Tradisi Pernikahan Unik di Indonesia, Ada yang Dilarang ke Toilet 3 Hari

Indonesia memang dikenal memiliki beraneka ragam tradisi di setiap daerahnya. Salah satunya berhubungan dengan ritual pernikahan yang mempunyai makna tersendiri. Nah, supaya Teman Traveler tahu apa saja ritualnya, simak ulasan tentang tradisi pernikahan unik yang ada di Indonesia berikut ini. Baca selengkapnya, ya.

Kawin Colong 

tradisi pernikahan unik indonesia
Kawin Colong via instagram/fitricarlina

Suku Osing yang ada di Banyuwangi mempunyai ritual pernikahan unik bernama Kawin Colong. Tradisi ini dilakukan oleh pasangan yang belum mendapatkan restu dari orang tua masing-masing.

Jadi, calon pengantin pria akan menculik calon pengantin wanitanya selama 24 jam. Kemudian, si lelaki akan memilih seorang Colok yang merupakan orang kepercayaan dan bertugas untuk bernegosiasi dengan keluarga calon pengantin perempuan supaya pernikahan mereka diizinkan. 

Kawin Culik 

tradisi pernikahan unik indonesia
Kawin Culik via instagram/inkaelsanti

Tradisi unik lainnya juga dilakukan oleh Suku Sasak yang ada di Nusa Tenggara Barat. Namanya adalah Kawin Culik.

Sang calon pengantin pria diwajibkan untuk menculik calon pengantin wanita sebelum acara pernikahan mereka berlangsung. Namun, ketika penculikan, sang pria tidak boleh ketahuan oleh siapapun, terutama keluarga pengantin. Kalau aksi Kawin Culik gagal, calon pengantin laki-laki akan dikenakan denda. 

Tahan Buang Air Kecil Selama 3 Hari 

Pernikahan Suku Tidung via instagram/sanggarnusantaradotcom 

Suku Tidung yang bermukim di Kalimantan Utara mempunyai tradisi tak biasa. Yaitu calon pengantin harus menahan buang air selama 3 hari. Mungkin hal ini terlihat sulit bagi masyarakat lain, namun bagi suku satu ini syarat tersebut terasa tidak sulit dilakukan, demi harapan mendapatkan kehidupan rumah tangga yang harmonis. 

Membagikan Uang 

Pernikahan Buton via instagram/ayundaaaaaaaa

Di Buton, Sulawesi Tenggara, keluarga pengantin akan membagi-bagikan uang kepada para perempuan yang belum menikah. Uang ini disebut dengan Bakena Kao. Konon, wanita lajang tersebut akan segera menyusul menikah kalau membelanjakan uang tersebut untuk membeli benda-benda atau makanan yang manis. 

Itulah tradisi pernikahan unik yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki keunikan yang di dalamnya terdapat makna masing-masing. Nah, apakah di tempat Teman Traveler ada tradisi pernikahan unik juga?  

Tags
Banyuwangi Budaya buton Jawa Timur Kalimantan Utara Lombok Nusa Tenggara Barat Sulawesi tenggara tradisi pernikahan unik indonesia
Share