Bareng Orang Tua atau Kakek-Nenek, Traveling Tetap Bisa Asyik, Kok!

Advertisement

Traveling memang identik dengan anak muda. Meski demikian, bukan berarti kerabat yang berusia senja tak bisa menikmati asyiknya liburan. Sesekali, cobalah rencanakan liburan keluarga bersama orang tua atau bahkan kakek-nenek Anda dengan mengunjungi destinasi yang istimewa.

Melakukan perjalanan bersama orang lanjut usia tentu saja butuh banyak persiapan. Tapi tenang, semuanya akan berjalan lancar dan nyaman kalau Anda sudah memahami hal-hal berikut ini.

1. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Sebelum melakukan perjalanan panjang, pastikan Anda melakukan pengecekan kondisi kesehatan terlebih dahulu. Orang dengan usia lanjut rentan terserang penyakit akibat hal sepele, misalnya saja perubahan cuaca atau pola makan.

Lakukan pemeriksaan kesehatan [image source]
Lakukan pemeriksaan kesehatan [image source]
Setelah memastikan kondisi mereka cukup sehat untuk bepergian, siapkan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan dalam perjalanan. Mintalah rekomendasi dokter untuk memilih obat yang sesuai.

2. Tentukan lokasi wisata dan rencanakan dengan baik

Agar liburan berjalan nyaman untuk kerabat yang berusia senja, pilih destinasi yang mudah diakses dan tak memiliki cuaca ekstrem. Sebuah resort di kaki gunung atau pondok pinggir pantai bisa dijadikan pertimbangan. Yang terpenting, lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan sehingga tak harus berjalan kaki untuk menuju ke sana.

Tentukan lokasi wisata dan rencanakan dengan baik [image source]
Tentukan lokasi wisata dan rencanakan dengan baik [image source]
Rencanakan perjalanan dengan matang, mulai dari tiket pulang-pergi, pemesanan hotel, hingga guide jika dibutuhkan. Jangan mengambil risiko dengan tidak memesan transportasi dan akomodasi di awal, terlebih lagi jika sedang musim liburan.

3. Kemasi barang dengan bijak

Sebelum traveling, bantu orang tua atau kakek-nenek Anda untuk berkemas. Sebagai orang tua, kadang mereka mengkhawatirkan terlalu banyak hal sehingga ingin membawa berbagai macam benda untuk berjaga-jaga. Akibatnya, barang bawaan membludak dan mereka pun akan kesulitan saat di perjalanan.

Kemasi barang dengan bijak [image source]
Kemasi barang dengan bijak [image source]
Bantu mereka memillih apa saja yang perlu dibawa, seperti beberapa potong pakaian, peralatan mandi, dan obat-obatan pribadi. Cari tempat khusus untuk menyimpan uang dan benda berharga lainnya agar tak mudah terjatuh. Ransel merupakan pilihan terbaik untuk dibawa liburan karena bisa memuat banyak barang dan mudah diangkut ke mana pun.

4. Bawa selimut tambahan dan penutup mata

Tak seperti anak muda yang bisa tetap fit meski tidak beristirahat selama perjalanan, orang tua membutuhkan tidur yang cukup agar senantiasa bugar. Maka dari itu, bawalah beberapa barang untuk berjaga-jaga seperti selimut, kaos kaki, dan penutup mata.

Bawa selimut tambahan dan penutup mata [image source]
Bawa selimut tambahan dan penutup mata [image source]
Orang tua Anda mungkin akan kedinginan karena AC di dalam pesawat, mobil, kereta api, ataupun bus. Dan biasanya selimut yang disediakan di transportasi umum tak cukup tebal. Oleh karena itu, membawa selimut sendiri sangat berguna untuk memastikan kenyamanan beristirahat. Membawa serta bantal berukuran kecil juga bisa dipertimbangkan bila khawatir para orang tua tak bisa tidur nyenyak karena badan pegal-pegal.

5. Hindari lokasi wisata yang terlalu ramai

Salah satu hal terpenting saat melakukan traveling bersama orang tua adalah menekan egoisme. Seberapa pun inginnya Anda, hindari mendatangi lokasi liburan yang padat pengunjung. Akan sangat melelahkan bagi para orang tua untuk berdesakan dengan pengunjung lain.

Hindari lokasi wisata yang terlalu ramai [image source]
Hindari lokasi wisata yang terlalu ramai [image source]
Risiko pencopetan pun akan jauh lebih tinggi di tempat semacam ini. Pilih lokasi yang tak terlalu jauh dari penginapan dan tidak ramai dikunjungi. Dapatkan rekomendasi dari penduduk lokal dan hindari mendatangi destinasi yang disarankan travel agent karena pasti akan dibanjiri wisatawan.

Meski membutuhkan banyak persiapan, berlibur bersama orang tua maupun kakek-nenek Anda akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Kapan lagi bisa bersenang-senang bersama mereka di tempat-tempat yang tak biasa?

Advertisement
Tags
kakek nenek orang tua traveling traveling bareng orang tua
Share