Titik Rawan Macet Mudik 2019, Perhatikan untuk Persiapan Arus Balik

Teman Traveler tentunya mudik 2019 demi bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Namun perjalanan tersebut menyisakan kemacetan, termasuk juga arus baliknya. Supaya tidak terjebak, sebaiknya Teman Traveler mengetahui titik rawan macet selama arus balik 2019. Di mana saja, ya?

Jawa Barat

Titik Rawan Macet Selama Mudik 2019
Jalur Pantura Jawa Barat via Instagram @beukipopotoan

Jawa Barat mempunyai setidaknya 20 titik rawan macet di jalur Pantura sendiri. Hal tersebut dikarenakan adanya pasar tumpah, yang memang muncul musiman. Sedangkan di jalur Tengah yaitu Bandung Raya, juga ada sekitar 20 titik kemacetan.

Titik rawan macet mudik 2019 di antaranya Cileunyi, Puncak, Nagrek, Limbangan, dan Malangbong. Namun tidak perlu khawatir, Teman Traveler dapat memilih jalan tol Trans Jawa yang sebagian besar sudah beroperasi tahun 2019 ini.

Jawa Tengah

Titik Rawan Macet Selama Mudik 2019
Tol Bawen via Instagram @wima_kurniawan

Jawa Tengah merupakan salah satu jalur yang sering dilewati pemudik. Terdapat beberapa titik kemacetan mulai dari Brebes sampai Semarang, bahkan Jogja. Misalnya di Pasar Tonjong dan flyover Bumiayu, Brebes. Teman Traveler dapat memilih jalur alternatif yaitu Pemalang-Belik, apabila hendak ke Purwokerto.

Pasar Mangkang adalah titik rawan macet mudik 2019 di Semarang. Terdapat jalan alternatif, lewat Weleri (Kendal)-Parakan-Temanggung-Magelang. Teman Traveler dapat melintasi jalur tersebut.

Teman Traveler yang hendak ke Jogja, sebaiknya menghindari kawasan tol Bawen. Pilih saja lajur alternatif, melintasi Colomadu-Klaten-Jogja.

Jawa Timur

Kawasan Mengkreng via Instagram @setyowbw
Kawasan Mengkreng via Instagram @setyowbw

Titik rawan macet juga tersebar di Jawa Timur, mulai dari jalur Pantura, Pansela, lintas Tengah, maupun Tapal Kuda. Misalnya saja di jalur Pantura Brebes ada Jembatan Widang yang tahun lalu pernah ambruk. Sehingga perlu diperhatikan beban kendaraan yang lewat sana.

Kalau jalur lintas Tengah, ada Simpang Empat Mengkreng yang merupakan titik bertemunya pengendara ke arah Madiun dan Kediri. Untuk lintas Selatan adalah area Batu, di mana ketika libur lebaran cukup banyak yang singgah ke sana.

Selanjutnya adalah titik rawan macet di jalur Tapal Kuda, yaitu kawasan Desa Wates Wetan, Lumajang. Dikarenakan biasanya ada pasar tumpah di sana. Sedangkan bahu jalan tidak bisa memuat banyak kendaraan.

Lampung

Tol Lampung via Instagram @iswahyudiags
Tol Lampung via Instagram @iswahyudiags

Bukan hanya di Pulau Jawa, titik rawan macet mudik 2019 juga diperkirakan ada di Lampung. Bahkan terdapat 45 titik yang tersebar ke jalur lintas Tengah, lintas Timur, dan lintas Barat. Di antaranya Terbangi KM 70, Pasar Bandar Jaya KM 63-64, dan Tegineneng KM 34-35 Pesawaran untuk lintas Tengah.

Sedangkan bagian Timur, ada Tanjakan Cakat Raya KM 128-129 dan Pasar Unit II KM 145 Tulangbawang. Untuk lintas Barat, titik rawan macet satunya adalah Tugu Pengantin KM 24.

Demi meminimalisir kemacetan, petugas yang berwenang akan mengarahkan pemudik untuk memanfaatkan jalan tol dan arteri. Kemudian diberlakukan juga pengalihan arus lalu lintas dan buka tutup jalan

Tags
Akomodasi Indonesia Mudik Titik Rawan Macet Titik rawan macet selama mudik 2019
Share