Tongseng Ayam Sudimoro, Kuliner Legendaris di Bantul

Isti

Isti

On Indonesia

Tongseng merupakan kuliner khas Solo dan sekitarnya yang memiliki bentuk menyerupai gulai. Sajian makanan ini umumnya menggunakan daging kambing yang dicampur dengan beberapa sayuran sehat. Namun, sedikit berbeda halnya dengan Tongseng Sudimoro yang berada di Bantul. Penasaran keunikan apa yang ditawarkan oleh warung legendaris ini? Simak ulasan lengkapnya yuk!

Kuliner Lezat Sejak Tahun 1960-an

Gule dan Tongseng Ayam di Bantul
Gule dan Tongseng Ayam di Bantul [image source]
Tongseng Ayam Sudimoro, begitulah nama warung makan ini dikenal. Berdiri sejak tahun 1960-an, warung milik almarhum Mugirah ini menawarkan tongseng serta gulai dengan cita rasa istimewa. Setiap harinya, tempat makan tersebut ramai dikunjungi oleh pembeli terutama saat pagi hari. Untuk kamu yang berniat mencobanya, datang sebelum jam 7 agar tidak terlalu lama antre.

Tongseng ayam di Bantul
Tongseng ayam di Bantul [image source]

Daging Ayam Kampung yang Empuk

Nasi Gule dan Tongseng Sudimoro
Nasi Gule dan Tongseng Sudimoro [image source]
Berbeda dari biasanya, Tongseng Sudimoro menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan utamanya. Potongan daging tersebut lebih halus dan empuk di setiap gigitan. Sementara rasa dari kuahnya gurih bercampur manis dan pedas. Cita rasa ini dihasilkan dari cara memasak sederhana yang turun temurun dari generasi pertama. Selain bumbu rempah yang tak dikurangi atau dilebihi, makanan ini dimasak di atas tungku kayu bakar.

Tongseng Sudimoro yang dimasak di atas tungku
Tongseng Sudimoro yang dimasak di atas tungku [image source]

Terkenal dan Telah Memiliki Tiga Cabang

Tongseng Sudimoro Cabang Jalan Sudirman
Tongseng Sudimoro Cabang Jalan Sudirman [image source]
Meski menggunakan ayam kampung yang terkenal alot, namun tongseng dan gulai di warung Sudimoro memiliki tekstur empuk. Hal itu pula yang membuat tempat makan ini makin dikenal oleh banyak orang. Hingga kini, Tongseng Ayam Sudimoro telah memiliki tiga cabang yang tersebar di Bantul. Ketiganya terletak di Jalan Jenderal Sudirman 59 B (Pasar Bantul), Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Bantul, Sewon. Tak perlu khawatir, rasa makanan di tiga cabang tersebut tak berubah, lho!

Kuliner Tongseng di Bantul
Kuliner Tongseng di Bantul [image source]

Warung Sederhana yang Tak Termakan oleh Zaman

Gule Ayam di Bantul
Gule Ayam di Bantul [image source]
Lebih dari setengah abad berlalu, Tongseng Ayam Sudimoro masih saja difavoritkan. Menariknya lagi, pelanggan baru kuliner ini terus bertambah. Sebagian besar yang datang bukan hanya orang Bantul, tapi juga wisatawan dari luar kota. Selain karena keunikannya menggunakan ayam kampung, warung Sudimoro tetap eksis karena kekonsistenannya. Rasa yang ditawarkan tak berubah meski telah berganti pengelola.

Tongseng dan Gule Ayam Sudimoro
Tongseng dan Gule Ayam Sudimoro [image source]
Kuliner tongseng memang cukup menggiurkan. Apalagi kuah gurihnya yang hangat. Sayangnya, banyak orang yang menghindari makanan ini karena takut darah tinggi atau kolesterol. Tapi sesekali mencoba tidak masalah kan?