Sejumlah Transportasi Umum di Jakarta yang Terkena Dampak Aksi 22 Mei

Aksi 22 Mei 2019 berakhir dengan kerusuhan di sejumlah tutik di Jakarta mulai dari seputaran Kantor Bawaslu RI hingga pembakaran asrama Brimob, Petamburan, Tanah Abang. Hingga saat ini, ratusan orang dilaporkan menjadi korban dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di ibu kota dan beberapa di antaranya ada yang meninggal dunia. Aksi unjuk rasa yang berujung ricuh tersebut berdampak ke sejumlah transportasi umum di Jakarta. Berikut daftarnya.

MRT

Transportasi umum di Jakarta
Rute MRT ditutup sementara

MRT menutup sejumlah stasiun bawah tanahnya mulai dari Stasiun Senayan hingga Bundaran HI. Saat ini terdapat 7 stasiun yang beroperasi yakni MRT Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Stasiun ASEAN.

Bagi Teman Traveler yang ingin berkunjung ke kawasan selain di atas diharapkan untuk menggunakan moda transportasi umum di Jakarta yang lainnya. Pentupan beberapa stasiun tersebut merupakan upaya PT MRT untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang.

TransJakarta

Transportasi umum di jakarta
Rute Transjakarta dialihkan

Hingga pagi ini Kamis (23/5) sebagian rute Transjakarta masih dialihkan dan tidak dioperasikan. Dilansir dari Kompas, rute Koridor 1 Blok M sampai 1A PIK-Balai Kota Lama dialihkan sementara. Sedangkan untuk rute yang tidak beroperasi yakni bus wisata Jakarta Explorer, DA2 Dukuh Atas-Tanah Abang, GR2 Tanah Abang Explorer, GR1 Bundaran Senayan-Harmoni.

Stasiun Tanah Abang dan Palmerah Dibuka

Stasiun Tanah Abang
Stasiun Tanah Abang via Shutterstock

Informasi yang didapat dari CNN, pihak PT Kereta Commuter Indonesia mengumumkan bahwa Stasiun Tanah Abang dan Palmerah kembali dibuka setelah sebelumnya sempat ditutup akibat aksi 22 Mei di sekitar gedung Bawaslu dan Tanah Abang.

KCI sebelumnya menghimbau penumpang untuk menghindari kedua stasiun tersebut dan mencari jalur alternatif lainnya. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi stasiun yang dipadati penumpang sehubungan penutupan sebagian akses jalan di luar stasiun.

Jalur Lalin yang Sudah Bisa Dilewati

Daerah kantor Bawaslu
Daerah kantor Bawaslu via Shutterstock

Informasi yang didapat Kompas saat ini, beberapa jalur lalu lintas yang bisa dilewati yakni Jl. Slipi I, Jalan KS Tubun, Kawasan Sabang, Jl. Agus Salim, dan Stasiun Palmerah. Sedangkan beberapa jalur masih ada yang ditutup seperti Jl. MH Thamrin Depan Bawaslu, Jl. Gelora, Gerbang Pemuda, dan Gatot Subroto belum bisa dilintasi kendaraan.

Itu tadi merupakan sejumlah transportasi umum di Jakarta yang terkena dampak aksi demo 22 Mei kemarin. Yang terpenting, Teman Traveler tetap berhati-hati dan jaga keselamatan saat berada di Jakarta. Setuju, kan?

Tags
Akomodasi akomodasi jakarta Aksi 22 Mei DKI Jakarta
Share