Traveling dengan Rumah Berjalan, Tak Perlu Sewa Hotel

Liburan bersama keluarga atau sahabat tentu saja menjadi pengalaman indah yang akan dikenang seumur hidup. Ada banyak jenis liburan, mulai dari yang sederhana dengan menginap di homestay, atau traveling mewah dengan bermalam di resort seharga jutaan rupiah per malamnya. Ada juga yang menggunakan motorhome atau yang lebih dikenal dengan karavan. Yuk, lihat lebih dekat.

1. Jenis Traveling yang Jadi Trend di Eropa

Rumah berjalan dengan karavan
Rumah berjalan dengan karavan via DailyMail

Karavan adalah bagian dari kendaraan yang berisi tempat tidur, dapur, bahkan kamar mandi yang ditarik dengan mobil. Kini sudah banyak brand mobil yang merilis karavan mewah, bahkan ada yang menyediakan tempat parkir mobil di dalamnya. Traveling dengan cara ini memang menjadi trend di luar negeri. Bahkan tak sedikit yang menjual rumah mereka dan membeli karavan, lalu berhenti dari pekerjaan tetap untuk bisa traveling keliling dunia.

2. Traveling dengan Rumah Berjalan

Pasangan dengan karavannya
Pasangan dengan karavannya via DailyMail

Salah satunya adalah pasangan Alexis Stephens (33) dan Christian Parsons (42) yang berasal dari Amerika. Dilansir dari DailyMail, pasangan ini menjual semua harta mereka untuk membeli karavan kecil yang cantik. Pada awalnya, keduanya merasa kesulitan untuk beradaptasi di ruangan yang mungil. Namun seiring berjalannya waktu, tak terasa mereka sudah berkeliling ke 36 negara.

3. Kemping Nyaman dengan Karavan

Kamar di karavan
Kamar di karavan via DailyMail

Seperti rumah pada umumnya, karavan juga dilengkapi dengan ruang tamu, kamar tidur, dapur, juga kamar mandi. Sama halnya dengan  berkemah, kamu bisa bepergian ke manapun. Hanya saja ada tempat tidur nyaman, juga kamar mandi yang sangat rapi. Kamu bahkan bisa membuat kopi dan sarapan, lalu bersantai di depan pemandangan sekitar.

4. Mengapa Jarang di Indonesia

Karavan jarang di Indonesia
Karavan jarang di Indonesia via DailyMail

Traveling dengan karavan sangat umum di luar negeri, seperti Australia dan negara di Eropa. Namun, tak banyak masyarakat Indonesia yang melakukan ini. Ada banyak hal yang mempengaruhi hal ini. Di antaranya adalah hari libur di Indonesia yang tak terlalu lama. Selain itu, jalanan di tanah air kita tidak cukup lebar untuk karavan yang biasanya sebesar minibus. Belum lagi lalu lintasnya yang super padat, bisa-bisa waktunya habis hanya untuk di jalan. Hal-hal tersebut membuat traveling dengan karavan tak cocok di Indonesia.

5. Tips Traveling dengan Karavan

Dapur di karavan
Dapur di karavan via DailyMail

Bukan di trend di Indonesia, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Hal pertama yang harus disiapkan adalah karavannya. Kamu bisa menyewa atau membelinya. Siapkan waktu dengan mengatur cuti bersama keluarga atau pasangan, juga sahabat. Pilihlah daerah yang tidak terlalu padat dan memiliki jalanan yang lebar. Pastikan kamu tidak membawa banyak barang karena hanya akan memakan tempat di dalam karavan.

Seru juga ya untuk mencoba liburan dengan karavan, tak perlu tidur di hotel. Tentunya, kamu bisa menghemat biaya tanpa harus mengorbankan kenyamanan. Bagaimana, tertarik mencoba?

Tags
Akomodasi Indonesia tips traveling karavan
Share