Serba Kacang, Ini Kue Kering yang Bisa Jadi Sajian Lebaran

Advertisement

Sajian lebaran selama ini identik dengan kue-kue seperti halnya nastar, putri salju, kue kacang dan lain sebagainya. Disandingkan dengan berbagai minuman hangat ataupun juga dingin, para tamu bakalan enggan untuk beranjak pergi. Dari varian yang disebutkan sebelumnya, salah satu yang jadi favorit dan banyak diincar adalah kue kacang. Berikut variasi kue kering dari kacang di Indonesia mungkin bisa menjadi inspirasi untuk sajian lebaran nanti.

Kue Kering Satu Kacang Hijau

Kue satu kacang hijau, Via Instagram irfach
Kue satu kacang hijau, Via Instagram irfach

Variasi kue yang terbuat dari kacang lainnya adalah kue kering satu kacang hijau. Tidak ada yang tahu persis kenapa kue kering jenis ini disebut dengan kue satu. Tapi ada yang menyebutkan lantaran cara memakannya adalah satu-satu mengambilnya. Untuk membuat kuliner satu ini, hanya memerlukan tiga bahan saja, yakni kacang hijau, perasa vanilla, gula pasir. Citarasa kue satu ini manis dan bikin kenyang. Sangat mantap disajikan dengan susu hangat ataupun juga sekedar teh.

Kue Kacang Tanah

Kue kacang tanah, Via Instagram quekuki.id
Kue kacang tanah, Via Instagram quekuki.id

Kue kacang tanah merupakan kue kering yang berbahan dasar kacang tanah yang memiliki bentuk beragam. Seperti halnya bulat, hati, ataupun juga bulan sabit. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue sejenis ini adalah tepung terigu, gula halus, telur, minyak goreng dan tentu saja kacang tanah. Citaranya gurih dan manis, satu potong tidak akan cukup.

Kue Kacang Mede

Kue kacang mede, Via Instagram lysa_tangkulung
Kue kacang mede, Via Instagram lysa_tangkulung

Kacang mete ataupun disebut juga dengan kacang mede digoreng saja sudah nikmat. Dijadikan kue juga tambah mantap. Cara pembuatan kue kacang mede ini juga sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan antara lain margarin, gula halus, telur, susu bubuk, tepung terigu, soda kue, kacang mede, dan kayu manis bubuk. Kacang medenya bisa dalam bentuk utuh atau dihaluskan.

Kue Kacang Kenari

Kue kacang kenari, Via Instagram ennik_naura
Kue kacang kenari, Via Instagram ennik_naura

Kenari juga banyak diolah menjadi kue-kue bercitarasa manis yang menjadi sajian untuk lebaran, salah satunya ya ini kue kacang kenari tanpa campuran apapun. Untuk membuat kue ini, bahan-bahan yang kamu perlukan antara lain tepung terigu, margarin, gula kelapa, kacang kenari cincang, telur dan juga baking soda. Kue yang sangat enak dan memiliki gizi yang cukup banyak. Selain jadi kue kacang kenari saja, bisa dipadukan dengan yang lainnya, misalnya saja kue kenari kismis ataupun juga cokelat.

Itulah ragam kue untuk sajian lebaran yang terbuat dari kacang-kacangan. Kue apalagi ya yang terbuat dari bahan dasar kacang dan biasa disajikan untuk hidangan lebaran?

Advertisement
Tags
kue kering dari kacang kue sajian lebaran Lebaran
Share