Perbedaan Traveler 90-an dan Zaman Sekarang, Kamu Tim Mana?

Liburan di tahun 90-an tentu berbeda dengan zaman sekarang. Dengan perkembangan teknologi, ada berbagai hal yang lebih mudah dilakukan. Gaya para traveler pun juga berubah seiring berjalannya waktu. Kini, seperti apa jika berbagai hal tentang wisata dari kedua generasi tersebut dibandingkan? Simak ulasannya di bawah ini.

Di era 90-an kamping lumrah dilakukan di sekitar dan bahkan di dalam rumah. Dengan tenda dari sarung, kita sudah merasa jadi orang yang paling beruntung. Di zaman sekarang berkemah bahkan difasilitasi ala hotel mewah. Ada Internet bahkan lengkap dengan colokan listrik.

Tenda-tendaan dan glamping
Tenda-tendaan dan glamping [image source 1, source 2]
Kamera tustel sangat populer di kalangan generasi 90-an. Senjata wajib jika ingin mengabadikan momen indah. Kini, semua semakin mudah karena ada alat yang semungil action cam dan jenis kamera lainnya.

Tustel dan Action Cam
Tustel dan Action Cam [image source 1, source 2]
Kalau ingin foto bagaimana? Generasi 90-an handal untuk meminta bantuan orang lain. Traveler zaman sekarang cukup mandiri dengan tongsisnya.

Gaya Foto
Gaya Foto [image source]
Jika sekarang bisa memanfaatkan google dan sosial media untuk cari informasi wisata. Zaman dulu traveler harus lebih dulu ke agen perjalanan dan mengumpulkan brosur wisata. Ribet, tapi tetap memberikan sensasi yang menyenangkan.

Brosur wisata dan smartphone
Brosur wisata dan smartphone

Musik adalah ‘teman’ terbaik saat melakukan perjalanan. Jika traveler zaman now akrab dengan iPod untuk memainkan musik, walkman adalah andalan generasi 90-an.

walkaman dan ipod
walkaman dan ipod [image source 1, source2]
Aplikasi peta bisa dijalankan di smartphone, liburan ke tempat baru pun siapa yang takut. Belum lagi dengan teknologi seperti GPS yang membuat kita tak perlu takut tersesat. Sangat kontras dengan era 90-an, di mana peta seolah menjadi lentera dalam gulita. Penunjuk jalan yang wajib ada.

Pakai Peta dan GPS
Pakai Peta dan GPS [image source 1, source 2]
Sebelum berangkat, traveler 90-an harus menyiapkan uang tunai dalam berbagai pecahan. Semakin ribet kalau ke luar negeri karena harus menukarkan mata uang lebih dulu. Kini, uangmu bisa keluar dengan mudah lewat mesin ATM.

Pakai duit dan Pakai ATM
Pakai duit dan Pakai ATM [image source 1, source 2]
Alat komunikasi juga beda jauh. Dulu pakai handphone monophonic, sekarang pakai smartphone. Mungkin ada di antara kamu yang masih menyimpan handphone dengan layar hitam putih atau monophonic itu.

Hp monoponik dan Smartphone
Hp monoponik dan Smartphone [image source 1, source 2]
Menjadi traveler di tahun 90-an harus siap jiwa raga. Menuju tempat wisata harus estafet atau berganti-ganti transportasi. Kini kamu bisa memanfaatkan angkutan yang bisa dipesan secara online. Belum lagi sekarang sudah ada ojek online di berbagai kota.

Angkutan
Angkutan [image source]
Itulah beberapa perbedaan antara traveler di tahun 90-an dan zaman sekarang. Kamu termasuk yang mana? Jika punya pengalaman lain. Silakan ceritakan di kolom komentar ya!

Tags
Indonesia inspirasi tips
Share