Peresmian Tourist Information Center Palembang, Yang Terbesar di Indonesia

Rabu (8/8/2018), Tourist Information Center Palembang resmi dibuka untuk memberikan pelayanan dan kemudahan para wisatawan. Palembang menjadi kota kedua setelah Jakarta yang memiliki Tourist Information Center (TIC) untuk memberikan kemudahan informasi kepada para tamu, terutama tamu pada gelaran Asian Games 2018 mendatang. Tourist Information Center ini berlokasi di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menjadi TIC yang terbesar di Indonesia melebihi TIC Jakarta.

Dibuka Oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Alex Noerdin

Letak TIC ini berada tepat di samping pintu kedatangan bandara SMB II. Keberadaan TIC ini menjadi momentum yang pas bertepatan dengan gelaran Asian Games 2018 yang bakal dihelat di Palembang.

Sambutan Menteri Pariwisata di opening TIC Palembang (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang meresmikan langsung TIC berharap TIC bisa mendukung promo pariwisata di Sumsel dan Indonesia secara umum untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata asing.

Gubernur Alex Noerdin bersama Menteri Arief Yahya beserta undangan di acara opening TIC Palembang (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Dalam pidato singkatnya, Menpar Arief Yahya menyoroti pentingnya kehadiran TIC untuk mewujudkan peningkatan pariwisata di Indonesia. Untuk bisa memudahkan para wisatawan dalam berwisata dan menyediakan informasi yang dibutuhkan.

Menteri Arief Yahya kunjungi TIC Palembang (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Di TIC Palembang ini akan ada mesin pencari layar sentuh yang bakal memberikan informasi where to go, where to see, what to do, where to stay, dan what to eat. Sangat memudahkan Teman Traveler yang ingin eksplore Sumatera Selatan.

Fasilitas di TIC Palembang, Via Travelingyuk.com/Bagas Yudhiswa
Fasilitas di TIC Palembang, Via Travelingyuk.com/Bagas Yudhiswa

Selain dilengkapi dengan fasilitas pencari dengan layar sentuh, banyak fasilitas penunjang di TIC Palembang. Misalnya saja videotron, beberapa brosur, peta wisata, dan juga televisi. Dan untuk bisa menggunakan fasilitas yang ada di TIC Palembang ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Acara berlangsung kurang lebih selama 60 menit dengan antusias yang cukup besar dari para pengunjung yang datang.

Dimeriahkan oleh Kearifan Lokal

Opening TIC Palembang penuh dengan kearifan lokal (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Acara pembukaan berlangsung secara meriah dan dihadiri oleh berbagai kalangan dengan jumlah kurang lebih 30-35 orang. TIC ini ke depannya bakal dikawal oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi dan juga para Pelaku Usaha.

Demonstrasi menenun songket di acara opening TIC Palembang (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

TIC Palembang ini merupakan proyek percontohan yang nantinya bakal disusul oleh pembangunan TIC serupa di bandara Medan, Padang, dan juga Pontianak. Acara pembukaan TIC Palembang ini dimeriahkan beberapa muatan lokal seperti demonstrasi menenun songket dan pemutaran musik instrumental tradisional Gending Sriwijaya.

Travelingyuk Meetup Palembang

Travelingyuk Community hadiri pembukaan TIC Palembang (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Travelingyuk Meetup juga turut meramaikan acara pembukaan TIC Palembang. Acara yang digelar oleh Travelingyuk sebagai salah satu media online penyaji informasi pariwisata di Indonesia ini memiliki banyak agenda, mulai dari temu komunitas sampai dengan menyaksikan secara langsung kecanggihan dan kelengkapan dari TIC Palembang.

Travelingyuk Community jelajah TIC Palembang (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Ada empat agenda penting yang dilakukan di Travelingyuk Meetup. Kegiatannya antara lain, mengeskplore Taman Kembang Iwak, menjajal light rail transit (LRT) Palembang yang baru saja diresmikam awal Agustus, mengintip launching TIC Palembang dan yang terakhir adalah mencoba kuliner pindang di Kota Pempek.

Diharapkan, ke depannya TIC Palembang ini memberikan manfaat yang lebih banyak untuk perkembangan pariwisata di Sumatera Selatan.

Tags
TIC Palembang Tourist Information Center Palembang
Share