memiliki beragam daya tarik. Selain keindahan alam yang memesona, kuliner Nusantara yang memanjakan lidah, ada lagi kekayaan adat dan budaya yang selalu menarik untuk disimak. Deretan wisata horor juga banyak peminatnya, lho. Nah, sebelum jelajah hutan-hutan di Indonesia, ada beberapa mitos tentang hantu kuyang yang mungkin belum Teman Traveler ketahui. Ada penangkalnya juga. Baca lebih lanjut, yuk.

1. Sejarah Kemunculan Kuyang

Ilustrasi Penampakan Kuyang via Instagram @auroraletsdrawing

Kuyang pada dasarnya sejenis siluman atau manusia yang menjalankan ilmu hitam sehingga bisa berwujud setan. Kuyang datang dari orang Kalimantan, sedangkan menurut orang-orang dari Sumatra, biasa menyebut Kuyang dengan istilah Palasiak. Daerah lain, seperti Bali juga menyebut kuyang dengan Istilah Leak. 

Isitlah dari tiap daerah yang berbeda tersebut bisa dikerucutkan bahwa Kuyang, Palasiak dan Leak merupakan manusia yang menjalankan ilmu hitam hingga menjadi siluman untuk kepentingan pribadi. Namun siluman tiap daerah mempunyai wujud yang berbeda-beda.

2. Kuyang Kalimantan.

Foto wujud kuyang via Instagram @hororrindonesia

Banyak sekali cerita mitos tentang hantu kuyang yang beredar. Namun menurut warga suku dayak dari Instagram @seramtv, kuyang adalah manusia biasa yang ingin awet muda dengan cara menghisap darah ibu hamil, ibu baru melahirkan, juga bayi dengan ilmu hitam.

Pada siang hari, kuyang menyerupai wanita biasa normal. Nah, saat malam tiba barulah kuyang bisa melepas kepalanya dan ‘beroperasi’ mencari mangsa. Kabarnya, kuyang melakukan hal keji tersebut agar suaminya tetap sayang kepadanya.

3. Daerah Kalimantan Yang Kerap Digegerkan Kuyang

Warga memburu kuyang via news.prokal.co

Mitos tentang hantu kuyang lainnya adalah menjadi menjadi teror warga di beberapa daerah di Indonesia. Nama hantu ini sering terdengar di Kalimantan, juga Bali. Bahkan dilansri dari news.prokal, kemunculan Kuyang sempat menghebohkan warga Gunung Empat dan sempat menjadi perburuan warga setempat. 

4. Cara Menangkal Serangan Kuyang

Sisir via Shutterstock

Mitos tentang hantu kuyang lainnya menyebutkan bahwa sasaran yang sering dikejar adalah bayi, ibu-ibu hamil dan yang baru melahirkan. Semua korban Kuyang akan dihisap darahnya dan menjadi kekuatan untuk dirinya. Jadi untuk Anda yang kiranya berpotensi dapat diserang, sebaiknya menyiapkan penangkalnya.

Beberapa cerita mitos tentang hantu kuyang menyebutkan bahwa mahluk gaib satu ini ternyata bisa ditangkal, kok. Cara menghalau kuyang adalah dengan membawa sisir, cermin dan lidi. Wah, pastikan membawa benda-benda ini saat menjelajah wisata-wisata Kalimantan, ataupun Bali.

Semua kemungkinan bisa terjadi saat traveling, pastikan semua kebutuhan sudah Teman Traveler siapkan. Mungkin tak semua percaya dengan adanya mahluk gaib merupakan pendapat masing-masing setiap orang. Semoga kita semua diberikan keselamatan oleh Tuhan YME.

Tags
Indonesia kuyang kuyang kalimantan penangkal kuyang Wisata Kalimantan
Share