Traveling ke Bogor Saat Asian Games 2018, Lokasi Ini Bisa Jadi Jujukan

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram tim.groups Via Instagram tim.groups

Kurang beberapa hari, kita akan menyambut Asian Games 2018 yang dimulai pada 18 Agustus 2018 – 2 September 2018. Kirab obor yang menjadi salah satu momen sakral Asian Games ke-18 nantinya bakal finish di Stadion Gelora Bung Karno, seiring upara pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018. Dua kota utama yang menjadi tuan rumah ajang perayaan Asian Games ini adalah Jakarta dan juga Palembang. Meskipun begitu ada beberapa kota lainnya yang juga menjadi venue acara. Misalnya saja beberapa daerah Bogor, Jawa Barat. Jika sedang traveling ke Bogor untuk menyaksikan Asian Games 2018, ada kawasan di sekitaran Botanical Garden yang bisa dijelajahi.

1. Gong Factory, Bogor

Proses pembuatan gong di Gong Factory, Via Instagram jwokomuchidin
Proses pembuatan gong di Gong Factory, Via Instagram jwokomuchidin

Saat ke traveling ke Bogor wajib ke Gong Factory. Wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup melegenda di Bogor. Bagaimana tidak, tempat ini merupakan lokasi pembuatan gong dan juga alat musik gamelan yang sudah ada sejak 370 tahun yang lalu. Teman Traveler bisa melihat secara langsung pembuatan gamelan di sini. Lokasinya berada di Jl. Pancasan RT 02/ RW 03, Kampung Pancasan, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Bogor.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, Via Instagram ayusutraningsih
Kebun Raya Bogor, Via Instagram ayusutraningsih

Destinasi selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Kebun Raya Bogor. Lokasi ini merupakan Kebun Botani Bogor yang luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki kurang lebih 15.000 jenis koleksi pohon dan juga tumbuhan. Bisa jalan-jalan sembari menambah ilmu pengetahuan, alamnya juga asri. Tempatnya berada di di Jl. Ir. Haji Djuanda, No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor. Untuk jam bukanya sendiri mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Lokasi yang begitu ramai dikunjungi kala weekend tiba.

3. Sentra Wayang Golek

Sentra Wayang Golek, Via Instagram travelling_asik
Sentra Wayang Golek, Via Instagram travelling_asik

Selain ke Kebun Raya Bogor, ada pula destinasi lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Wisatanya adalah Sentra Pembuatan Wayang Golek yang berada di Kelurahan Loji, Bogor Barat, Bogor. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi para turis asing yang penasaran dengan proses pembuatan wayang golek. Bahkan wayang golek di sini sudah dieskpor ke Eropa. Banyak pengrajin wayang golek yang bisa dilihat. Tidak hanya melihat proses pembuatanya saja, Teman Traveler juga bisa membawaa pulang wayang golek sebagai oleh-oleh.

4. Tas Tajur Bogor

Tas Tajur Bogor, Via Instagram riza_amrina
Tas Tajur Bogor, Via Instagram riza_amrina

Teman Traveler penggila tas, bisa juga datang ke Tas Tajur Bogor. Toko-toko berderet di bagian utara Jl. Raya Tajur. Sejumlah gerai antara lain seperti halnya Terminal Tas, Tajur Tas 33, Sumber Tas Tajur, Dunia Tas, dan SKI Tas Tajur. Di sini menawarkan tas dari home industri dengan kualitas unggulan dan tidak mengecewakan. Harganya juga tidak terlalu mahal. Bisa melihat pembuatan tas sampai dengan membawanya pulang.

Itulah empat lokasi yang bisa dikunjungi saat traveling ke Bogor dan di sekitaran Botanical Garden. Kota yang dingin seperti halnya Bogor banyak menyimpan destinasi wisata yang menggiurkan, mulai dari alam sampai dengan belanja, semuanya istimewa.