Pesona Kepulauan Kei Kecil punya Empat Daya Tarik Kuat

Di bagian Indonesia timur, nama Kepulauan Kei tak lagi asing di telinga traveler. Pantas jika pulau ini menjadi viral di kalangan traveler, karena keindahannya memang patut diperhitungkan. Karena potensinya itu juga pada tahun 2016 Kepulauan Kei dinobatkan sebagai Surga Tersembunyi Paling Populer di tanah air dalam Anugerah Pesona Indonesia yang diadakan oleh KEMENPAR RI. Begitu juga dengan Kepulauan Kei Kecil yang memiliki banyak daya tarik wisata di sekitarnya.

Laguna Bair

Laguna dangkal dengan air jernnih berwarna toska via instagram
Laguna dangkal dengan air jernnih berwarna toska via instagram/@andiannsyah

Pulau Bair memiliki berbagai macam jenis mangrove dan tebing-tebing batu yang menjulang. Selain itu, air jernih berwarna biru muda membuat segala kehidupan di bawah air yang indah tampak jelas terlihat. Kamu juga dapat menyusuri celah-celah pulau batu karst dengan perahu tradisional di sini. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai Raja Ampatnya Maluku.

Gua Hawang

Gua Hawang dengan air tawar yang jernih via instagram
Gua Hawang dengan air tawar yang jernih via instagram/@hardyzk

Gua Hawang memiliki air berwarna biru jernih, sehingga batu-batu yang ada di dasarnya terlihat dengan jelas. Kolam ini terhubung langsung dengan mata air Evu, sumber terbesar yang melewati kanal sungai bawah tanah. Menariknya, ada dua buah gua yang berjarak 15 meter dan dihubungkan oleh sungai tersebut.

Bukit Masbait

Patung Yesus yang berada di atas menara dan menghadap ke laut via instagram
Patung Yesus yang berada di atas menara dan menghadap ke laut via instagram/@ilhamarch

Bukit Masbait merupakan tempat yang juga berfungsi sebagai tempat ziarah umat Kristiani. Letaknya berada di Desa Kelanit, Kabupaten Maluku Tenggara. Pada destinasi yang memiliki nama lain Bukit Kelanit ini, kamu dapat menemukan patung Isa Almasih yang menghadap ke laut. Tempat ini dikelilingi oleh tiga desa yang masing-masing menganut agama berbeda. Selain Desa Kelanit, ada desa Protestan yaitu Ohoi Dertavun, desa Muslim yaitu Letman, Dunwahan, dan Sitngohoi

Pantai Nglurboat

Pantai Nglurboat saat sunset via instagram
Pantai Nglurboat saat sunset via instagram/@nandy_1855

Panjang pesisir pantainya mencapai lima kilometer, maka itu Nglurboat memiliki nama lain Pasir Panjang. Destinasi ini juga mendapat predikat sebagai pantai dengan pasir terlembut di kawasan Asia. Benar, kamu dapat menemukan pasir sehalus tepung di sini. Perpaduan pohon kelapa dan air laut jernih tentu saja menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang patut dikunjungi.

Wajar saja jika Kepulauan Kei menjadi destinasi yang viral di kalangan traveler, pesona alamnya memang memukau. Panorama destinasi yang masih bersih juga menjadi salah satu alasannya. Pernah mencoba datang ke salah satu destinasi di Kepulauan Kei?

Tags
Indonesia Kepulauan Kei Maluku Utara Wisata
Share