Keren Banget, Toilet-toilet Umum di Tokyo ini Bersih dan Instagenic

Salah satu fasilitas tempat wisata yang penting namun sering dilewatkan pelestariannya adalah toilet. Di antara banyak negara, Jepang dikenal sebagai pencipta toilet canggih. Ada yang dilengkapi dengan pancuran air hangat, hingga pemijat. Tak hanya itu, ternyata kamu akan dengan sangat mudah menemukan toilet umum instagenic dan bersih di Negeri Sakura ini. Selain bisa menggunakannya dengan nyaman, kamu bahkan juga bisa berswafoto saking kerennya. Yuk lihat sekeren apa.

1. Jika masih banyak wisatawan atau bahkan warga setempat buang air kecil di pohon, maka toilet umum satu ini bisa jadi solusi. Di taman bermain anak, Toshima, Tokyo disediakan toilet dengan bentuk batang pohon yang super keren. 

Toilet umum bentuk pohon
Toilet umum bentuk pohon, via Instagram/@toilets_a_go_go

2. Toilet instagenic lainnya bisa kamu temukan saat jalan-jalan di Taito-ku, Tokyo, Jepang. Bisa terlihat dengan jelas sentuhan seni di toilet umum yang berlokasi di dekat jembatan Hashizume. Jadi tak malas lagi meski harus buang air di tempat umum kalau fasilitasnya secantik ini.

Toilet umum dengan sentuhan seni
Toilet umum dengan sentuhan seni, via Instagram/@toilets_a_go_go

3. Mengajak anak-anak untuk masuk toilet umum tidak lagi merepotkan jika lukisan-lukisan di dindingnya selucu ini. Di Taman Pohon Tung, kamar mandi umumnya dihiasi dengan gambar gajah, domba, dan monyet kartun. Sangat menarik perhatian.

Toilet umum dengan lukisan-lukisan
Toilet umum dengan lukisan-lukisan, via Instagram/@toilets_a_go_go

4. Model lainnya adalah toilet umum yang ada di kawasan pegunungan, Jepang. Bentuknya menyerupai catur Jepang yang terkenal. Toilet umum ini dilengkapi dengan atap kuat yang didesain untuk menahan salju yang berat.

Toilet umum yang keren
Toilet umum yang keren, via Instagram/@toilets_a_go_go

5. Toilet umum di Suginami-ku, Tokyo, Jepang juga menampilkan model yang tak biasa. Berbentuk seperti bambu runcing namun dengan aksen batu bata. Di bagian bawah terlihat rangkaian keramik mozaik yang sangat cantik. Ditambah lagi jam sebagai penunjuk waktu yang manis. Sempurna!

Kamar mandi kecil yang indah
Kamar mandi kecil yang indah, via Instagram/@toilets_a_go_go

6. Kamar mandi lainnya terlihat menyerupai benteng dengan atap yang runcing. Toilet umum ini bisa kamu temui saat jalan-jalan di Taman Tsurumi Nam, Jepang. Keren juga untuk latar belakang fotomu, bukan?

Toilet umum ala benteng
Toilet umum ala benteng via Instagram/@toilets_a_go_go

7. Di Taman Edogawa, tepatnya di bawah rel kereta api cepat juga ada toilet umum yang desainnya sangat menarik. Sebuah benteng kecil dengan beberapa pintu yang dibangun dengan batu bata. Ini bahkan tak terlihat seperti toilet.

Kamar mandi bata yang instagenic
Kamar mandi bata yang instagenic, via Instagram/@toilets_a_go_go

8. Toilet umum bertema untuk anak-anak juga bisa ditemukan di taman kawasan Suginami-ku, Tokyo, Jepang. Jika yang tadi bergambar gajah dan monyet kartun, dinding toilet satu ini dilukis dengan banyak burung warna-warni ceria. 

Toilet umum bersih dan ceria
Toilet umum bersih dan ceria, via Instagram/@toilets_a_go_go

Untuk kamar mandi saja, Jepang menyiapkan model khusus, ya. Oke juga nih jika diterapkan di Indonesia. Asal tidak seperti toilet tempat wisata di China yang dibangun tanpa atap. Bagaimana pendapat kamu? Share di kolom komentar, ya!

Tags
jepang Luar negeri toilet instagenic Wisata
Share