Raja Ampat Dilewati Obor Asian Games 2018, Ini Destinasi Andalannya

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Dalam kawasan Indonesia Bagian Timur, Raja Ampat merupakan destinasi wisata primadona. Bahkan pada tahun 2016, CNN Travel menobatkan tempat ini sebagai spot snorkeling terbaik. Mengalahkan kepulauan Galapagos di Amerika Serikat. Raja Ampat meruapakan habitat bagi 600 jenis serta 75% spesies terumbu karang yang ada di dunia. Tempat indah ini juga akan dilewati oleh pawai obor Asian Games pada tanggal 26-28 Juli mendatang. Kalau teman traveler adalah salah satu orang yang ikut serta mengawal obor, coba datang ke destinasi wisata Raja Ampat ini ya.

Misool

Danau Hati di Misool via shutterstock.com

Meskipun saat ini nama Misool telah mulai mendunia, tempat ini masih sangat layak untuk dikunjungi. Letaknya memang sulit dijangkau, namun justru inilah yang menyebabkan perjalanan ke sana begitu mengena. Meskipun begitu, Misool menjadi destinasi yang menjadi prioritas utama bagi turis saat berkunjung ke Raja Ampat. Misool memiliki banyak sekali destinasi bahari yang masih alami. Wilayah yang dulu termasuk dalam kawasan Kerajaan Tidore ini masih dihuni oleh masyarakat asli Tidore.

Puncak Harfat

PEmandangan dari Puncak Harfat via shutterstock.com

Menikmati keindahan Raja Ampat tak selalu dari dataran rendahnya. Di Harfat Peak, keindahan wisata unggulan Papua Barat ini juga dapat dinikmati. Gugusan pulau-pulau karst dapat dinikmati dengan jelas dari puncak Harfat Peak, beserta dengan perairan jernihnya. Untuk mencapai tempat ini, diperlukan trekking melewati perbukitan dan beberapa anak tangga.

Arborek

Pemandangan bawah laut di sekitar Pulau Arborek Pianemo

Dari Waisai, Ibukota Raja Ampat,  tempat ini dapat ditempuh dengan waktu dua jam perjalanan dengan menggunakan jalur laut. Meskipun dermaganya cukup kecil, Pulau Arborek memiliki hamparan pasir putih yang didampingi dengan pepohonan kelapa. Sama halnya dengan perairan lain di kawasan Raja Ampat, Pulau Arborek memiliki kawasan air yang jernih. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat untuk diving, namun untuk dapat menyelam di perairannya, teman traveler harus memiliki lisensi.

Pulau Wayag

Wisatawan sedang snorkeling di laguna Pulau Wayag via shutterstock.com

Kepulauan Wayag juga merupakan surga bagi para snorkeler. Berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau Wayag menawarkan keindahan nawah laut yang memukau. Terumbu karang yang besar dan terjaga keasliannya, merupakan habitat untuk berbagai macam biota laut. Karenanya teman traveler dapat menemukan berbagai macam ikan-ikan yang indah.

Pianemo

Gugusan karst di Pianemo via shutterstock.com

Pianemo merupakan kepualauan yang terdiri dari batuan karst. Keindahan tersebut bersanding dengan air laut yang berwarna biru tosca. Namun untuk dapat menyaksikan pemandangan tersebut, teman traveler harus melewati ratusan anak tangga. Pianemo juga sering disebut sebagai miniatur dari Kepulauan Wayag.

Keindahan wisata Raja Ampat memang tak perlu dipertanyakan lagi. Berbagai macam pesona bahari menjadi sebabnya. Kalau teman traveler gemar melakukan kegiatan air, masukan Raja Ampat dalam wishlistmu ya.