Tradisi Idul Fitri yang Indonesia Banget, Simak Yuk

Bagi Umat Islam, Hari Raya Idul Fitri termasuk salah satu yang paling dinanti. Banyak tradisi Idul Fitri yang Indonesia banget dilakukan menjelang dan saat momen Hari Kemenangan. Apa saja? Yuk, kita simak bersama Teman Traveler.

Bagikan Uang Baru

Pecahan uang baru untuk hari raya (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Idul Fitri identik dengan tradisi bagikan uang baru ke sanak keluarga. Tak heran jika masyarakat lantas berbondong-bondong mendatangi bank atau gerai terdekat untuk menukarkan uang menjelang Hari Kemenangan.

Pecahan uang baru untuk hari raya (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Bank menetapkan aturan khusus untuk penukaran uang menjelang Lebaran. Per orang akan mendapat satu bendel uang per denominasi, per bendek berisi 100 lembar. Jika Rp1.000 berarti sebanyak Rp100.00, pecahan Rp2.000 sebanyak Rp200.000 dan seterusnya hingga pecahan Rp20.000.

Kue Kering Beraneka Macam

Kue Kering Coklat (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Nuansa Hari Raya rasanya belum lengkap jika tak ada sajian kue-kue kering untuk tamu maupun sanak saudara yang bersilaturahmi. Beberapa jenis kue kering yang populer saat Lebaran di Indonesia antara lain nastar nanas, kastengel keju, putri salju, kue kacang, dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah Teman Traveler, tradisi menyajikan kue ini bukan asli Indonesia lho. Awalnya muncul saat zaman penjajahan Belanda. Kala itu masyarakat menyajikan makanan tradisional seperti opak, rengginang, ketan, dan apem.

Kue Kastengel Keju (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Namun jajanan tradisional tersebut perlahan ditinggalkan karena kue kering dianggap lebih praktis dan tahan lama. Jadilah kue kering kini jadi salah satu hidangan yang pantang absen saat Hari Raya.

Silaturahmi ke Sanak Saudara

Salah satu tradisi wajib saat Hari Raya adalah silaturahmi dengan seluruh sanak saudara. Momen Hari Kemenangan jadi kesempatan emas untuk berkumpul dengan keluarga besar, lantaran di hari biasa banyak yang sibuk dengan akvititas masing-masing. Apalagi tak sedikit yang terpisah jarak.

Tradisi silaturahmi ini biasanya dilakukan oleh keluarga muda dengan mengunjungi keluarga yang lebih tua. Hal ini bertujuan untuk menghormati sanak saudara yang lebih senior.

Tradisi Mudik

Ilustrasi menunggu pesawat saat mudik (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Tradisi unik lain yang hanya ada di Indonesia saat Idul Fitri adalah mudik. Hari Kemenangan kerap jadi momen masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul dengan anggota keluarga yang jarang ditemui.

Kapal Laut salah satu sarana transportasi mudik di Indonesia (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Mudik sendiri berasal dari istilah Jawa, ‘Mulih dilik’, yang artinya pulang sebentar. Namun kini pengertiannya bergeser menjadi ‘udik’, yakni kampung atau desa. Ajang pulang kampung bagi para perantauan.

Mudik dengan pesawat (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Perusahaan swasta maupun pemerintah kerap memfasilitasi para warga yang ingin mudik ke kampung halaman, dengan menyelenggarakan mudik gratis atau mudik bareng. Selain lebih aman, pemudik tak perlu bingung kehabiskan tiket dan mempererat kekeluargaan dengan pemudik lain.

Itulah beberapa tradisi idul Fitri yang Indonesia banget. Selamat berlebaran Teman Traveler dan nikmati serunya mudik tahun ini.

Tags
kontributor Ramadan Travelingyuk
Share