Isi Travel Advice Australia Terkait Bom di Surabaya

Advertisement

Ledakan bom di Surabaya yang meledak secara beruntut, membuat Indonesia mendapat sorotan beberapa negara. Hal tersebut didukung dengan keluarnya travel advice oleh Australia dan Amerika Serikat yang diperbarui pada 13 Mei 2018. Travel advice ini dirilis resmi oleh Departement of Foreign Affairs and Trade melalui situs Smartraveller.gov.au. Berikut penjelasan detail dari travel advice Australia tersebut.

Empat Kota di Indonesia Diwaspadai

Masyarakat Bali yang sedang melakukan ibadah via pexels.com
Masyarakat Bali yang sedang melakukan ibadah via pexels.com

Meskipun bom meledak secara beruntut di Surabaya dan sekitarnya, beberapa daerah di Indonesia turut disebut dalam travel advice yang dirilis oleh pemerintah Australia. Keempat daerah yang diwaspadai tersebut adalah Bali, Surabaya, Lombok, dan Jakarta. Daerah tersebut merupakan empat titik yang ditekankan oleh Pemerintah Australia.

Risiko Semakin Meningkat

Peringatan terhadap situasi yang belum kondusif via pexels.com
Peringatan terhadap situasi yang belum kondusif via pexels.com

Peringatan terhadap situasi yang belum kondusif juga ditekankan oleh Pemerintah Australia. Benar saja, beberapa ledakan bom susulan terjadi pagi ini, Senin (14/05/2018). Pemerintah Australia menegaskan bahwa ancaman teroris di Indonesia masih tinggi dan serangan dapat terjadi kapan saja, termasuk lokasi yang sering dikunjungi orang barat. Mereka juga memberi contoh ledakan bom Sarinah yang terjadi pada tahun 2016.

Waspada Terhadap Hari Raya Keagamaan

Pemerintah Australia juga mewaspadai tempat ibadah serta hari besar keagamaan via pexels.com
Pemerintah Australia juga mewaspadai tempat ibadah serta hari besar keagamaan via pexels.com

Peningkatan waspada terhadap periode liburan juga hari raya keagamaan. Seperti Hari Natal, Paskah, Nyepi, Ramadhan, dan Tahun baru. Tempat ibadah juga menjadi salah satu tempat yang harus diwaspadai oleh warganya. Pemerintah Australia juga menghimbau jika tempat-tempat seperti Solo, Poso, dan Surabaya memiliki kemungkinan untuk terserang kembali.

Waspada Segala Tempat Umum

Tempat umum juga menjadi salah satu titik yang harus dihindari via pexels.com
Tempat umum juga menjadi salah satu titik yang harus dihindari via pexels.com

Tak hanya tempat ibadah yang masuk dalam peringatan Pemerintah Australia. Mereka juga menghimbau warganya untuk sementara menjauhi tempat-tempat umum seperti bar, restoran, hotel, kompleks perumahan ekspatriat, dan pusat hiburan. Hampir seluruh daerah di Indonesia diberi warna kuning yang melambangkan waspada.

Australia adalah negera tetangga yang menyumbang wisatawan mancanegara dalam jumlah yang cukup banyak. Tercatat 1,2 juta wisatawan Australia berkunjung ke Indonesia pada tahun 2017. Selain itu Australia juga menjadi salah satu target Kementrian Pariwisata Indonesia selain China, India, Singapura, dan Eropa. Semoga kejadian ini tidak merusak peningkatan sektor pariwisata Indonesia yang telah meningkat dari tahun ke tahun.

Advertisement
Tags
Australia Bom di Surabaya Indonesia Travel Advice Wisata
Share