Kuliner Jalur Pantura Jawa Timur, Mudik Plus Makan

Jalur Pantura membentang dari Merak sampai Ketapang. Di sepanjang jalan tersebut tersedia beragam tempat makan buat Teman Traveler yang lagi mudik. Seperti beberapa kuliner di jalur Pantura Jawa Timur. Mulai dari Tuban sampai Probolinggo. Ada apa saja?

Tuban-Ikan Manyung Pedas

Ikan Manyung Pedas via Instagram @zalfakeyla
Ikan Manyung Pedas via Instagram @zalfakeyla

Kuliner jalur Pantura Jawa Timur tepatnya di Tuban yang patut dijajal adalah ikan manyung pedas. Makanan tersebut memang khas kawasan pesisir pantai utara. Teman Traveler dapat menemukannya di Resto Putri Asih, Jalan Soekarno Hatta Nomor 29, Merakurak. Bagian yang disajikan adalah kepalanya, yang diasap sebelum dimasak dengan kuah mangut. Satu porsi kepala ikan manyung punya berat sekitar 1 kilogram, dengan harga Rp80 ribuan.

Lamongan-Nasi Boranan

Kuliner Jalur Pantura Jawa Timur
Nasi Boranan via Instagram @sbykulinerinfo

Beralih ke Lamongan, tentunya harus menjajal nasi boranan. Makanan tersebut merupakan nasi campur yang diletakkan di atas daun pisang dan kertas makan yang dibentuk kerucut. Dua item yang harus dijajal saat makan nasi boranan adalah empuk yaitu tepung goreng, dan pletuk ialah kacang dan remah nasi aking.

Tersedia juga lauk tambahan, di antaranya ikan bandeng, ikan sili, telur, tahu, tempe, daging ayam, dan jeroan. Teman Traveler dapat mencicip kuliner jalur Pantura Jawa Timur tersebut di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman atau kawasan pasar Lamongan. Satu porsi dihargai mulai dari Rp10 ribuan.

Gresik-Bandeng

Bandeng via Instagram @amazingindonesiafood
Bandeng via Instagram @amazingindonesiafood

Gresik memang terkenal dengan olahan bandengnya. Teman Traveler harus cobain, mampir saja ke Rumah Makan Pak Elan II di Jalan Vetaran Nomor 155, Kebomas. Teman Traveler bisa pilih mau diolah seperti apa. Di antaranya bakar, pepes, asap, penyet, presto, rebus, goreng, betutu, dan mangut. Cukup keluarkan budget mulai dari Rp35 ribuan per porsi.

Surabaya-Rawon Setan

Rawon Setan via Instagram @indraherlambang
Rawon Setan via Instagram @indraherlambang

Teman Traveler yang lewat jalur Pantura tepatnya Surabaya, jangan lupa cobain kuliner khasnya, yaitu rawon setan. Kedainya berada di Jalan Embong Malang Nomor 78, Genteng. Teman Traveler hanya perlu siapkan biaya Rp 30 ribuan sudah bisa menikmati satu porsi rawon, dengan potongan daging yang besar dan bertekstur empuk. Rawon ini lebih enak disantap barengan dengan telur asin dan tempe goreng. Lauk lainnya adalah telur pindang, empal daging, perkedel, dan sate usus ayam.

Probolinggo-Rawon Nguling

Rawon Nguling via Instagram @riomotret
Rawon Nguling via Instagram @riomotret

Teman Traveler yang lewat jalur Pantura Jawa Timur khususnya Probolinggo, harus banget cobain makan di Rawon Nguling. Satu porsi rawon dihargai Rp40 ribuan. Penyajian nasi dan rawonnya dicampur dalam satu piring, kemudian ditambah sedikit tauge mentah dan sambal terasi. Bisa tambah telur asin dan empal, ya. Tempat makan ini berada di Jalan Raya Tambakrejo Nomor 75, Tongas.

Itulah setidaknya kuliner di 5 kawasan jalur Pantura Jawa Timur. Teman Traveler sudah cobain semuanya?

Tags
Indonesia Jalur Pantura jalur pantura jawa timur kuliner kuliner jawa timur
Share